Takon, taco sheet, tacosit adalah produk yang sama. Material berbentuk lembaran ini berfungsi sebagai pelapis atau coating permukaan kayu. Bahan finishing tempel ini sudah lazim digunakan dalam dunia interior. Karena sering diaplikasikan pada furnitur. Salah satu daya tariknya adalah harga takon per meter yang ekonomis dengan ragam motif cantik.

Apakah Takon Ideal untuk Coating Furnitur?

Fungsi takon tidak jauh beda dengan deco sheet atau decosit. Kedua material tersebut juga biasanya diaplikasikan sebagai bahan finishing tempel untuk furnitur kayu.

Kalau veneer dibuat dari irisan sangat tipis dari kayu solid, maka decosit dan tacosit diproduksi dari material sintetis dengan bentuk lembaran tipis dan fleksibel. Lalu apa perbedaan dari deco sheet dan taco sheet?

Bedanya sangat terlihat pada bagian teksturnya. Kalau permukaan tacosit agak bertekstur. Sedangkan decosit lebih halus. Sedangkan kalau dilihat dari tingkat ketebalannya, deco sheet lebih tipis jika dibandingkan dengan taco sheet.

Pada industri woodworking, baik tacosit maupun decosit dimanfaatkan sebagai alternatif bahan finishing dengan biaya lebih terjangkau. Kedua material ini lebih digunakan pada bahan kayu olahan. Oleh karena kurang menarik kalau difinishing dengan bahan konvensional seperti cat duco atau melamin.

Lalu, kenapa material finishing takon layak digunakan? Alasan yang paling banyak digunakan adalah karena menawarkan banyak pilihan warna dan pola yang cantik. Dengan begitu, bisa mengubah tampilan kayu olahan yang tidak menarik menjadi lebih estetik.

Anda bisa mengubah tampilan furnitur berbahan kayu olahan, agar tampil lebih mempesona. Motif kayunya menawarkan banyak desain memukau. Sehingga tidak terkesan pasaran, mewah dan elegan. Beberapa produk furnitur atau mebel yang kerap mengguanakan tacosit adalah meja belajar, lemari pakaian, meja kerja, rak buku dan sebagainya.

Daya tarik tersendiri bagi tacosit adalah pada lapisan yang bertekstur pada permukaannya. Sehingga tampilan motifnya terasa lebih nyata.

Jika Anda ingin melapisi permukaan kayu yang cukup panjang atau luas, maka sangat ideal menggunakan tacosit. Karena produk pelapis ini dijual dalam bentuk roll atau gulungan layaknya karpet atau kain. Ukuran standar untuk lebarnya sekitar 120 centimeter. Sedangkan panjangnya tidak terbatas.

Namun, tenang saja karena Anda tidak harus selalu membelinya dalam hitungan gulungan. Karena penjual atau distributornya biasanya juga menawarkan pembelian dalam hitungan per meter. Dengan demikian, konsumen bisa menyesuaikan jumlah pembelian sesuai kebutuhannya saja.

Harga takon per meter dan per roll juga relatif terjangkau. Sehingga tidak membutuhkan anggaran sangat besar. Penawaran harga bisa berbeda-beda di pasaran. Sebab dipengaruhi oleh tingkat kualitasnya. Untuk memastikan mendapatkan produk unggulan, maka belilah hanya di tempat terpercaya.

Cara Mengatasi Kekurangan Takon

informasi Harga HPL termurah aneka motifKeunggulan lain dari tacosit adalah memiliki karakter yang fleksibel. Karena itu, lebih mudah dalam mengaplikasikannya sesuai bentuk dari medianya. Teknik pemasangan pelapis ini relatif praktis, mudah dan cepat. Sehingga tidak memerlukan banyak waktu dan biaya.

Terlepas dari segala kelebihan tersebut, takon juga memiliki beberapa kekurangan. Penampilan warna dari material finishing ini sayangnya kurang awet. Seiring pemakaian, warnanya akan terlihat menguning. Sehingga tidak enak lagi dipandang. Nilai estetika furnitur menjadi menurun.

Tingkat ketahanan terhadap paparan sinar matahari juga kurang bagus. Oleh sebab itu, jangan tempatkan furnitur atau mebel di luar ruangan. Karena paparan panas dan perubahan cuaca akan mempercepat kerusakan lapisan tacositnya.

