Pemilihan material lantai tidak boleh luput dari perhatian saat mendekor interior rumah. Karena sering terinjak, maka harus kuat sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, tetap harus memerhatikan segi estetikanya. Anda bisa mengandalkan HPL sebagai material pelapis lantai. Selain harga HPL lantai yang tetap terjangkau, juga karena kehandalan yang dimilikinya.

Percantik Lantai dengan Pelapis HPL

Ada beragam jenis material penutup lantai yang biasa digunakan. Salah satunya adalah HPL atau High Pressure Laminate. Pemasangan bahan pelapis ini bisa memberikan kesan berbeda saat menginjaknya. Kaki akan terasa lebih hangat. Hampir semua ruangan bisa diaplikasikan material laminasi ini.

  1. Ruang Tamu

Ruangan khusus ini biasanya dibuat istimewa, karena berfungsi sebagai tempat menerima tamu. Anda bisa memanjakan para tamu dengan keindahan ruangannya. Bagian lantai yang terpasang HPL sudah pasti sangat menawan. Apalagi jika Anda pandai memadukan dengan gaya interior rumah, dengan pemilihan warna atau motif yang serasi.

  1. Ruang Keluarga

Kesan damai bisa dirasakan ketika Anda melapisi lantai ruang keluarga menggunakan material HPL. Dengan begitu, ruangan ini menjadi lebih nyaman untuk berkumpul dengan seluruh anggota keluarga. Selain ruang keluarga, Anda juga bisa mengaplikasikan bahan finishing ini untuk tempat ibadah di rumah.

  1. Kamar Tidur

Kamar tidur juga sangat cocok mengaplikasikan HPL sebagai pelapis lantainya. Ada banyak ide atau inspirasi yang bisa diwujudkan, karena pilihan coraknya sangat melimpah. Penggunaan material penutup lantai ini juga lebih aman. Sehingga sangat ideal digunakan untuk mereka yang masih memiliki anak usia balita.

  1. Ruang Makan

Material HPL sangat bagus menghiasi lantai ruang makan, baik yang berukuran kecil maupun besar. Aktivitas makan bersama bisa saja meninggalkan sisa makanan di lantai. Bisa karena terjatuh tanpa disengaja. Karena bahan pelapis lantai ini sangat mudah dibersihkan, maka Anda tidak perlu khawatir dengan paparan noda tersebut.

Sebab selain mudah dipasang, pelapis ini juga mudah untuk dibersihkan. Sehingga aktivitas perawatan tidak akan memakan banyak tenaga, waktu dan biaya. Alat kebersihan sederhana seperti sapu dan kain lap bisa dimanfaatkan untuk membersihkan segala noda dan kotoran.

bahan pelapis lantai

  1. Ruang Olahraga

Berolahraga tidak selalu harus di luar ruangan, karena bisa juga dilakukan di dalam rumah. Anda bisa membuat ruangan khusus layaknya tempat fitness. Jika lantainya masih berupa keramik, maka mudah licin. Apalagi kalau keringat jatuh ke lantai. Kondisi ini sangat berbahaya, karena memicu terpeleset.

Jangan gunakan karpet untuk melapisi lantainya. Karena, pelapis lantai tersebut mudah menyimpan debu sehingga bisa memicu permasalahan kesehatan. Apalagi kalau karpetnya sangat jarang dibersihkan. Maka semakin berbahaya jika masih digunakan untuk beraktivitas.

Cara yang paling tepat adalah melapisinya dengan HPL. Sebab tidak membuat lantainya licin, nyaman dipijak, awet dan cantik tampilannya. Sebab tidak hanya menawarkan motif kayu saja. Ada banyak corak lain yang bisa menjadi pilihannya. Sebagai contoh, motif bunga, motif bebatuan alam, motif metal, warna solid dan sebagainya.

Untuk kesesuaikan dalam pemilihan warna dan motif HPL, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Supaya pemilihannya lebih tepat untuk dipadukan dengan konsep desain interior secara keseluruhan. Sehingga pemasangan penutup lantai ini benar-benar meningkatkan nilai estetika ruangan.

Selain membuat lantai ruangan nampak semakin cantik, penggunaan HPL sebagai pelapis lantai juga bermanfaat dalam memberikan perlindungan. Karena memang material ini dirancang khusus, agar memiliki keunggulan tersendiri.

