Informasi Harga Papan Lantai Murah Lengkap Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya

Harga papan lantai – Menggunakan lantai jenis keramik atau marmer tentu sudah sangat umum sehingga memberikan kesan membosankan. Saat ini sudah ada jenis lantai yang lebih unik jenis lantai yaitu lantai papan. Jenis lantai ini sudah banyak digunakan pada rumah-rumah modern, apartemen atau perhotelan.

Hasilnya tentu sangat memuaskan, ruangan terlihat lebih indah dan alami. Jika dibandingkan dengan lantai dari bahan batuan, harga papan lantai bisa jadi lebih mahal atau justru lebih murah tergantung jenis kayu apa yang digunakan.

Seperti kita tahu semua produk selalu memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan jenis lantai papan lantai ini. Nah bagi Anda yang ingin menggunakan lantai jenis ini, ada baiknya membaca ulasan dibawah ini agar bisa mempertimbangkan apakah lantai ini bisa jadi pilihan paling tepat untuk ruangan Anda atau tidak. Pertimbangan ini tentunya juga dipengaruhi oleh harga papan lantai yang bervariasi.

Kelebihan Menggunakan Lantai Papan

Kelebihan pertama dari lantai papan adalah teksturnya yang kokoh, terutama jika dibandingkan dengan lantai keramik. Selain itu, lantai ini lebih mudah dalam segi pemasangan karena desainnya yang berupa papan sehingga cara memasangnya cukup dengan menjajarkannya.

Read More :   Daftar Harga Wallpaper Dinding 3d Beserta Pilihan Motifnya

Harga papan lantai yang mahal biasanya terbuat dari bahan jati atau kayu lain yang memiliki banyak serat. Jenis seperti sangat menguntungkan karena dapat meresap panas sehingga menimbulkan suasana dingin pada ruangan Anda, sehingga tidak lagi perlu menggunakan pendingin ruangan.

Kelebihan kedua adalah memiliki banyak corak, warna dan gaya. Anda tidak perlu khawatir, berbagai kesan ruangan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan lantai jenis ini. Warna lantai ini beragam mulai dari yang cerah hingga yang gelap. Untuk membuat penampilan ruangan dan nampak unik, Anda bisa mengkombinasikan dengan dua warna gelap dan terang. Harga papan lantai tetap sama untuk setiap warna yang Anda pilih, jadi Anda bisa memilih keduanya.

Mengenal Lantai PVC Vinyl Untuk Hunian Modern

Kelebihan ketiga adalah jenis lantai yang aman. Strukture kayu tidak terlalu padat, ringan dan halus. Jenis seperti ini sangat aman digunakan dalam sebuah rumah karena bisa mengurangi cidera ketika seseorang terjatuh diatasnya. Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga seorang anak kecil atau lanjut usia, lebih baik gunakan lantai jenis ini. Selain aman, harga papan lantai juga cukup terjangkau.

Read More :   Bagaimana Menilai Kualitas Dari Marmer? Berikut Penjelasannya

Kekurangan Menggunakan Lantai Papan

Kekurangan pertama adalah warnanya mudah memudar. Jika Anda tidak memilih jenis lantai yang benar-benar berkualitas maka bersiaplah untuk perubahan warna pada papan lantai Anda. Namun Anda bisa mengakalinya dengan melakukan finishing secara berkala agar warnanya tetap tajam dan mengkilat.

Kekurangan kedua adalah mudah lembab. Sifat kayu memang bisa meresap air, jadi jika musim hujan lantai terasa lembab. Jika dibiarkan maka lama kelamaan lantai bisa berjamur dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Padahal harga papan lantai cukup jadi ketika terjadi permasalahan seperti tersebut tentu sangat mengganggu kenyamanan.

Kekurangan ketiga adalah mudah diserang rayap. Ada beberapa jenis lantai papan yang terbuat dari kayu biasa, bukan kayu yang kuat sehingga mudah sekali diserang rayap. Pilih harga papan lantai yang cukup mahal jadi kualitasnya benar-benar terjamin.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan lantai jenis papan. Jika Anda bisa memilih jenis lantai papan yang benar-benar berkualitas, maka lantai papan tersebut akan memberikan banyak keuntungan untuk rumah Anda.  Harga papan lantai beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu satu papannya tergantung ukuran dan jenis kayu yang digunakan.

Read More :   Kelebihan Lantai Kayu Tempel

Leave a Reply