Selain itu, hindarkan furnitur dari sengatan terik matahari secara langsung. Sebab kalau berlangsung terus menerus sudah pasti cepat memudarkan warna dan merusak material finishing tersebut.

Bahan coating ini relatif tipis. Keuntungannya mudah diaplikasikan sesuai bentuk furnitur. Namun, kelemahannya adalah mudah robek. Karena itu, harus ekstra hati-hati ketika pemasangannya. Karena kalau sampai robek, harus mengganti keseluruhan lembarannya.

Sebenarnya kekurangan takon tersebut masih bisa diatasi. Caranya dengan tidak meletakkan furnitur di area outdoor atau jangan sampai terpapar sinar matahari langsung. Jadi tempatkan furnitur di area dalam ruangan yang lebih aman. Dengan begitu, warna dan motif cantiknya bisa tampil menawan lebih lama.

Dengan keunggulan yang ditawarkan dan harga takon per meter yang terjangkau, tentunya material ini masih cukup ideal untuk digunakan.

Mengganti Takon dengan HPL

daftar harga HPL terbaikAdakah material yang fungsinya sama dengan takon, namun lebih bagus kualitasnya? HPL (High Pressure Laminate) adalah jawabannya. Bahan finishing tempel ini juga dibuat dari material sintetis. Beberapa lapisan digunakan, agar mendapatkan kualitas, ketahanan dan penampilan lebih bagus.

Proses produksinya menerapkan teknik pengepresan terhadap beberapa lapisan tersebut. Suhu dan tekanan sangat tinggi diterapkan. Sehingga menghasilkan lembaran bahan finishing kayu yang kuat dan padat. Karena itu sangat layak digunakan sebagai pelapis furnitur.

Papan kayu yang digunakan untuk pembuatan furnitur menjadi lebih tahan terhadap berbagai risiko. Karena itu, tidak mudah keropos karena anti rayap, tidak mudah rapuh karena anti air, dan tahan terhadap goresan serta benturan. Pelapis HPL juga lebih tahan terhadap paparan panas api dan sengatan terik matahari.

Dengan segala keunggulan itu, maka furnitur lebih terlindungi dari berbagai ancaman. Keawetan furnitur juga lebih terjaga dengan baik. Begitu juga dengan penampilannya, karena tidak mudah pudar warnanya. Kelebihan ini menjadikan HPL lebih bagus kualitasnya daripada decosit dan tacosit.

Perbedaan lain dari HPL dan takon sangat terlihat dari ukuran atau dimensinya. Ukuran dari HPL mirip dengan lembaran triplek, sekitar 122 cm x 244 cm. Jadi bentuknya tidak gulungan seperti tacosit. Karena itu panjang HPL lebih terbatas. Oleh karena itu, paket penjualan HPL adalah per lembar.

Nah, karena pelapis HPL lebih bagus kualitas dan daya tahannya, maka sangat wajar bila dibanderol dengan harga lebih tinggi. Jadi, kalau ketersediaan anggaran lebih memadai, ada baiknya menggunakan bahan finishing yang sekalian bagus mutunya.

Sedangkan untuk kreasi warna dan coraknya, semuanya menawarkan desain cantik. Motif yang biasanya disuguhkan adalah corak kayu, batu alam seperti granit dan marmer, warna solid serta metal. Banyaknya pilihan desain dari bahan finishing tersebut tentunya menjadikannya istimewa.

Manakah material coating kayu yang akan Anda pilih? Semuanya tergantung dari selera dan anggarannya. Agar pemilihan motif dan warnanya lebih sesuai, bisa kombinasikan dengan gaya interiornya. Karena pemilihan desain yang kurang tepat bisa saja merusak keindahan ruangan.

Anda juga bisa konsultasikan dengan desainer interior atau dengan distributor resmi untuk penjualan tacosit atau HPL. Dengan maksud, agar Anda bisa mendapatkan produk berkualitas, motif yang sesuai dan harga lebih bersaing.

Membeli produk dekorasi bangunan memang tidak boleh sembarangan. Semuanya harus dipertimbangkan dengan matang. Supaya tidak salah dengan memilih produk bermutu rendah, tepat dalam mengaplikasikannya dan lebih panjang durasi pemakaiannya.

Dapatkan semua informasi produk dan harga takon per meter terbaru hanya di IsiBangunan.com. Produk berkualitas sudah disiapkan dengan pilihan motif memikat. Stok produk sangat melimpah untuk memenuhi antusias konsumen.

Please rate this