Penggunaan Lem yang Tepat Untuk Lantai Kayu

Penggunaan Lem yang Tepat Untuk Lantai Kayu

Proses desain interior lantai kayu harus anda perhatikan dengan baik agar hasil tercapai dengan maksimal, mulai dari persiapan bahan hingga proses pemasangannya. Bahan yang penting dalam pemasangan lantai kayu ialah Lem.

Lem sebagai perekat yang digunakan pada saat pemasangan lantai kayu. Pemilihan lem harus tepat sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki jenis kayu yang digunakan, berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki kayu terdapat beberapa jenis lem yang sesuai diantaranya yaitu :

1. Lem Alkohol

Lem jenis ini cocok digunakan untuk lantai kayu berukuran pendek, lem ini mampu bekerja dengan baik, lantai kayu dapat merekat dengan baik. Namun dari segi kualitas lem ini merupakan lem dengan kualitas standar.

2. Lem Dispersi

Sesuai dengan namanya, lem yang satu ini terdiri dari partikel-partikel yang tersebar dalam suatu cairan, dimana cairan tersebut akan menguap seiring berjalan waktu. Proses penguapan cairan tersebut akan meninggalkan partikel solid. Partikel solid inilah yang bekerja sebagai perekat. Kualitas lem ini sudah diatas lem alkohol, lem jeni ini sudah lazim digunakan pada proses desain interior lantai kayu.

Read More :   Harga Marmer Permeter Dan Keunikan Motif Marmer

3. Lem Polyurethane

Lem polyurethane merupakan produk lem adhesive yang terbentuk dari reaksi isocyanate dengan alkohol. Penggunaan lem ini harus lebih berhati-hati ukuran yang dioles tidak boleh terlalu tebal, jika lem dioleh terlalu tebal maka udara tidak dapat masuk yang akibatnya lem tidak dapat bekerja dengan baik.Jika sudah terlanjur mengoles secara tebal maka dibutuhkan bahan tambahan seperti curing accelerator agar lem dapat bekerja dengan semestinya.

4. Lem Polimer

Lem jenis ini merupakan lem dengan kualitas terbaik diatara jenis-jenis lem lainnya, hasil yang didapat dengan menggunakan lem ini jauh lebih baik. Selain segi kualitas yang baik lem ini juga cocok digunakan untuk berbagai jenis kayu dengan sifat yang berbeda. Jenis lem ini patut sekali untuk anda pertimbangkan sebagai bahan perekat lantai kayu anda.

Jika proses pemasangan lantai kayu tidak dapat anda lakukan secara mandiri, maka mintalah bantuan professional untuk menyelesaikan desain interior lantai kayu anda.

Leave a Reply