Mengenal Pipa Besi Hitam dan Galvanis

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan benda bernama pipa. Benda yang berbentuk silinder memanjang ini biasa digunakan sebagai media untuk mengalirkan material dalam bentuk gas, cair, bahkan solid sekalipun.

Pengaplikasiannya pun cukup banyak dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Di rumah, pipa sangat dibutuhkan dalam instalasi air dan listrik. Terlebih untuk di industri dan konstruksi, keberadaan pipa juga sangat krusial untuk mengalirkan material dari setiap proses yang terjadi.

Jenis pipa yang tersedia pun sangat bervariasi, baik dari segi bahan dasar pembuatan maupun kegunaannya. Adapun salah satu yang cukup banyak digunakan terutama dalam konstruksi dan mekanik adalah pipa besi. Dalam ranah properti pun, pipa jenis ini juga semakin populer dan membuat kian banyak pula importir pipa besi yang menyediakannya dengan berbagai nama dan kualitas.

Pada dasarnya pipa besi cukup banyak digunakan sebagai media untuk mengalirkan air dengan suhu rendah saja. Bila dicampur dengan stainless steel, pipa besi juga kerap digunakan untuk kebutuhan pada konstruksi. Hal ini didukung dengan faktor kekuatan dari pipa besi itu sendiri untuk menahan beban yang relatif besar dan ketahanan dari karat yang diberikan oleh lapisan stainless steelnya.

Pipa besi sendiri memiliki banyak lagi ragamnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Berikut ini adalah informasi mengenai pipa besi galvanis dan pipa besi hitam yang cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pipa Besi Galvanis

Importir Pipa Besi - 3.imimg.com

Importir Pipa Besi – 3.imimg.com

Boleh jadi, Anda sama sekali tidak asing dengan istilah pipa besi yang satu ini. Pasalnya, pipa besi galvanis memang sudah cukup banyak digunakan dalam berbagai bidang.

Sesuai namanya, pipa besi galvanis telah mengalami proses galvanisasi sebelum dilempar ke pasar. Galvanisasi sendiri adalah sebuah proses pencampuran dengan zat antikarat yang bertujuan untuk menghambat laju korosi objek yang dilapisi.

Read More :   Gunakan Shower Kamar Mandi Untuk Kebutuhan Anda

Dibutuhkan waktu yang lebih banyak dalam proses pengerjaan pipa besi galvanis. Tak hanya itu, akurasi yang dibutuhkan juga lebih tinggi untuk melakukan instalasi jenis pipa yang satu ini. Pemotongan dan penyambungan antarpipa dengan fitting harus presisi. Adapun untuk proses penyambungan, Anda akan membutuhkan metode drat dengan menggunakan alat senai di setiap ujung pipa.

Kegunaan Pipa Galvanis

Importir Pipa Besi - 3.bp.blogspot.com

Importir Pipa Besi – 3.bp.blogspot.com

Pipa besi galvanis merupakan sebuah pipa besi yang dilapisi oleh seng sehingga melindungi besi dari korosi. Lapisan ini pula yang membuat pipa besi galvanis lebih banyak digunakan sebagai bahan konstruksi di luar ruangan seperti pagar chain link. Namun dalam penerapannya, pipa ini juga cukup banyak digunakan untuk kebutuhan interior.

Yang perlu diingat, pipa besi galvanis sangat tidak cocok untuk digunakan sebagai jalur gas. Kendati demikian, pipa ini sangat lazim digunakan sebagai keseluruhan instalasi jalur perpipaan di rumah hingga akhir tahun 1900-an. Pada periode itu ditemukan bahwa skala penumpukan kapur yang terjadi di dalam pipa besi galvanis lebih cepat terjadi dibandingkan penumpukan kapur yang terjadi di pipa tembaga atau plastik.

Pipa ini juga tidak cocok jika digunakan untuk mengalirkan air panas. Pasalnya, suhu yang panas akan membuat seng mengelupas dan justru menimbulkan penyumbatan pada pipa. Namun jika digunakan hanya untuk mengalirkan air dingin, pipa ini sangat direkomendasikan.

Pipa ini juga banyak digunakan sebagai tiang untuk lampu taman di perkotaan yang biasa Anda lihat. Tujuannya tidak lain adalah sebagai pelindung media penghantar yang ada di dalam pipa sekaligus meminimalisasi terjadinya gangguan mekanik pada penghantar listrik.

Read More :   Harga Lantai Vinyl Jogja, Pelapis Lantai yang Tahan Lama

Kegunaan lainnya dari pipa galvanis adalah dalam industri otomotif. Pipa ini dimanfaatkan sebagai bahan dari bagian rangka kendaraan dan pembuatan knalpot motor.

