Mengenal Lebih Dekat Aluminium Composite Panel (ACP)

Aluminium Composite Panel (ACP) Apa itu ACP?

Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan material perpaduan dari plat alumunium dan juga bahan composite. ACP ini merupakan panel datar yang terdiri dari berbagai bahan, seperti bahan non aluminium yang kemudian disatukan diantara dua lembar alumunium. Lembaran tersebut dapat dilapisi dengan cat PVDF atau bisa juga dengan polyster. ACP ini dibutuhkan hampir disetiap bangunan.

Jenis-Jenis Aluminium Composite Panel (ACP)

[tie_list type=”checklist”]

  • Jenis polyster atau PE. Jenis ini banyak digunakan untuk interior rumah atau bangunan.
  • Jenis PVDF atau poly de fluoride, yang sering dipakai untuk eksterior. Jenis ACP ini memiliki keunggulan diantaranya yaitu bisa tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat lebih tahan lama meksipun kena hujan dan panas. Untuk eksterior, PVDF lebih direkomendasikan dibanding jenis PE.

[/tie_list]

Keunggulan Aluminium Composite Panel (ACP)

[tie_list type=”checklist”]

  • Karena ketahanannya terhadap air maupun panas dari cuaca yang ada, maka ACP banyak digunakan untuk material bangunan, Salah satunya ialah sebagai panel pelapis untuk dinding bangunan, baik interior maupun eksterior.
  • Keunggulan lain dari Aluminium Composite Panel (ACP) ialah  memiliki berbagai jenis warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bangunan maupun desain yang diinginkan. Umumnya, ketebalan dari ACP ialah 4 mm.
  • Penampilan dari ACP yang memiliki bahan yang tahan cuaca dan juag warna yang beragam bisa membuat penampakan suatu gedung lebih menawan dan memberikan kesan mewah.

[/tie_list]

Aplikasi Aluminium Composite Panel (ACP)

Aluminium Composite Panel (ACP) Cocok aplikasikan untuk berbagai jenis bangunan

Aplikasi Aluminium Composite Panel (ACP)

1. Interior rumah

Sebagai penghias interior rumah, ACP bisa mendatangkan nuansa yang mewah dan juga indah. Bukan hanya itu, bagi rumah atau bangunan lamapun, ACP bisa jadi salah satu solusi untuk merenovasi yang murah dan  juga pasti bisa merubah tampilan rumah hingga nampak lebih terlihat baru dan berkesan.

Read More :   Harga ACP Per M2 Dan Kelebihan ACP

Terutama bagi bangunan atau rumah baru, keberadaan Aluminium Composite Panel (ACP) bisa membuat rumah bisa jadi salah satu pelengkap desain interior yang mewah danjuga murah. Tidak salah jika banyak orang yang menginstalnya.

ACP bisa digunakan untu langit-langt atap dan juga sebagainya, baik untuk dalam atau luar rumah.

2. Untuk gedung bertingkat atau high rise building

Penggunaan ACP untuk gedung bertingkat tentu sudah tidak asing lagi. Banyak yang memilih mengaplikasikan jenis panel ini untuk mempercantik penampilan gedung dan membuatnya nampak lebih gagah.

3. Untuk SPBU

Bukan hanya bangunan komersial atau bangunan pribadi namun untuk banyak bangunan pemerintah yang menggunakan panel jenis ini. contoh paling mudah ialah penggunaan panel ACP terhadap SPBU.

4. Pertokoan

Banyak toko dan ruko menerapkan Aluminium Composite Panel (ACP) bukan hanya untuk melindungi toko dari paparan hujan dan juga sinar matahari, namun juga bisa menjadikan tampilan toko atau ruko jadi makin cantik dan juga nampak lebih mewah.

5. Papan iklan dan billboards

Bahkan, papan iklan pun banyak yang memilih ACP sebagai bahan yang membuatnya terlihat menawan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena  ACP ialah bahan paling tepat untuk papan iklan yang sering terkena panas dan hujan. Ketahannya juga membuat ACP banyak dipilih untuk aplikasi ini.

6. Kamar mandi

ACP sebagai salah satu bagian dari desain interior bisa jadi pilihan tepat. Salah satunya ialah bisa diterapkan untuk kamar mandi.