Pelapis lantai ini terbukti tahan air, tahan panas, anti jamur, tahan goresan dan tahan benturan. Itulah kenapa selain bisa diaplikasikan pada permukaan furnitur, juga bisa diandalkan untuk penutup lantai. Meskipun sering terinjak kaki, material ini tetap kokoh, tidak mudah rusak dan pudar tampilan motifnya.

Keuntungan lainnya dari produk inovatif ini adalah harga HPL lantai tetap terjangkau. Pelapis lantai ini bentuknya lembaran, dengan dimensi sama dengan lembaran triplek. Oleh sebab itu, cara pemasangannya juga tidak terlalu sulit.

Belajar Memasang Penutup Lantai HPL

bahan pelapis lantaiBila ingin menghadirkan kesan nyaman dan alami di setiap ruangan, tidak perlu harus menggunakan lantai kayu atau parket. Alasan utamanya adalah harganya sangat tinggi dan memerlukan perawatan khusus. Sehingga memerlukan waktu, tenaga dan biaya lebih.

Sebagai alternatifnya Anda bisa mengandalkan produk HPL. Tidak hanya tangguh dan cantik membalut permukaan furnitur, material ini juga sudah terbukti handal digunakan sebagai penutup atau pelapis lantai. Motif kayu adalah salah satu favorit masyarakat. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengganti lantai kayu.

Walaupun harga HPL lantai ini lebih murah, namun kualitasnya tidak murahan. Bicara mutu, penampilan dan ketahanan tidak kalah dengan material kayu asli. Bahkan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh material kayu. Seperti lebih tahan terhadap paparan air, anti jamur, anti rayap dan tidak mudah terbakar.

Anda sangat tertarik untuk segera mendekor ulang lantai hunian kesayangan? Ingin memasang pelapis HPL sendiri? Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa panduan penting dalam instalasi HPL untuk lantai.

  1. Pengukuran Lantai Dengan Presisi. Ketelitian sangat diperlukan dalam pengukuran lantai. Agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan. Karena sangat mempengaruhi jumlah kebutuhan produk HPL-nya. Jika sudah diketahui ukuran ruangan, maka mudah untuk menghitung kebutuhan lembaran pelapisnya.
  2. Pindahkan Barang Yang Mengganggu Proses Pemasangan HPL. Sebagai contoh Anda akan melapisi lantai di ruang tamu, maka harus menyingkirkan kursi, meja dan benda lainnya. Dengan begitu, Anda lebih leluasa dalam melakukan pemasangan penutup lantainya.
  3. Siapkan Lapisan Datar. Anda bisa memakai triplek atau kayu sebagai lapisan dasarnya. Taruhlah kayu lapis tersebut di dasar ruangan setidaknya selama dua hingga tiga hari, sebelum nantinya dilapisi dengan lembaran HPL. Cara ini bertujuan supaya lapisan dasarnya dapat menyesuaikan dengan kelembaban ruangan. Selain itu, agar mencegah lembaran HPL mengalami kerusakan saat proses pemasangannya.
  4. Tempelkan Lembaran HPL. Kalau seluruh langkah di atas sudah diselesaikan, maka bisa dilanjutkan dengan proses penempelan lembaran HPL. Anda bisa mengandalkan lem kuning khusus kayu, untuk dioleskan pada permukaan lapisan dasar dan bagian bawah lembaran HPL. Jangan langsung direkatkan kedua bidang tersebut. Tapi tunggu setidaknya 15 menit, agar lem mengering dengan sempurna. Kemudian barulah merekatkan kedua permukaan, sembari menekan secara perlahan. Pastikan permukaan menempel secara merata, jangan sampai terdapat gelembung udara. Sebab akan mengurangi keindahan tampilannya.

Sangat sederhana dan mudah diaplikasikan, bukan? Pastikan Anda menggunakan material HPL berkualitas bagus. Sehingga daya tahannya juga mumpuni hingga belasan tahun pemakaian. Pilih juga motif atau warna yang tepat, agar bisa meningkatkan keindahan ruangan.

Harga HPL lantai sangat beragam, sebab sangat banyak merek beredar di pasaran. Jika Anda menginginkan yang produk yang lebih hemat dan terbukti handal, bisa langsung mengunjungi IsiBangunan.com. Distributor HPL ini menyediakan produk bermutu, banyak pilihan motif, tahan lama dan harganya cukup bersaing.

Please rate this