Interior yang berbahan dasar vinyl banyak dipilih oleh masyarakat baik untuk tempat umum maupun untuk rumah pribadi. Keunggulan bahan vinyl ini selain anti air juga dari segi harga cukup murah. Berbagai motif yang ditawarkan pun menambah tampilan rumah semakin elegan. Namun, lantai kayu vinyl juga sangat sensitif. Maka Anda pun perlu sering membersihkannya, cara membersihkan lantai kayu vinyl pun bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Keset harus dalam keadaan bersih

Keset merupakan bagian paling penting di dalam rumah. Fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran yang ada pada alas kaki yang kita gunakan. Terlebih lagi bila lantai rumah Anda menggunakan kayu vinyl. Debu, tanah maupun bahan lain yang berasal dari luar seperti aspal dapat menggores vinyl jika tertahan pada alas kaki.

Keset yang kotor dapat pula menjadi sumber dari bahan debu tersebut. Maka dari itulah meski sebenarnya terlihat sepele, membersihkan keset juga menghindarkan lantai vinyl Anda dari debu dan kotoran tadi.

2. Sapu secara menyeluruh

Setelah Anda yakin keset dalam kondisi bersih dari debu dan kotoran yang mengganggu, cara membersihkan lantai kayu vinyl ialah dengan menyapu secara menyeluruh. Sama seperti membersihkan keset, menyapu lantai ini harus Anda lakukan secara rutin. Namun, dalam memilih sapu lantai juga tidak sembarangan.

Karena lantai kayu vinyl mudah tergores, sebaiknya Anda pilih sapu atau pembersih lantai berbahan dasar lembut dan halus. Agar lebih aman bisa dengan menggunakan vacuuum cleaner atau menggunakan kain pel yang kering untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel di dasar lantai. Khususnya pada bagian bawah furnitur seperti di bawah lemari, kursi dan meja.

3. Bersihkan tumpahan air dengan segera

Mungkin lantai rumah Anda pernah terkena tumpahan air? Mayoritas hampir pernah mengalami kejadian seperti ini. Bila lantai Anda berbahan dasar keramik masih bisa dibiarkan karena bisa mengering sendiri, namun tidak demikian bila lantai terbuat dari kayu vinyl. Anda harus membersihkannya sesegera mungkin.

Jika tumpahan pada lantai kayu vinyl dibiarkan terlalu lama maka lambat laun akan membuat permukaannya cepat berkerut bahkan lapuk. Terutama jika cairan tersebut memiliki sifat yang cukup keras seperti soda dan lainnya. Selain itu juga dapat muncul bibit timbulnya jamur. Cara membersihkan lantai kayu vinyl yang terkena tumpahan air ini bisa dengan menggunakan lap kering.

4. Gunakan cuka dan pembersih

Cuka memang sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk memasak. Namun, siapa sangka jika cuka juga bisa menjadi bahan pembersih lantai kayu vinyl paling efektif. Larutan asam ini banyak digunakan untuk membersihkan kayu  maupun keramik. Anda bisa mencampurkannya dengan air saat mengepel seperti biasa. Kandungan asam pada cuka inilah yang dirasa cukup ampuh dalam menghilangkan noda di lantai kayu vinyl.

Akan tetapi, jika Anda tidak tahan dengan bau asam menyengat dari cuka tersebut dapat menggunakan pembersih lantai lain yang dijual di pasaran. Untuk memilih pembersih lantai usahakan menggunakan pembersih yang dirancang khusus untuk membersihkan lantau kayu. Lalu, hindari produk pembersih yang menggunakan bahan pemutih karena akan membuat cat lantai menjadi luntur.

5. Menggunakan baking soda

Cara membersihkan lantai kayu vinyl selanjutnya yang bisa Anda coba ialah dengan menggunakan baking soda. Sama halnya seperti cuka, baking soda juga cukup ampuh dan efektif membersihkan kotoran. Adanya kandungan di dalam baking soda dapat mengangkat kotoran yang menempel di lantai. Terutama untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membersihkan lantai kayu vinyl di rumah Anda? Ingat, kualitas lantai vinyl juga berpengaruh pada hasil ketika dibersihkan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan salah pilih ketika membeli lantai vinyl. Semoga bermanfaat!

Please rate this