Saat ini pasar HPL di Indonesia dibanjiri sangat banyak merek, baik produk dalam negeri maupun produk lokal. Salah satu yang sangat diminati oleh konsumen adalah merek Natural. Tidak hanya menawarkan motif cantik, kualitas prima dan daya tahan tangguh, harga HPL Natural juga sangat bersaing. Pastikan Anda membelinya langsung dari distributor resmi sebagai jaminan keaslian produknya.

HPL Harga Ekonomis dan Berkualitas

Kehadiran produk HPL (High Pressure Laminate) memberikan kemudahan dalam mendekorasi furnitur dan interior. Bahan finishing ini sangat efektif untuk mempercantik dekorasi hunian, perkantoran dan area publik. Biasanya material ini lebih diandalkan sebagai pelapis kayu olahan, seperti kayu lapis atau plywood, MDF, blockboard, particle board dan sebagainya.

Masyarakat semakin banyak beralih menggunakan furnitur berbahan kayu olahan, karena harga mebel kayu solid semakin mahal. Khususnya untuk furnitur dengan kayu berkualitas bagus. Kelangkaan atau terbatasnya bahan bakunya, menjadikan harga perabotan tersebut terus melambung tinggi.

Jika Anda tetap ingin menghiasi hunian dengan furnitur berbahan kayu. Maka sebagai alternatifnya bisa menggunakan furnitur kayu olahan yang sudah dilapisi dengan finishing HPL. Secara tampilan hampir tidak bisa dibedakan. Bahkan sangat banyak pilihan corak serat kayu, sehingga bisa menyesuaikan dengan keinginan.

Produk HPL sangat populer karena relatif ramah lingkungan, menawarkan desain menawan dan kualitas yang bisa dibanggakan. Karena itu sangat mudah menemukan berbagai produk furnitur berlapis HPL, seperti meja kantor, meja resepsionis, kitchen set, rak buku, lemari pakaian dan sebagainya.

Bahkan digunakan juga sebagai pemanis interior, seperti partisi dinding, pelapis plafon, pelapis lantai dan sebagainya.

Kemunculan produk inovatif ini otomatis menggeser pemakaian finishing furnitur lain, seperti cat semprot duco atau melamin. Kreasi warna dan motif pelapis HPL sangat melimpah. Sebab satu brand HPL biasanya meluncurkan hingga ratusan varian corak. Beberapa kategori motif yang sangat disenangi konsumen adalah motif metalic, solid color, granit, marmer dan serat kayu.

Banyaknya pilihan warna dan motif HPL sangat memudahkan siapa saja dalam menemukan desain favoritnya. Anda bisa memilih sesuai selera atau mudah dipadukan dengan konsep desain interior atau eksteriornya. Sebab selain cantik digunakan sebagai pemanis interior, pelapis HPL dengan keunggulan khusus juga dapat diaplikasikan pada area outdoor. Sebagai contoh untuk furnitur dan wall cladding.

Segala kelebihan yang ditawarkan pelapis HPL, tidak heran kalau semakin banyak inspirasi yang diciptakan. Popularitasnya pun semakin menanjak, khususnya dalam dunia desain hunian atau bangunan minimalis dan modern.

Tepat dalam memilih merek adalah cara yang tepat, supaya tidak tertipu dengan produk bermutu rendah. Harga HPL Natural yang ekonomis dengan kualitas bagus sangat ideal menjadi pilihannya.

Trik Memilih Produk HPL Berkualitas

varian corak HPLJeli dalam pemilihan produk HPL adalah langkah awal untuk mendapatkan yang berkualitas. Memperkaya pengetahuan atau wawasan seputar bahan finishing kayu ini sangat penting. Karena bisa menjadi pemandu dalam memilih yang paling bagus.

