Cat dinding ruangan rumah Anda sudah nampak pudar bahkan terkelupas? Tidak perlu melakukan pengecatan ulang. Ada cara lain yang lebih estetik, agar dinding tampil lebih segar dan memukau. Anda bisa melapisi dinding dengan lembaran HPL. HPL harga lembar tidak akan menguras kantong, sebab cukup terjangkau.

HPL Sebagai Pelapis Dinding

Tampilan warna polos pada dinding juga terkadang kurang menarik. Anda bisa mengganti sebagian atau keseluruhan bidang dinding menggunakan material finishing HPL atau High Pressure Laminate. Berbeda dengan wallpaper yang tipis, HPL didesain lebih tebal sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Material yang biasanya digunakan untuk pelapis permukaan furnitur ini diproduksi di bawah tekanan dan suhu tinggi. Dengan begitu beberapa lapisannya bisa merekat dengan sangat kuat. Pada awalnya bahan pelapis dinding ini hanya diproduksi dengan motif kayu saja.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi bisa merealisasikan bermacam motif cantik lainnya. Berbagai kreasi motif itu menampilkan keindahan corak batuan alam seperti marmer dan granit, motif bunga, motif logam atau metal, warna solid dan sebagainya. Jadi pilihan warna dan coraknya semakin beragam.

Dengan demikian, sangat ideal untuk diaplikasikan di berbagai konsep interior rumah. Pemilihan desain yang tepat, bisa mengubah tampilan ruangan secara signifikan. Tidak hanya menampilkan kesan menawan saja, tetapi juga menghadirkan ketenangan dan kenyamanan.

Oleh karena setiap tampilan HPL sangat cantik dan elegan. Padahal harga produk ini masih sangat terjangkau bagi semua kalangan. Cara instalasi dekorasi dinding ini juga relatif mudah. Cukup dikerjakan sendiri dengan bantuan satu orang saja.

Selain memastikan produk HPL-nya bermutu tinggi, salah satu kunci kekuatan pemasangan pelapis dinding ini adalah lem atau perekat yang digunakan. Jadi pastikan lemnya sangat bermutu, agar pelapis tembok ini tidak gampang terkelupas.

Pilih produk HPL yang sudah terbukti handal, dan dapatkan HPL harga lembar yang lebih ekonomis. Dengan begitu, Anda tetap hemat anggaran tapi bisa menikmati produk berkualitas. Selain itu, pastikan tepat dalam metode pemasangannya.

Cara Memasang HPL Sebagai Pelapis Dinding

harga HPL terbaruSelain dimanfaatkan sebagai pelapis furnitur dan lantai, HPL juga sering digunakan sebagai pemanis dinding. Dimensi material ini sama dengan lembaran triplek, dengan ukuran panjang 2440 milimeter dan lebar 1220 milimeter. Ketebalan bahan finishing ini bervariatif, biasanya mulai dari 0.5 milimeter sampai 1,5 milimeter.

Pada dasarnya proses pemasangan pada dinding tidak terlalu berbeda saat diaplikasikan pada permukaan furnitur. Bahan-bahan dan peralatan yang digunakan sama persis. Perbedaannya adalah jika diaplikasikan pada dinding, maka disarankan untuk menggunakan paku. Tujuannya supaya menambah kekuatan daya tempelnya.

Sebab, kelembaban udara bisa saja membuat lembaran HPL yang sudah terpasang mudah terlepas. Akibat lemnya sudah menurun daya rekatnya. Ukuran yang besar serta pola instalasinya yang dilakukan secara vertikal, maka pemasangan HPL harus benar-benar kuat. Jika tidak, meskipun sudah dipasang dengan rapi akan lebih mudah runtuh tanpa adanya pemasangan paku.

Nah, jika Anda ingin mengerjakan pemasangan HPL sendiri, maka penting untuk memerhatikan berbagai hal berikut ini.

