Sawdust atau particle board sudah lama dikenal sebagai bahan baku pembuatan furnitur. Jenis kayu olahan ini biasa digunakan sebagai alternatif pengganti kayu solid. Nah, untuk meningkatkan estetika dan ketahanannya diperlukan pelapis HPL. Harga HPL Homega yang bersaing bisa dimanfaatkan sebagai material finishingnya.

Tips Penggunaan Furnitur dari Particle Board

Jenis kayu olahan ini diproduksi dengan memanfaatkan serbuk kayu sisa gergaji. Agar menjadi lembaran layaknya kayu solid, serbuk tersebut dipadatkan dengan campuran lem khusus. Dengan begitu, bisa digunakan dalam pembuatan aneka produk furnitur, seperti kitchen set, lemari pakaian, kabinet, rak buku, meja kantor dan lain sebagainya.

Kalau Anda menggunakan produk furnitur berbahan particle board, maka harus rajin melakukan perawatan. Supaya lebih awet dan tahan lama. Apa saja cara yang dapat dilakukan?

jual pelapis HPL terdekat

  1. Jauhkan Furnitur dari Tempat Lembab

Furnitur berbahan kayu asli umumnya juga sebaiknya tidak diletakkan di area dengan kelembaban tinggi. Apalagi jika perabotan tersebut terbuat dari kayu olahan. Karena biasanya jenis kayu ini kurang tahan terhadap paparan air. Jadi furnitur berbahan particle board sebaiknya ditempatkan di area kering.

Paparan air atau cairan bisa mengakibatkan serbuk kayu berair. Karena itu struktur furiturnya lebih cepat lapuk dan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, harus menghindari tempat yang sering terpapar air atau mudah tergenang saat banjir.

Kalau memang tidak sengaja terkena tumpahan air, maka harus segera mengelapnya dengan kain atau lap kering. Kemudian secepatnya harus menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Supaya bisa mencegah serbuk kayunya terurai, dan agar jamur tidak mudah tumbuh.

  1. Tempatkan Furnitur di Area atau Bidang Datar

Kalau diletakkan di tempat yang miring bisa mengakibatkan furniturnya goyang. Untuk menghindari kondisi itu, maka lebih baik ditempatkan di area yang landai atau datar. Cara ini penting diperhatikan, agar perabot rumahnya tidak mudah rusak.

  1. Pindahkan Furnitur dengan Hati-Hati

Jangan pernah menggeser atau mendorong furnitur berbahan particle board, ketika Anda ingin memindahkannya. Cara yang paling benar adalah dengan mengangkat bagian bawahnya. Sebab kalau didorong bisa mengakibatkan kerusakan. Sebab biasanya setiap papannya hanya direkatkan dengan baut, sehingga kurang kokoh dan mudah terlepas.

  1. Segera Lakukan Perbaikan Jika Ada Bagian yang Terlepas

Sistem knock down atau sistem rakit biasanya diaplikasikan pada furnitur berbahan particle board. Keuntungannya adalah perabotan tersebut lebih mudah untuk dibongkar pasang. Sayangnya, lebih rentan mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan perabotan berbahan kayu solid.

Oleh karena itu, bisa saja salah satu bagian furniturnya terlihat terlepas atau kendor. Sebagai contohnya adalah baut dan papan kayu. Untuk memperbaikinya, Anda bisa melepas baut tersebut dan jangan dipasang di posisi yang sama. Karena lebih mudah terlepas lagi, karena lubangnya sudah longgar atau kebesaran.

Cara yang tepat adalah memasang baut di posisi lain atau berjarak beberapa centimeter dari posisi awal. Dengan begitu, pemasangan baut akan lebih kuat dan furnitur tetap bisa digunakan seperti sedia kala.

  1. Jangan Melepas Lapisan Finishing Furnitur

Tampilan asli particle board tidak secantik kayu asli. Oleh karena itu, jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur, maka pengrajin akan melapisinya dengan material finishing khusus. Ada beberapa bahan coating yang umumnya digunakan, antara lain deco sheet, taco sheet dan HPL (High Pressure Laminate).

Tujuan pemasangan pelapis sintetis ini adalah untuk menambah nilai estetikanya. Lapisan terluar ini juga sekaligus untuk memberikan perlindungan terhadap furniturnya. Khususnya bagi serbuk kayu yang menjadi struktur utamanya.

