Membaca buku mungkin adalah salah satu dari hobi setiap orang orang, baik itu hanya karena dia memang suka membaca , mengisi waktu luang atau pun sedang menunggu sesuatu dengan begitu kita harus memperhatikan desain ruang baca nyaman supaya anda tidak bosen ketika sedang membaca.

Fungsikan ruang keluarga sebagai ruang baca

Desain ruang baca yang pertama untuk Anda aplikasikan adalah memberikan ruang keluarga tambahan fungsi baru. Kalau selama ini ruang keluarga hanya digunakan untuk menonton tv dan berkumpul bersama keluarga setelah menjalani aktivitas sehari penuh, kali ini Anda juga bisa menjadikan sebagai ruang baca.

Caranya pun mudah. Anda tinggal menambahkan beberapa rak buku yang digunakan untuk menaruh buku-buku Anda. Dengan begitu, ketika sedang berada di ruang keluarga, bisa aja Anda atau anggota keluarga lainnya tertarik untuk membaca buku yang ada di dalam rak. Apalagi ditambah ruang keluarga yang pastinya sudah dibuat senyaman mungkin dengan sofa dan karpet, bisa membuat aktivitas membaca lebih menyenangkan dan betah seharian di sana.

Buat sudut kosong menjadi berguna

Di dalam rumah Anda, terkadang terdapat sudut kosong yang malah terkesan tidak tepat. Daripada hanya menjadi sudut yang terlihat sia-sia karena tidak dimaksimalkan, Anda bisa menjadikan sudut kosong tersebut menjadi ruang baca.

  • Tidak perlu luas yang besar. Maksimalkan saja sudut yang memang Anda rasa bisa ditaruh beberapa rak kecil dan satu kursi untuk tempat baca. Dengan begitu, sudut kosong yang ada di dalam rumah Anda bisa menjadi berguna dan bisa membuat Anda mendapatkan aktivitas baru ketika berada di rumah.

Jadikan lorong rumah menjadi ruang baca

Desain ruang baca terakhir yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah lorong rumah. Memang pada dasarnya tidak semua rumah memiliki lorong. Namun jika memang ada lorong di dalam rumah Anda, terkadang lorong tersebut malah tidak dimaksimalkan dengan baik. Kebanyakan hanya menaruh sebuah meja dengan pajangan saja di lorong tersebut.

Nah, daripada lorong rumah Anda malah menjadi tempat yang kosong dan tidak berguna, jadikan saja sebagai ruang baca. Bagaimana caranya? Pertama, pastikan terlebih dahulu berapa luas dari lorong tersebut. Kemudian, taruh beberapa rak di sana. Jika memang bisa menaruh banyak rak, lebih baik. Kemudian jangan lupa tambahkan kursi yang nyaman. Kalau masih ada ruang yang mencukupi, tambahkan meja kecil untuk tempat menaruh minum saat Anda sedang membaca di sana. Dengan cara ini, lorong rumah Anda menjadi lebih berwarna dan menambah satu spot baru di rumah.

Itulah beberapa cara desain ruang baca yang bisa Anda jadikan inspirasi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan satu aktivitas seru lainnya di rumah beserta keluarga.

Please rate this