Memiliki rumah yang mungil terkadang dapat membuat Anda merasa jenuh dan merasa ruangan yang ada kurang begitu luas. Sebenarnya, hal tersebut bisa Anda atasi dengan cara sederhana tanpa harus membongkar rumah. Dengan begitu, semakin hemat dan tidak memakan biaya tinggi. Berikut inspirasi desain interior rumah mungil agar terlihat luas dan lapang yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

Beri aksen warna cerah di dinding

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika warna cerah pada dinding dan interior rumah mungil menjadi kunci agar ruangan nampak lebih luas dan lapang. Meski sebenarnya cara ini cukup lama dikenal dan terkesan mainstream, namun sangat efektif untuk memberikan kesan tertentu. Beda halnya ketika Anda mengaplikasikan cat berwarna gelap yang justru menyerap sumber cahaya yang masuk dan ruangan nampak gelap.

Beberapa warna cerah yang paling direkomendasikan ahli desain interior adalah putih. Selain itu, warna lain seperti palet merah menyala maupun biru navy dapat Anda jadikan plihan. Bila Anda menginginkan bentuk ilusi separasi, kombinasi warna biru dan hijau turquoise adalah pilihan yang tepat.

Pasang cermin

Memasang cermin di dinding ruang tamu sangatlah cocok diterapkan untuk ruang tamu rumah Anda yang sempit. Anda bisa memasangnya segaris dengan sofa dan meletakkan sebuah meja kecil di depannya. Atau bisa juga dengan menggantinya dengan tanaman di tepi jendela agar nampak lebih manis.

Tidak hanya dengan memasang cermin berukuran besar saja, Anda dapat menambahkan beberapa gantungan cermin secara bersebelahan. Kreasikanlah bingkai cermin menggunakan warna yang seragam dengan dinding maupun dekorasi ruangan. Cara seperti ini pun efektif memberikn kesan luas untuk interior rumah mungil.

Furnitur yang serba minimalis dan multifungsi

Meletakkan furnitur berukuran besar seperti lemari dan meja di ruang tamu sempit dirasa cukup mengganggu penampilan interior rumah mungil. Menyiasatinya, Anda cukup meletakkan meja berlaci maupun kabinet yang multifungsi. Untuk meja maupun kabinet seperti ini sekarang juga bisa Anda dapatkan di pasaran di meubel maupun toko interior secara online.

Dengan Anda menggunakan furnitur yang minimalis dan multifungsi, akan menghemat space pada ruang tamu semisalnya. Untuk kamar tidur, jika memang ruangannya tidak terlalu luas Anda dapat memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci untuk menyimpan baju maupun pakaian Anda.

Jendela berukuran besar

Cara selanjutnya agar interior rumah mungil nampak lebih luas adalah penataan jendelanya. Ingat, rumah yang tidak memiliki cahaya mencukupi akan terlihat suram. Cara untuk mendapatkan cahaya alami bisa dilakukan dengan menambahkan jendela. Semakin besar ukuran jendela maka semakin besar pula intensitas cahaya yang masuk dan membuat ruangan nampak terang dan terbuka.

Sebagai pemanis jendela, Anda dapat menambahkan gorden maupun tirai besar dan tinggi dengan motif tertentu. Atau dengan menambahkan ornamen-ornamen tambahan seperti lampu, meja kecil dengan vas bunga kecil dan mainkan kombinasi warna netral agar nampak lebih terang.

Gunakan lantai berpola garis

Terakhir, jangan lupakan lantai di ruangan Anda. Untuk mendapatkan kesan ruangan yang lebar gunakanlah lantai berpola garis atau strip. Semisalnya, garis vertikal membuat Anda nampak lebih tinggi, sedangkan garis horizontal membuat Anda terlihat lebar. Ilusi ini dapat diterapkan pada bagian ruang tamu dengan memasang lantai kayu vinyl semisalnya.

Lantai kayu vinyl saat ini memang banyak diminati untuk dekorasi rumah mungil makin terlihat menarik. Untuk mendapatkan lantai kayu vinyl terbaik dengan mudah dan nyaman Anda bisa langsung klik di sini. Dalam memasang lantai kayu vinyl ini Anda juga perlu memilih yang cerah dengan sentuhan cokelat khas kayu yang unik.

Bagaimana, cukup mudah bukan menjadikan interior rumah mungil Anda nampak lebih luas? Semoga inspirasi desain di atas dapat membantu Anda.

Please rate this