Salah satu material pelapis furnitur yang marak digunakan adalah HPL (High Pressure Laminate). Khususnya untuk perabotan berbahan kayu olahan. Agar tampilannya lebih cantik dan lebih awet. Selain menunjang estetika bisa juga melindungi dari paparan air, panas, benturan dan goresan. Bahan HPL harga tetap ekonomis, sehingga tetap hemat anggaran.

HPL, Primadona Bahan Finishing Furnitur Kayu

HPL adalah produk pelapis kayu yang sangat inovatif. Material ini terdiri dari sejumlah lapisan, yang dilaminasi atau dikompresi dengan suhu dan tekanan sangat tinggi. Dengan begitu mampu menghadirkan produk lembaran penahan bentuk, yang begitu keras, padat dan menampilkan tekstur yang menawan.

Cara menghias furnitur dengan HPL sangat mudah. Dengan melapisi permukaan papan kayunya dengan mengoleskan lem kuning di kedua bidang. Jadi, lem tersebut dioleskan pada permukaan papan kayu dan bagian belakang dari lembaran HPL-nya.

Kayu solid biasanya difinishing menggunakan cat duco atau melamin. Namun, kalau kayu olahan kurang menampilkan hasil maksimal. Karena itu, diperlukan bahan finishing yang lebih sesuai dengan hasil lebih unik dan cantik. HPL dipercaya sanggup mengubah tampilan biasa dari kayu olahan menjadi lebih menarik.

Hal itu karena HPL tampil dengan aneka warna dan motif menawan. Variannya sangat banyak, sehingga desainnya tidak pasaran. Penggunaan HPL sudah sering dijumpai pada lemari baju, kabinet, panel dinding di belakang tempat tidur, nakas atau meja di samping tempat tidur, perangkat dapur (kitchen set), meja belajar, meja kerja dan sebagainya. Bisa dikatakan hampir semua produk furnitur bisa dilapisi dengan HPL.

Setiap lembaran HPL biasanya terdiri atas inti kertas atau serat kayu, dan diperkuat dengan dua lapisan atas. Inti lembarannya terdiri atas beberapa lapisan serat kayu dan kertas. Perendaman dilakukan kepada berbagai material tersebut menggunakan resin fenolik.

Selama proses produksi, seluruh lapisan tersebut dipres di bawah suhu dan tekanan tinggi. Dengan begitu, resin berubah menjadi sangat keras akibat paparan hawa panas tersebut. Karena proses kompresi tersebut, lapisan menjadi padat dan tercipta lembaran sangat keras dan padat.

Lapisan atas dari HP sangat padat dan keras. Oleh sebab itu, terik matahari dan kelembaban tidak mampu menembus ke dalam pelapis tersebut. Pemakaian bahan finishing tempel ini sangat diminati pasar, karena tidak begitu merepotkan. Anda tinggal menempelnya ke permukaan kayu, tanpa finishing lainnya.

Kehandalannya itu membuat HPL semakin menggeser penggunaan cat semprot melamik atau cat duco, yang juga digunakan sebagai bahan coating furnitur. Karena itu juga, produk HPL semakin digemari dan banyak diaplikasikan oleh perusahaan interior.

Ada banyak ragam pilihan bahan HPL harga dan merek di pasaran. Selektif dalam pemilihannya sangat penting, supaya terhindar dari produk bermutu buruk.

HPL Ideal Sebagai Pelapis Furnitur dan Interior

HPL terbaik berkualitasApa saja keunggulan dari HPL, kenapa semakin banyak orang mengandalkannya? Setidaknya bahan pelapis kayu ini lebih mudah dibersihkan, lebih sehat, anti statis, tahan paparan noda, tahan panas, lebih higienis, tahan goresan, tahan benturan, dan tahan air.

Bagi tukang mebel atau tukang kayu, melakukan finishing furnitur menggunakan HPL cenderung lebih mudah, cepat dan praktis, bila dibandingkan dengan pemakaian cat semprot duco.

Kondisi itu sangatlah wajar, sebab kalau menggunakan cat, tukang mebel harus menunggu sampai lapisan catnya mengering terlebih dahulu. Sehingga memakan waktu lebih lama. Sedangkan kalau menggunakan HPL relatif lebih cepat dengan hasil lebih rapi.

