Taco sheet atau takon dan HPL sekilas serupa tapi sebenarnya tidak sama. Memang kedua produk ini sama-sama digunakan sebagai pelapis interior dan furnitur. Namun, tetap terdapat perbedaan mendasar yang seharusnya dipahami para penggunanya. Bicara harga taco sheet per lembar masih terbilang murah. Sangat ideal bagi yang ingin mengubah tampilan furnitur dan interior lebih praktis.

Memahami Keistimewaan Taco Sheet

Perbedaan yang sangat mencolok terlihat pada tingkat ketebalan produk finishing kayu tersebut. Taco sheet didesain lebih tipis daripada HPL (High Pressure Laminate). Wajar saja kalau takon atau tacosit ini lebih mudah robek.

Ketahanan tacosit terhadap suhu panas juga lebih rendah, bila dibandingkan dengan HPL. Pelapis HPL sudah dilapisi dengan lapisan tahan panas. Baik panas akibat paparan api dan sinar matahari. Bahkan tersedia juga produk HPL yang khusus diaplikasikan di dinding luar ruangan atau area outdoor. Lembarannya dirancang lebih tebal daripada yang hanya digunakan untuk area indoor.

Ketebalan dari HPL ini karena memang material ini terdiri atas beberapa lapisan. Setidaknya dalam satu lembar HPL memiliki tiga lapisan dasar. Ketiga lapisan yang dimaksud adalah decorative layer, melamin layer dan lapisan lainnya adalah phenolic.

Bahkan untuk lapisan phenolic masih terbagi atas tiga hingga empat lapisan lagi. Sangat wajar bila material HPL memiliki kekuatan yang lebih bagus. Termasuk kemampuannya dalam melawan paparan suhu panas.

Kehandalannya itu menjadikan HPL sangat ideal jika diaplikasikan pada produk furnitur dan interior di ruangan dengan suhu relatif tinggi, seperti dapur. Oleh karena itu, sangat banyak pabrikan furnitur mengandalkannya sebagai pelapis kitchen set atau lemari dapur.

Bentuk pelapis HPL yang solid, makanya sangat cocok segala jenis produk furnitur. Khususnya untuk perabotan yang minim atau tidak membutuhkan lekukan dan patahan sudut.

Nah, kalau taco sheet atau ada juga yang menyebutnya sebagai PVC sheet juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan finishing furnitur. Salah satu keunggulan dari material pelapis ini adalah terbilang lebih elastis. Jadi tingkat kelenturannya lebih tinggi dibandingkan dengan produk HPL.

harga HPL dari distributorOleh karena itu, taco sheet relatif lebih tepat untuk diaplikasikan pada furnitur dan interior yang memiliki banyak permukaan melengkung atau patahan sudut. Tacosit memang agak lebih tipis, jika dibandingkan dengan pelapis HPL. Dengan begitu lebih elastis dan inilah keistimewaan dari taco sheet.

Keunggulan tacosit ini terbentuk karena dibuat dari material PVC, kemudian dicetak dengan aneka warna dan motif menarik. Jadi tidak mengherankan kalau tekstur permukaannya terasa lebih halus dan sangat elastis. Karena itu sangat cocok untuk melapisi bagian perabotan dengan sudut dan lengkungan.

Salah satu kelemahan produk HPL adalah lebih sulit jika ditekuk. Karena itu, jangan sampai menggunakan produk berkualitas rendah. Sebab lebih gampang getas atau patah jika ditekuk. Jika memakai produk HPL dengan mutu bagus, masih memungkinkan dilakukan penekukan.

Pada dasarnya baik taco sheet maupun HPL memiliki keistimewaan tersendiri. Sehingga para konsumen memiliki banyak pilihan, yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan budget-nya. Sebab kedua material pelapis furnitur tersebut menawarkan harga yang terpaut cukup jauh.

Harga taco sheet per lembar masih dalam kisaran puluhan ribu rupiah. Sedangkan kalau harga HPL sudah menyentuh harga ratusan ribu rupiah per lembarnya. Kisaran harga tersebut sebenarnya sangat tergantung dengan merek, tingkat ketebalan dan kualitasnya.

Produk berkualitas lebih bagus tentunya lebih diprioritaskan. Supaya lebih panjang durasi pemakaiannya. Selain itu, keindahan warna dan motifnya tidak mudah pudar atau tahan lama.

