Mengenal ACP, Alternatif Material untuk Dinding Luar Bangunan Anda

Apakah Anda pernah mendengar istilah Aluminium Composite Panel (ACP)? Ini merupakan salah satu material bangunan yang kini banyak digunakan, bukan hanya di rumah, tetapi tempat usaha dan ruko. Karena kualitasnya, ACP dapat disejajarkan dengan material seperti tembok atau kaca.

Mengenal ACP, Alternatif Material untuk Dinding Luar Bangunan Anda

Keunggulan ACP (Aluminium Composite Panel)

Ada beberapa keuntungan menggunakan ACP sebagai dinding bangunan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari bahan dasarnya yang terbuat dari bahan composite dengan dua lapisan aluminium. Pada bagian tengahnya terdapat sebuah sekat yang memisahkan lapisan. Selain terbuat dari aluminium, ACP juga mengandung bahan lain sebagai paduan untuk membuatnya lebih awet, tahan lama, dan kuat.

Beberapa keunggulan ACP adalah sebagai berikut:

  • Bersifat nontoksik atau tidak beracun sehingga sangat aman digunakan di lingkungan rumah.
  • Apabila material ini digunakan sebagai partisi atau sekat, bisa mengurangi kebisingan sehingga suasana bisa menjadi lebih nyaman dan tenang. Bahkan, ACP juga cocok jika dimanfaatkan sebagai bahan kanopi karena dapat mengurangi hawa panas.
  • Material ACP sangat kuat, ringan, dan tidak mudah berkarat. Hal ini juga membuat proses pemasangannya cukup mudah. Bahkan, untuk eksterior bangunan pada gedung yang bertingkat, pemasangan ACP tidak terlalu menyulitkan.
  • Keunggulan lainnya adalah sangat tahan lama dan tahan terhadap terpaan cuaca. Hal ini disebabkan oleh zat pelapis yang membuat aluminium tidak mudah rusak dan antikorosi. Jika Anda menggunakan dinding ACP di rumah maupun ruko, kualitasnya akan tetap sama hingga 10 tahun kemudian. Jadi, meskipun dinding tersebut rentan terkena hujan atau panas matahari yang menyengat, tampilannya tetap akan seperti semula.
  • Faktor lain yang membuat Anda perlu memilih ACP adalah tahan api. Memang tidak semua produk sudah berkualitas fire rate, setidaknya Anda memiliki pilihan yang mendukung keamanan rumah dari kebakaran.
  • Untuk pemotongan, Anda tidak akan terlalu sulit melakukannya karena ACP berbahan ringan. Jadi, dipotong secara manual pun sangat memungkinkan. Itulah sebabnya ACP dapat dibeli dalam bentuk lembaran sehingga pemotongannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Read More :   Gunakan Wall Panel 3 Dimensi, Dinding Tampek Lebih Mewah

Mengenal Tipe ACP (Aluminium Composite Panel)

Ada dua tipe ACP yaitu Polyester (PE) dan Poly Vinyl De Flouride (PVDF). Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Polyester adalah produk yang biasa dipakai di dalam ruangan untuk membuat interior ruangan menjadi lebih cantik. Misalnya, bisa digunakan pada langit-langit rumah.

Sifat polyester adalah kurang tahan terhadap cuaca. Itulah sebabnya tipe ACP ini tidak disarankan untuk digunakan di luar rumah. Namun, jika Anda terpaksa untuk menggunakannya di area outdoor, sebaiknya pilih warna yang gelap sehingga tampilannya tidak mudah terlihat kusam karena hujan atau cuaca ekstrim lainnya.

Jenis yang kedua adalah PVDF. Tipe ACP yang satu ini bisa digunakan di luar bangunan atau pada eksterior rumah. Baik hujan maupun sinar matahari, tidak membuat dinding ACP cepat rusak atau kusam bahkan hingga bertahun-tahun setelah dipasang. Untuk warna, tersedia aneka pilihan yang akan membuat tampilan eksterior rumah Anda terlihat lebih menarik.

Dari segi kualitas, PVDF jelas lebih baik dan lebih awet. Namun, harganya pun dipastikan lebih mahal daripada Polyester. Jadi, jika Anda memiliki anggaran terbatas, sesuaikan saja kemampuan tersebut dengan kebutuhan. Untuk membeli ACP, Anda dapat mengunjungi website isibangunan.com. Di sini tersedia beragam pilihan ACP dengan kualitas terbaik. Harganya dijamin terjangkau, kok. Nah, apakah Anda sudah menentukan pilihan warna ACP untuk dinding rumah Anda?

Read More :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Lantai Marmer Import

Leave a Reply