Motif kayu masih menjadi primadona sebagai pilihan desain pelapis HPL. Oleh karena itu, setiap produsen HPL bisa dipastikan meluncurkan corak serat kayu. Dengan tampilan warna dan motif menarik. Produsen interior juga senang menyuguhkan produk furnitur kayu yang dibalut dengan pelapis HPL. Sebab motif ini paling digemari oleh konsumen.

Apakah Anda juga tertarik memiliki perabotan berlapis HPL? Atau ingin membuat kreasi produk sendiri di rumah? Sangat mudah! Karena Anda juga bisa membeli sendiri lembaran HPL, yang tidak hanya bisa diaplikasikan pada permukaan furnitur saja. Sebab elemen interior lain juga semakin menawan jika mendapatkan sentuhan pelapis HPL.

Anda juga bisa menghiasi lantai menggunakan material HPL. Tingkat ketebalannya yang beragam, memungkinkan Anda memanfaatkannya sebagai bahan flooring. Partisi dinding yang terbuat dari kayu juga semakin cantik, jika dilapisi dengan bahan laminasi tersebut. Masih banyak lagi kreasi lainnya, seperti backdrop televisi, pelapis plafon dan pelapis dinding.

Bahan HPL harga relatif terjangkau, banyak pilihan corak dan tahan lama, tentunya menjadi produk ideal sebagai pelapis furnitur. Memilih produk unggulan adalah cara yang tepat, agar durasi pemakaiannya lebih lama. Tampilan warna dan coraknya pun tidak mudah memudar, meskipun kerap terpapar sinar matahari.

Cara Pemeliharaan HPL Agar Tetap Awet

HPL harga bersaingPerawatan adalah rutinitas yang tidak boleh terlupakan, agar lapisan HPL tetap tampil cantik dan terlindungi keawetannya. Pada dasarnya pola perawatan material finishing ini tidak sulit dan sangat sederhana. Kalau lapisan furnitur ini terlihat kotor, karena terkena tumpahan air atau cairan lainnya, maka cukup dibersihkan dengan kain atau lap saja.

Karena memang bahan HPL sangat gampang untuk dibersihkan dari paparan noda. Anda tidak perlu menggunakan bahan pembersih dengan kandungan zat kimia keras. Apalagi memang bahan pembersih tersebut tidak diperuntukkan bagi furnitur berlapis HPL.

Penting dipahami kalau penggunaan bahan pembersih yang tidak tepat, justru akan mengikis lapisan HPL. kondisi itu pastinya sangat merugikan, karena akan merusak pelapisnya.

Jika timbunan nodanya sangat sulit disingkirkan, barulah bisa menggunakan air. Kalau masih sulit dibersihkan bisa menggunakan sabun cair atau sabun cuci piring, dan mengelapnya dengan kain.

Supaya menjaga penampilan dan keawetan HPL, sangat disarankan untuk melakukan perawatan rutin. Jangan tunggu sampai terdapat tumpukan debu dan kotoran. Karena sudah pasti akan lebih sulit dibersihkan, karena kotoran sudah mengeras dan menempel lebih kuat.

Lagi pula kalau rajin dalam merawatnya, maka akan senantiasa nampak cantik. Selain itu, pelapis juga menjadi lebih awet dan tahan lama. Walaupun pelapis ini cukup tahan terhadap panas sinar matahari, ada baiknya untuk tidak membiarkan furnitur terpapar langsung.

Supaya lebih awet, lebih baik menempatkan furnitur tersebut di area lebih aman, seperti tidak dekat jendela sebagai celah masuknya sinar matahari.

Anda masih ragu untuk menggunakan produk HPL? Banyak hal yang ingin ditanyakan atau dikonsultasikan? Anda bisa memanfaatkan layanan memuaskan dari IsiBangunan.com. Staf kompeten dan berpengalaman akan membantu Anda. Sehingga banyak wawasan dan pengetahuan yang bisa didapatkan. Termasuk mendapatkan rekomendasi produk unggulan.

Anda juga bisa mengecek bahan HPL harga secara berkala, agar lebih mudah menyiapkan anggarannya. IsiBangunan telah menyiapkan produk HPL impor dengan jaminan kualitas tinggi dan daya tahan lama. Pilihan warna dan coraknya juga bervariatif. Sangat cocok untuk mempercantik tampilan furnitur dan interior hunian kesayangan Anda.

Please rate this