Jenis Material Dinding 3D Untuk Berbagai Bangunan

Ingin rumah tampil menawan tanpa budget membengkak? Ya, salah satu pilihannya adalah dengan aplikasi wall panel 3D. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini makin banyak ditemui berbagai desain dan juga material pembuatan dinding 3D ini. Aplikasinya pun juga semakin meluas bukan hanya untuk sebuah rumah saja.

Keanekaragaman ini juga dibarengi dengan harga yang variatif. Jadi, besar kecil budget yang ada bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berbagai material yang adapun memberikan kemudahan dalam memilih sesuai aplikasi yang diinginkan.

Untuk lebih bebas memilih kira-kira jenis 3D mana yang sesuai selera, akan perlu melihat lebih dekat tempat yang jual wall panel 3D, baik offline maupun online. Ada banyak pilihan hingga membuat kita bebas menentukan yang sesuai selera dan kebutuhan.

Bagi yang belum mengenal jenis dan bahan material dinding 3D, ada baiknya mulai mencari lebih banyak review. Karena kualitas dan ketahanan dinding 3D juga bisa dipengaruhi dengan bahan yang digunakan. Berikut ini ada beberapa material yang digunakan sebagai bahan pembuatan dinding 3D yang perlu kita tahu.

Aneka Material Pembuatan Dinding 3D

1. Interior MDF

Untuk kualitas dinding panel 3D, ada yang menggunakan material MDF sebagai bahan dasarnya. Bisa dikatakan bahwa jenis dinding panel untuk interior ini salah satu yang memilki kualitas terbaik. Untuk harga tentu juga lebih mahal dibading material lain.

Read More :   Jual Produk Wall Panel 3D Di Jakarta

Namun untuk masalah desain dan kesan yang didapat juga bisa dikatakan mewah dan juga elegan. Ukuran untuk material ini pun beragam, berikut dengan ketebalannya.

2. Fiber plant yang ramah lingkungan

Ada satu lagi material wall panel pilihan, yakni fiber plant. Dibanding dengan bahan MDF, bahan ini lebih ekonomis, dan juga ramah lingkungan. Oleh karena itu, baik untuk rumah atau bangunan lain, material ini sering dijadikan pilihannya.

Untuk mendapat jenis wall panel ini, maka lihatlah beberapa review dari perusahaan yang jual wal panel 3D, karena mereka mungkin akan menjualnya dengan harga yang berbeda. Dari segi ukuran pun, kita akan melihat ukuran yang beragam, salah satu yang banyak diaplikasikan adalah ukuran ketebalan 1.5 dan 2.5 mm.

Namun ada pula yang memiliki ukuran 625 mm x 800 mm serta 500 mm dan 500 mm. Jadi wall panel bukan berarti dari bahan kayu atau MDF,  tapi ada pula yang  terbuat dari fiber plant yang ramah lingkungan.

3. PVC

Wall panel PVC banyak digunakan untuk material wall panel 3D untuk eksterior sebuah bangunan. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena material PVC lebih tahan panas dan juga air hingga untuk area eksterior, bahan ini lebih awet dan tahan lama. Selain untuk eksterior, bahan ini juga cocok untuk area dapur atau kamar mandi yang rentan akan suasana yang lembab dan juga basah.

Read More :   Menentukan Letak Dan Harga Wallpaper Dinding 3d Ruang Tamu Anda

Bukan hanya itu, untuk kapal pesiar pun, banyak yang memilih jenis wall panel PVC solid karena kelebihannya yang bisa dilengkungkan untuk mengikuti bentuk kurva hingga bisa digunakan untuk mengcover pilar dari beton pada kapal pesiar.

4. Plywood

Salah satu wall panel 3D memiliki keunggulan tersendiri, yakni bisa di finishing dengan warna natural. Keaslian dari warna panel ini memberikan kesan alam dan natural tersendiri untuk sebuah ruangan. Ukuran dan ketebalannya pun beragam, hingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. MMDF

MMDF merupakan sebuah lapisan melaminto pada sisi belakang hingga memungkinkan kita untuk tak perlu mengecat dan juga menjadikannya lebih aman dari udara yang lembab. MMDF ini juga banyak diaplikasikan untuk berbagai bangunan dan hunian.

6. Solid surface

Untuk material solid surface yang dapat diperoleh dari toko bangunan yang jual wall panel 3D ini, memiliki kelebihan sendiri. Salah satunya adalah permukaannya yang tak perlu di cat ulang atau di finishing dan sudah tersedia dalam bentuk dan juga beragam warna, ada pula yang tembus cahaya atau translucent.

Read More :   Manfaat Penggunaan Vinyl Kayu di Restoran

Ketebalan dan juga ukuran cukup variatif. Keberadaannya cock bagi yang ingin menampilkan kesan yang simpel namun tetap elegan untuk rumah atau bangunan lainnya.

7. Alumunium composite panel

Kemajuan teknologi memungkinkan sebuah wall panel dibuat dari alumunium yang dikenal juga dengan nama ACP atau Alumunium Composite Panel, sering digunakan untuk façade atau fasat bangunan.

Aplikasinya banyak digunakan untuk memperindah dinding luar bangunan atau eksterior, karena lebih tahan terhadap sinar matahari, cuaca, dan juga perubahan suhu udara dan juga tahan terhadap air.

Pemasangan ACP ini menghasilkan nuansa eksterior yang rapi hingga cocok untuk berbagai bangunan seperti hotel atau gedung perkantoran. Berbagai warna dan spesifikasi dapat ditemukan di toko bangunan lengkap yang jual wall panel 3D.

8. Bahan alternatif

Pengerjaan sebuah dinding panel bisa konsumen konsultasikan dengan produsen hingga bisa menyesuaikan dengan bahan dan juga desainnya. Beberapa bahan lain yang bisa digunakan sebagai material untuk wall panel ini adalah seperti metal alumunium, metal stainless steel, panel kayu solid, panel kayu jati, panel kayu karet, hingga berbagai panel metal besi lainnya.

Leave a Reply