Keuntungan menggunakan Aluminium Composite Panel (ACP)

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa ACP memiliki banyak keunggulan, dan salah satunya ialah ketahannya terhadap panas dan hujan. Maka tidak heran jika ACP banyak digunakan untuk bagian outdoor dan eksterior bangunan dan juga rumah.

Read More :   Kegunaan ACP Dan Harga ACP Di Tahun 2017

Keunggulan lain dari ACP ini  adalah:

a. Lebih ringan namun kuat

Jika diangkat, maka ACP ini cukup ringan, namun memiliki kekuatan yang tinggi. Hingga tidak heran  jika bahan ini banyak digunakan untuk konstruksi bangunan tinggi. ACP juga mudah dipasang dan bisa lebih murah dalam hal pemasangannya karena jumlah komponen perakitannya yang tak butuh baut-baut penyambung untuk pemasangannya.

b. Tahan karat

Bukan hanya ringan dan kuat, ACP degan bahan alumunium juga memiliki keunggulan lain yakni  tahan karat, jadi tidak usaha khawatir jika memasang ACP di bagian outdorr bangunan. Material ini juga jadi alternatif untuk berbagai kepentingan, termasuk urusan komersial.

c. Dapat diwarnai

Tahukah Anda? Sifat dari ACP ini ialah keras dan kaku,  namun tetap ringan dan kuat. Dengan lapisan alumuniumnya memiliki kelebihan lain. Lapisan dapat diwarnai dengan pilihan warna kesukaan. Jadi, bisa disesuikan dengan minat dan selera serta desain interior maupun eksterior yang diinginkan. Saat ini, pemakaiannya dipakai sangat luas dengan warna metalik hingga warna imitasi dan material lain seperti marmer dan kayu.

Harga Aluminium Composite Panel (ACP)

Harga ACP cukup beragam, dan didasarkan pada jenis dari ACP itu sendiri. Harganya mulai dari 200 ribuan hingga 400 ribuan permeter persegi. ACP dijual per lembar dan semakin banyak  pembelian, maka harga akan semakin murah.

Sebelum memberikan harga yang diinginkan, akan lebih baik jika mengetahui lebih detail jenis dan juga ukuran dari ACP yang kita akan beli per lembarnya. Perlu diketahui bahwa ukuran bisa berbeda, misalnya:

Read More :   Gudang Marmer - Jenis-Jenis Batu Alam Marmer

JT Panel polyster dengan ketebalan 44 mm, maupun JT Panel PVDF dengan ketebalan 4mm, semua memiliki harga yang berbda. Tentukan seberapa tebal ACP yang diinginkan selain jenisnya yang akan dipasang untuk keguunaan kita.

Saat ini sudah ada jenis ACP JT Panel yang beredar di Indonesia dengan kualitas yang berbeda-beda. Jenis ACP  ini memiliki kualitas campuran alumunium yang bisa disebut alloy 1000 dan alloy 3003. Harganya pun beragam, dan ukuran maupun ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-maisng, apakah untuk bangunan rumah, ruko atau eksterior gedung bertingkat.

Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan material yang kini kebutuhannya sudah tidak dapat dielakkan lagi, karena setiap konstruksi bangunan, selalu membutuhkan jenis ACP ini, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk bangunan komersial. Jadi sudah tidak asing lagi bagi banyak orang dan semakin mudah ditemui material ACP dalam berbagai jenis dan harga yang bervariasi.

Lalu, dimana kita bisa mendapatkan ACP?

Ada banyak kanal dimana kita bisa membeli ACP, muali dari toko material online hingga offline.

Ada satu tempat dimana banyak orang memilih membeli ACP dengan harga murah dan dengan kualitas yang baik yakni di isibangunan.com, merupakan tempat yang terpercaya yang menyediakan produk bangunan. Bukan hanay ACP, namun juga bahan material lain untuk bangunan rumah atau gedung Anda.

Untuk produk ACP sendiri, di isibangunan.com, kita bisa mendapat harga yang lebih murah, karena barang yang ada didatangkan langsung dari China, dimana kita akan mendapat harga yang terjangkau.

Ketika di sini, kita bisa menemukan berbagai jenis pilihan yang beragam, seperti:

Nano self clean amumunium composite panel, brushed alumunium composite panel, dan berbagai jensi ACP lainnya.

Leave a Reply