Anda sedang bersiap membangun kamar mandi baru atau merenovasinya? Salah satu komponen yang harus diperhatikan sebelum memulai proyek Anda adalah memilih kran air panas dingin. Dewasa ini menggunakan air panas di rumah adalah hal biasa, sehingga kebutuhan terhadap jenis kran tersebut juga meningkat. Namun, pemilihan tipe kran pun tidak bisa asal-asalan.

Meski terlihat kecil, kran justru memainkan peranan penting dalam tampilan kamar mandi secara menyeluruh. Maka, fungsional saja tidak cukup. Perlu pertimbangan gaya, desain, hingga finishing yang tepat agar tampak serasi dengan interior kamar mandi. Ada banyak sekali kran kamar mandi yang dijual di pasaran. Tugas Anda adalah menemukan jenis mana yang paling tepat sesuai rancangan kamar mandi di rumah.

Memilih Kran Air Panas Dingin

kran air panas dingin

bbc.co.uk

Sebelum Anda memilih satu dari sekian ragam tipe kran air panas dingin untuk kamar mandi, 6 tips berikut bisa jadi panduan.

Fungsional atau estetika

kran air panas dingin

banggood.com

Tentu saja, kamar mandi adalah tempat paling sibuk di rumah saat pagi hari tiba. Apalagi, jika rumah Anda dihuni oleh 4 orang atau lebih. Maka, pilih kran air yang fungsional untuk membuat mandi lebih praktis. Misalnya, cukup menggeser kran ke kiri atau kanan agar air panas atau dingin mengalir. Jika Anda hanya tinggal sendiri atau berdua, estetika kran bisa lebih dipertimbangkan selain fungsinya.

Siapa yang sering memakai kran

kran air panas dingin

compofurniture.fr

Mirip dengan poin pertama, siapa yang lebih sering menggunakan kran kamar mandi di rumah. Kran yang mudah dihidupkan dan dimatikan dengan sekali gerakan lebih praktis untuk anak-anak maupun lansia. Kran dengan pegangan tunggal seperti ini membuat Anda mudah mengatur suhu air dalam waktu singkat. Sementara jika Anda ingin mengatur sendiri masing-masing aliran air, kran dengan dua handle untuk air panas dan dingin bisa jadi pilihan.

Cek kedalaman wastafel, bathtub, atau luas area shower

kran air panas dingin

greenenergy24.com

Ini berpengaruh pada  besar kecilnya kran yang akan Anda beli. Apabila kedalaman wastafel relatif pendek, kran yang terlalu tinggi dan besar akan membuat cipratan air membasahi area sekitar wastafel. Sama halnya saat Anda memilih kran untuk shower, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga kran tersebut bisa berfungsi maksimal saat digunakan.

Gaya kamar mandi

kran air panas dingin

ukbathrooms.com

Saat memilih kran air, pikirkan kembali gaya kamar mandi Anda. Kran model klasik bisa mengisi kamar mandi bergaya vintage. Sementara kran dengan tampilan modern minimalis cocok untuk kamar mandi yang mengusung gaya industrial atau kontemporer.

Konfigurasi kran air

kran air panas dingin

houzersink.com

Perlu Anda ingat, kebanyakan kran air tersedia dengan satu lubang, dua lubang, dan tiga lubang air. Untuk wastafel misalnya, jika ingin menggunakan meja wastafel lama, pastikan konfigurasi kran yang Anda beli sama dengan lubang yang tersedia. Plus, pasang dengan tepat agar aliran air dari kran jatuh tepat di tengah wastafel.

Finishing kran

kran air panas dingin

americanstandard-us.com

Finishing kran juga harus disesuaikan dengan material yang Anda gunakan pada kamar mandi, sehingga tampilan secara keseluruhan tampak serasi dan senada. Atur agar finishing tersebut sama di semua bagian, seperti gantungan handuk, gagang pintu, kran air, hingga shower. Sesuaikan pula dengan siapa yang menghuni rumah. Finishing mengkilap memang cantik, tetapi Anda harus rajin memolesnya agar tetap berkilau. Sebaliknya, finishing matte bisa menyembunyikan bintik-bintik air dan bekas sidik jari, tepat bagi Anda yang punya anak kecil di rumah.

Itulah 6 tips memilih kran air panas dingin untuk kamar mandi. Temukan beragam tipe kran air untuk kamar mandi rumah hanya di isibangunan.com, yang menawarkan berbagai bahan bangunan untuk rumah dan kantor dengan harga terjangkau. Segera hubungi nomor +62-811158309 untuk pembelian atau bantuan lainnya. Kami akan melayani Anda dengan senang hati.

Please rate this