Karena itu, jangan sampai mengelupas bagian pelapis furnitur tersebut. Nah, kalau ada bagian yang terkelupas karena pengaruh cuaca atau lem yang digunakan tidak berkualitas, maka bisa segera menggantinya dengan lembaran laminasi yang baru.

HPL terbukti menjadi bahan pelapis furnitur yang paling handal. Oleh karena itu, paling direkomendasikan dalam pembuatan furnitur berbahan kayu olahan. Harga HPL Homega tidak begitu mahal, sehingga cukup ideal jika diaplikasikan pada perabotan kayu olahan seperti particle board. Dengan begitu, harga furniturnya juga tidak mengalami kenaikan harga sangat tinggi.

  1. Singkirkan Jamur Secara Tepat

Kalau ternyata permukaan furnitur sudah banyak ditumbuhi jamur, Anda tidak perlu membuangnya. Anda masih bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan kain kering ditambah minyak. Bisa juga dengan mengandalkan obat penghilang jamur.

Agar furnitur tidak mudah ditumbuhi jamur, maka segera bersihkan jika terpapar air, noda dan kotoran. Sebab kondisi lembab sangat disukai jamur untuk berkembang biak.

HPL Sangat Ideal Sebagai Pelapis Furnitur Kayu

almari kayu HPLHPL dianggap sebagai material finishing bermutu tinggi. Karena memang sudah terbukti tangguh, sehingga tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam durasi lebih lama. Tidak seperti jenis bahan coating lainnya, yang relatif mudah rusak dan tidak awet.

Bahan pelapis kayu ini diproduksi dengan sangat cermat. Sehingga tercipta lembaran laminasi yang sangat kuat dan tahan lama. Supaya semakin sempurna, maka lapisannya ditambahkan berbagai fitur bermanfaat. Antara lain, lapisan anti air, tahan goresan, tahan paparan zat kimia, tahan panas dan sebagainya.

Ketangguhan HPL tersebut tidak hanya cocok digunakan di skala rumahan saja. Akan tetapi sangat diandalkan di tempat dengan risiko tinggi sekalipun, seperti perkantoran, rumah sakit, laboratorium, dapur restoran dan sebagainya.

Pelapis kayu yang tidak mudah rusak dengan berbagai ancaman benturan dan goresan pastinya sangat menguntungkan. Apalagi kalau tampilan warna dan motifnya juga tahan lama. Pelapis ini tetap awet meskipun berada di ruangan berhawa panas atau kerap terpapar sinar matahari secara langsung.

Hawa dingin atau kelembaban juga tidak mengurangi kualitas dan ketahanannya. Dengan begitu, material dasarnya tidak terpengaruh oleh kondisi tersebut. Paparan bahan kimia pun tidak mempengaruhi kualitas bahan laminasi ini, karena itu banyak diandalkan sebagai pelapis perabotan laboratorium dan rumah sakit.

Dengan segala kelebihan tersebut, ternyata harga HPL Homega masih tetap terjangkau. Itulah kenapa bahan finishing ini semakin populer di kalangan masyarakat dan dunia desain interior. Peminatnya semakin banyak, sehingga memunculkan banyak sekali merek di pasaran.

Sehingga konsumen harus sangat cermat dalam mengenali manakah produk HPL yang berkualitas dan yang kurang bagus. Pahami spesifikasi produknya, agar bisa dijadikan bahan perbandingan dan pertimbangan dalam pemilihan merek HPL.

Kualitas dan daya tahan produk HPL pastinya tidak sama. Biasanya produk dengan harga paling mahal memberikan kualitas yang mumpuni. Sebaliknya, produk bermutu rendah akan dibanderol dengan harga lebih murah. Namun, Anda jangan berkecil hati, karena tetap bisa menemukan produk HPL berkualitas tingi tapi dengan harga lebih bersaing.

Anda bisa mengakses IsiBangunan.com untuk mengetahui produk HPL berkualitas tapi bersaing harganya. Pilihan motif dan warnanya juga sangat inovatif. Sehingga sangat banyak pilihan yang bisa diaplikasikan di hunian kesayangan Anda. Ingin segera membeli, Anda bisa langsung cek harga HPL Homega sekarang juga!

Please rate this