  1. Jangan mudah terkecoh tawaran harga HPL sangat murah. Harga produk sangat murah pastinya memikat setiap konsumen. Sayangnya, terkadang harga murah yang ditawarkan tidak dilengkapi dengan kualitas yang bisa dibanggakan. Boleh saja memilih harga yang murah, namun harus dipastikan mutunya juga bisa diandalkan.
  2. HPL harus Anti air dan anti gores. Memang kemampuan tersebut tidak 100 persen dimiliki oleh HPL. Namun sudah cukup diandalkan dari ancaman paparan air dan goresan. Keunggulan itu karena material dasarnya terbuat dari plastik PVC. Dibandingkan dengan produk coating sejenis, bahan dasar HPL termasuk yang paling kuat.
  3. Tersedia banyak pilihan warna dan corak cantik. Salah satu keunggulan dari pelapis HPL adalah memiliki penampilan sangat cantik. Varian coraknya juga sangat beragam, seperti warna solid atau polos, warna metalik, motif batu alam, motif kayu dan sebagainya. Untuk satu merek HPL saja bisa meluncurkan hingga ratusan motif menarik.
  4. Anti jamur dan daya rekat kuat. Jamur mudah tumbuh di media apa saja, apalagi kayu olahan. Jika kayunya cukup lembab, maka menjadi media subur bagi jamur. Karena itu, HPL berkualitas pasti memiliki keunggulan berupa anti jamur. Agar lembaran coating ini lebih awet, maka harus menempel dengan kuat. Karena itu pilihlah yang daya rekatnya kuat dan imbangi dengan penggunaan lem berkualitas.
  5. Tahan panas dan paparan zat kimia. Keunggulan lain dari produk HPL adalah lebih tahan panas. Baik panas akibat paparan api maupun sengatan terik matahari. Selain itu juga tetap aman dari paparan zat atau bahan kimia. Oleh karena itu, pelapis HPL sangat diandalkan untuk furnitur yang berada di tempat berisiko tinggi, seperti dapur dan laboratorium.
  6. Relatif mudah untuk diaplikasikan, terlihat sangat rapi dan bersih. Bagi pengrajin furnitur atau mebel kayu olahan pastinya sangat terbantu dengan adanya produk HPL. Sebab cara pemasangannya lebih praktis, dan waktu pengerjaannya lebih singkat. Hasil pemasangan pelapis ini pun terlihat sangat rapi dan bersih.
  7. HPL lebih awet dan gampang perawatannya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh HPL, maka menjadikan material ini lebih awet dan tahan lama. Namun, jangan lupakan rutinitas perawatannya. Supaya keawetan dan tampilannya terjaga dengan baik. Termasuk menjaga higienitas permukaan mebelnya.
  8. Sangat ideal untuk segala tampilan furnitur dan interior. Pilihan warna, corak dan tekstur HPL yang bervariatif membuat material ini sangat ideal untuk segala gaya interior. Jadi bisa diaplikasikan pada furnitur berkonsep modern maupun minimalis.

Agar Pelapis HPL Lebih Awet dan Tahan Lama

motif HPL favoritMeskipun Anda membeli harga HPL Natural yang termahal, tetapi tidak rajin dalam perawatannya, sudah pasti keindahan cepat memudar, dan menurun tingkat keawetannya. Oleh karena itu, pola pemeliharaan yang benar dan berkala harus diaplikasikan.

Jangan pernah menunggu debu dan kotoran terlihat menebal untuk membersihkannya. Sebab paparan debu dan kotoran pasti akan membuat permukaan furnitur terlihat kusam. Jika terpapar noda membandel, segera menyingkirkannya memakai lap dibasahi air bersih.

Tidak perlu menggunakan alkohol atau thinner untuk membersihkan noda dan kotoran yang melekat pada lapisan HPL. Karena bisa merusak penampilan dan kualitas HPL. Kalau ada noda bandel yang menempel dan sulit untuk dihilangkan, Anda bisa mengandalkan campuran air dan baking soda.

Gosoklah bagian yang kotor dengan perlahan menggunakan sikat halus. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Jangan menyikat terlalu keras, karena bisa merusak lapisan terluar dari HPL.

Meskipun HPL relatif aman dari paparan panas. Namun tetap disarankan tidak menaruh perabotan di dekat jendela atau area yang biasanya terpapar langsung sinar matahari. Lokasi lembab juga sebaiknya dihindari, walaupun HPL juga anti air atau kelembaban.

Jika Anda memanfaatkan HPL sebagai pelapis permukaan meja racik, maka pastikan tetap menggunakan talenan sebagai alas potong. Karena meskipun tahan gores, sebaiknya material HPL juga dijauhkan dari ancaman sayatan, goresan atau benturan benda tajam. Semuanya itu demi menjaga keawetan dan daya tahan lebih lama.

Dapatkan informasi terbaru terntang harga HPL Natural hanya di IsiBangunan.com. Nikmati pula produk HPL berkualitas dengan harga ekonomis. Pilihan warna dan motif sangat bervariatif, dengan mutu yang bisa dibanggakan.

Please rate this