Pipa Besi Hitam

Importir Pipa Besi - ratanika.net

Importir Pipa Besi – ratanika.net

Berbeda dengan pipa besi galvanis yang sudah cukup populer namanya, Anda mungkin akan sedikit mengernyit saat mendengar ragam pipa yang satu ini. Walaupun namanya terdengar tidak familier di telinga, bukan berati pipa jenis ini memiliki kegunaan yang sangat terbatas untuk kehidupan sehari-hari.

Pemberian nama untuk pipa jenis ini tidak lain karena memang warnanya yang hitam. Umumnya, besi hitam dibuat dengan tujuan untuk menyalurkan bahan-bahan tambang yang mudah terbakar. Durabilitasnya yang cukup tinggi juga menjadikannya sebagai salah satu jenis pipa yang diaplikasikan di bidang konstruksi.

Kegunaan Pipa Besi Hitam

Importir Pipa Besi - dis.or.id

Importir Pipa Besi – dis.or.id

Pipa hitam banyak digunakan untuk keperluan konstruksi karena memiliki sifat bahan tahan karat karena dilindungi oleh lapisan stainless steel. Di samping itu, pipa hitam juga tidak rentan mengalami penyusutan nilai dan  kualitas lantaran perubahan cuaca. Bahan besi sebagai material utamanya membuat pipa ini sangat kokoh dan digunakan sebagai rangka bangunan.

Selain dalam bidang konstruksi, pipa besi hitam juga kerap digunakan untuk hal lainnya. Kebutuhan instalasi rumahan pun tak lepas dari kebutuhan akan pipa ini. Pipa hitam yang dilapisi dengan emulsi antikarat membuatnya bertahan cukup lama di bawah terik matahari dan guyuran hujan. Karena itu, pipa ini juga digunakan untuk instalasi tiang listrik dan sebagai saluran air.

Anda juga akan menemukan pipa jenis ini dalam dunia pertambangan untuk mengalirkan gas, oli, minyak, bahan bakar, dan lain sebagainya. Bahkan yang paling mudah diamati, pipa besi hitam juga kini banyak digunakan di rumah-rumah sebagai penyangga kanopi dan tiang untuk lampu di jalan.

Read More :   Harga Parket Vinyl, Jenis Parket Menentukan Harga Jual

Harga Pipa Besi Galvanis dan Pipa Besi Hitam

Importir Pipa Besi - 3.bp.blogspot.com

Importir Pipa Besi – 3.bp.blogspot.com

Mengingat besarnya kebutuhan terhadap kedua jenis pipa ini, maka Anda tidak akan susah jika ingin mendapatkannya melalui importir pipa besi. Variasi harga yang ditawarkan pun cukup beragam, tergantung dari ukuran sesuai kebutuhan.

Adapun unsur dimensi yang memengaruhi perbedaan harga ini antara lain diameter, ketebalan, dan panjangnya. Umumnya, diameter pipa besi yang ditawarkan mulai dari ½ inci dengan panjang 6 meter. Sementara itu untuk ketebalannya, pipa besi biasanya tersedia dalam ukuran mulai dari 2,54 mm.

Tips Memilih Pipa Besi

Importir Pipa Besi - seputarhargaterkini.com

Importir Pipa Besi – seputarhargaterkini.com

Nah kini setelah Anda tahu jenis-jenis pipa besi—termasuk karakter dan kegunaannya, saatnya untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak terlalu bias, beberapa tips berikut ini bisa Anda jadikan panduan sebelum memesan ke importir pipa besi.

  • Perhatikan kemampuan untuk menahan beban

Anda harus benar-benar memahami kemampuan pipa yang akan dibeli dalam menahan beban. Paling tidak, Anda bisa mencari informasi mengenai kelenturan dan berat bersih beban yang dapat ditahan di berbagai ketinggian.

  • Bandingkan antara merek satu dan yang lain

Satu jenis pipa tidak hanya diproduksi oleh sebuah vendor. Ada baiknya Anda memperbanyak referensi mengenai merek-merek terbaik untuk jenis pipa besi yang Anda cari. Selain kualitasnya, Anda juga bisa mengecek harga pasaran yang ditawarkan oleh masing-masing merek.

  • Sesuaikan dengan anggaran

Yang terpenting, Anda tetap harus menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Carilah pipa besi dengan kualitas terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan bujet yang tersedia.

Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis besi pipa besi. Semoga membantu! J

 

Leave a Reply