Perbedaan Ukuran Taco Sheet dan HPL

harga HPL updatePerbedaan lain antara taco sheet dan HPL sangat terlihat dari dimensi atau ukurannya. Produk HPL bentuknya lembaran dengan ketebalan berbeda-beda. Umumnya ketebalan HPL berkisar 0,5 mm hingga 1,5 mm. Ukuran panjangnya adalah 2,44 meter, dan lebarnya adalah 1,22 meter.

Nah, kalau bentuk dari taco sheet juga berupa lembaran. Dengan lebar atau tinggi 1,22 meter, dengan panjang bisa mencapai 100 meter. Karena itu, penjualannya bisa dalam hitungan per meter atau per gulung. Jadi, konsumen boleh membeli mulai dari satu meter saja. Konsumen bebas membeli taco sheet sesuai kebutuhan. Tidak harus membeli satu roll, meskipun pasti harganya lebih murah.

Baik HPL maupun taco sheet menawarkan aneka warna dan motif cantik nan elegan. Setiap pabrikannya bisa meluncurkan ratusan kreasi motif. Beberapa kategori corak yang sangat diminati konsumen adalah motif serat kayu, corak marmer, corak batu granit, warna polos, warna alumunium dan motif stainless steel.

Semua warna dan corak yang ditampilkan terlihat begitu sempurna. Sehingga tampilannya sangat mirip dengan benda aslinya. Jadi kalau Anda ingin memiliki furnitur kayu jati, sayangnya terbatas dananya, maka bisa membeli mebel berlapis taco sheet atau HPL. Harganya sudah pasti lebih murah, tapi memiliki tampilan yang sangat mirip dengan furnitur berbahan kayu solid.

Sebenarnya tacosit dan HPL tidak hanya bisa diaplikasikan pada produk furnitur saja. Akan tetapi juga sering diandalkan sebagai pelapis interior. Dengan begitu, Anda juga bisa menghiasi seluruh bagian interior dengan kedua material finishing tersebut. Sebagai contoh, digunakan sebagai pelapis pintu, jendela, plafon, dinding, partisi dinding, backdrop televisi dan bahkan layak digunakan sebagai bahan flooring.

Supaya setiap produk yang diaplikasikan bisa terlihat lebih cantik, kuat dan tahan lama, pastikan memilih yang berkualitas tinggi. Kemudian jangan lupakan ketepatan dalam teknik pemasangan atau instalasinya. Sebab, sangat berpengaruh besar terhadap kerapian, keindahan dan durasi pemakaiannya.

Jangan lupakan juga rutinitas dalam perawatan kedua jenis pelapis tersebut. Supaya tidak dikotori oleh tumpukan debu, noda dan kotoran, yang pastinya sangat mengganggu estetika dan keawetannya. Setidaknya dalam seminggu sekali bisa dibersihkan dengan alat sederhana, seperti kain lap. Namun, jika terdapat noda membandel harus segera dibersihkan. Sebelum mengering dan sulit disingkirkan.

Jika, Anda sudah mantap untuk menggunakan produk pelapis tersebut, bisa mulai survei harga taco sheet per lembar. Kunjungi beberapa toko atau distributor terdekat untuk mengumpulkan katalog dan harga sebagai pembandingnya. Anda tidak harus datang langsung, tapi cukup mengeceknya melalui website resminya. Bisa juga dengan menghubungi masing-masing admin atau customer service-nya.

Sekarang ini sudah sangat mudah menemukan produk taco sheet dan HPL di pasaran. Toko atau distributornya sudah tersebar di berbagai kota. Sehingga konsumen lebih mudah untuk menjangkaunya dan mendapatkan produk favoritnya.

Salah satu rekomendasi terpercaya untuk berbelanja berbagai kebutuhan dekorasi bangunan adalah IsiBangunan.com. Distributor dan importir ini sudah menyediakan beragam produk berkualitas internasional. Jadi tidak perlu diragukan lagi mutu produknya.

Anda bisa mendapatkan varian produk untuk kebutuhan finishing furnitur, lantai, plafon, dinding, sanitary dan lain sebagainya. Stok produknya selalu melimpah dengan beragam pilihan ukuran, warna dan motif cantik. Ketahanan semua produknya sudah sangat teruji, sehingga bisa diandalkan untuk pemakaian belasan hingga puluhan tahun.

Dapatkan informasi terkini mengenai harga taco sheet per lembar hanya di IsiBangunan. Konsultasikan segala keinginan Anda, agar bisa mendapatkan produk terbaik.

Please rate this