Alasan banyak orang memilih wallpaper dinding daripada cat adalah kemudahan dalam pengaplikasian dan motifnya yang beragam. Selain itu, jika dipasang dengan cara yang benar wallpaper bahkan bisa bertahan hingga 10 tahun. Meski begitu, cara memasang wallpaper dinding rumah tidak banyak orang yang mengetahuinya. Maka, ada baiknya Anda simak ulasan berikut agar wallpaper rumah tahan lama dalam mempercantik ruangan.

1. Sesuaikan ukurannya

Sebagai langkah awal dalam memasang wallpaper dinding rumah adalah menentukan bagian yang akan dipasangi wallpaper tersebut. Meski begitu, Anda haruslah membersihkannya terlebih dahulu agar debu maupun kotoran tidak menghalangi selama proses pemasangan berlangsung. Cara menyesuaikan ukuran ini bisa dengan cara menghitung panjang, lebar dan tinggi pada permukaan dinding.

Untuk menghitung berapa kebutuhan wallpaper yang digunakan, kita dapat contohkan sebagai berikut. Jika Anda memiliki ruangan luasnya 5m x 5m dan tingginya dari lantai hingga plafin 3m. Sedangkan ukuran wallpapernya adalah 10m x 0.5m. Maka perhitungannya adalah:

  • Luas dinding yakni Panjang + Lebar x 2 x tinggi ruangan maka 5+5x2x3= 60 meter persegi.
  • Sementara luas bidangnya untuk satu rol diukur dengan panjang wallpaper x lebar wallpaper = 10×0.5m = 5 meter persegi
  • Wallpaper yang diperlukan adalah luas bidang dinding : luas bidang wallpaper 1 roll adalah 60 : 5 = 12 roll. Jadi, Anda membutuhkan 12 roll untuk dinding tersebut.

2. Periksalah permukaan dinding kamar

Setelah Anda menghitung dan mengetahui berapa yang dibutuhkan, selanjutnya adalah dengan mengecek permukaan dinding. Ingat, dalam memasang wallpaper dinding rumah permukaan dinding haruslah halus dan merata. Hal ini karena semakin halus permukaannya semakin kuat pula daya rekat wallpapernya. Amatilah permukaan tembok dengan jeli dan jangan sampai ada yang kurang halus atau kurang merata. Sebab, secara perlahan akan membuat wallpaper cepat mengelupas, berlubang atau rusak dalam waktu singkat. Jelas, Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

3. Jangan pasang di dinding lembap

Poin penting dalam memasang wallpaper dinding rumah yang harus diperhatikan ialah tingkat kelembapannya. Sebaiknya, Anda jangan memasangnya pada dinding ruangan yang lembap. Adanya kandungan air pada dinding lembap bisa membuat wallpaper kusut. Mengantisipasinya, Anda bisa mengaplikasikan cat anti lembab terlebih dahulu sebagai lapisannya. Tunggulah hingga kering dan lanjutkan dengan menentukan di mana letak titik awal pemasangan pada dinding tersebut agar memudahkan Anda nantinya.

4. Tentukan titik awalnya

Saat Anda menentukan titik awal memasang wallpaper dinding rumah, posisikan diri di tempat yang strategis. Ini perlu Anda lakukan agar dapat melihat keseluruhan panjang dinding yang akan dipasangi wallpaper. Tentukan titiknya dengan menandainya menggunakan spidol, lalu buat garis acuannya dengan pensil pada titik ruangan yang ditentukan.

Garis acuan tersebut bisa dibuat dengan pola dari atas ke bawah dinding agar lembaran wallpaper pertama terpasang dengan rapi. Begitu juga pada wallpaper, Anda perlu menentukan titik awalnya agar memudahkan dalam pemotongan maupun penyesuaian saat dipasangkan pada dinding ruangan.

5. Pengeleman harus merata

Proses berikutnya ialah pengeleman dinding harus dilakukan dengan benar dan merata. Jika tidak merata posisi wallpaper akan terlihat tidak rapi entah itu sedikit miring atau kurang pas. Selain itu, wallpaper akan menggelembung. Tentu saja ini tidak hanya mengganggu estetika ruangan tetapi juga wallpaper akan mudah rusak. Bila ingin memasang wallpaper baru, jangan ditumpuk begitu saja pada wallpaper lama. Sebaiknya, lepaslah wallpaper lama dan gantilah yang baru setelah dinding dibersihkan.

Mudah bukan cara memasang wallpaper dinding rumah di atas? Jika Anda ingin mendapatkan wallpaper dinding berkualitas, kini bisa diperoleh dengan mudah di isibangunan.com. Dengan segala kemudahan, kualitas terbaik dan berbagai ragam pilihan wallpaper bisa Anda dapatkan di sini. Semoga bermanfaat.

Please rate this