  1. Siapkan Permukaan Dinding. Anda harus terlebih dahulu membersihkan dan meratakan permukaan dinding. Karena kotoran dan kerusakan bisa terjadi pada dinding. Jika kondisi itu dibiarkan, sudah pasti hasil pemasangan HPL-nya tidak kuat. Penting juga untuk melapisi dinding dengan bahan waterproofing, agar mencegah kondisi lembab atau kebocoran. Sesudah itu, tunggu setidaknya 3-5 hari, untuk memastikan kondisi dindingnya sudah kering sempurna.
  2. Potong Lembaran HPL Sesuai Kebutuhan. Buatlah pola yang Anda inginkan, kemudian potong secara presisi. Sebaiknya meminimalisir potongan HPL, agar tampilannya lebih rapi dan bersih. Pemotongan sebaiknya menggunakan gergaji circle bermata potong keramik. Supaya lebih mudah dalam, pemotongannya.
  3. Pasang HPL Di Dinding. Lebih disarankan untuk melakukan pemasangan saat siang hari. Khususnya saat cuaca sedang cerah, dengan suhu berkisar 28-30 derajat celcius. Sebab kalau dipasang ketika cuaca terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat permukaan HPL menjadi melengkung. Pemasangan diawali dengan pengolesan lem kuning pada bagian dasar HPL dan permukaan dinding. Rekatkan secara perlahan dan hati-hati. Tekan dari bagian tengah menuju ke atas, dan menekan kembali dari tengah ke sisi bawah. Lalu pasanglah paku dengan menggunakan nail gun atau mesin tembak paku.
  4. Sempurnakan Hasil Pengerjaan HPL. Anda bisa mengaplikasikan dempul untuk menutupi sambungan antar lembaran HPL. Usahakan agar permukaannya tidak terpapar dempul. Kalau bagian ujung HPL yang terlihat tidak rata bisa dirapikan memakai cutter. Bisa juga meratakannya menggunakan amplas paling halus. Untuk paku bisa disamarkan dengan spidol atau cat kayu, dengan warna yang senada sesuai tampilan HPL. Sedangkan kalau terdapat sisa lem bisa dihilangkan menggunakan bensin.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara memasang HPL pada permukaan dinding? Penting untuk selalu mempertimbangkan kualitas dalam pemilihan produk pelapis dindingnya. Sebab sekarang ini sangat banyak pilihan mereknya di pasaran.

Jangan mudah tergoda dengan penawaran harga sangat murah, namun kualitasnya masih dipertanyakan. Anda harus mempelajari spesifikasi produknya dengan baik. Sebab, harga murah yang ditawarkan bisa saja karena lebih tipis lembarannya, buruk kualitasnya dan tidak tahan lama.

HPL bermutu rendah sangat mudah pudar atau luntur tampilan motifnya. Walaupun tadinya tampil sangat menawan. Apalagi jika material sintetis tersebut sering terpapar hawa panas, seperti terpapar sinar matahari secara langsung. Maka keindahan tampilannya sangat mudah menghilang.

Sangat berbeda jika Anda menggunakan produk HPL berkualitas bagus. Tampilan desainnya lebih awet, begitu juga dengan masa pakainya yang lebih lama. Ketahanan produk ini sangat bisa diandalkan, karena pabrikannya menyertakan beragam fitur bermanfaat pada setiap lembaran HPL-nya.

Material HPL berkualitas tinggi sangat tahan terhadap paparan air, minyak, hawa panas, anti jamur dan tidak mudah tergores. Oleh karena itu, selain bisa mempercantik tampilan dinding juga sekaligus memberikan perlindungan dari berbagai risiko kerusakan.

Jual HPL untuk Dekorasi Dinding

harga HPL motif kayuTepat dalam pemilihan produk HPL tidak selalu dengan mengeluarkan anggaran besar. Sebab tetap ada produk bermutu tinggi, cantik desainnya dan tahan lama, tetapi masih dibanderol dengan HPL harga lembar bersaing. Seperti halnya produk unggulan yang disediakan oleh IsiBangunan.com.

IsiBangunan merupakan importir terpercaya dan berpengalaman di bidang bahan dekorasi bangunan. Sudah banyak aneka produk berkualitas yang didatangkan dari pabrikannya langsung. Itulah kenapa harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Walaupun kualitas produknya sangat mumpuni.

HPL adalah salah satu produk unggulannya. Produk impor yang didatangkan sudah diakui secara global untuk kualitas, ketahanan dan keamanannya. Hal itu dibuktikan dengan beragam sertifikasi yang sudah didapatkan. Pengakuan tersebut tentunya menjadi alasan kuat, kenapa produknya sangat layak diandalkan.

Hubungi segera tim marketing IsiBangunan, untuk informasi produk HPL harga lembar terkini. Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis. Supaya memudahkan untuk mewujudkan keinginan Anda, dengan produk berkualitas tapi hemat biaya.

Please rate this