Ingin memiliki furnitur kayu dengan harga lebih murah? Anda bisa membeli furnitur berbahan kayu olahan, yang dipercantik dengan lapisan HPL (High Pressure Laminate). Anda juga bisa membuat perabotan sendiri dengan bahan pelapis tersebut. Harga HPL per meter cukup terjangkau, dengan kualitas yang bisa diandalkan dan banyak pilihan motifnya.

Cermati Spesifikasi Produk HPL

Produk HPL terbuat dari material sintetis, tetapi relatif kuat sebagai lapisan akhir atau bahan finishing furnitur atau elemen interior. Salah satu keunikan dari pelapis ini adalah memiliki banyak pilihan warna dan motif cantik. Beberapa desain yang menjadi favorit adalah motif serat kayu, granit, marmer, logam dan warna solid. Oleh karena itu, bisa diaplikasikan ke berbagai gaya desain interior.

Sekarang ini gampang dijumpai beragam produk interior, seperti kitchen set, meja, pintu, partisi dinding dan sebagainya yang mengandalkan HPL sebagai pelapis permukaannya. Meskipun banyak pilihan produk pelapis di pasaran, namun penggunaan HPL justru semakin marak.

Banyak produsen furnitur yang menggunakan HPL, karena memiliki daya tahan yang bagus. Dengan begitu, sangat mendukung keawetan dan masa pakai produk furniturnya. Apalagi didukung dengan banyaknya varian warna dan corak, menjadikan produknya semakin inovatif dan menarik.

Harga setiap merek produk HPL sangat bervariatif. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas dan ketebalannya. Oleh karena itu, sebelum membandingkan harga setiap mereknya, pastikan Anda sudah memahami spesifikasi produknya dengan baik. Sehingga memastikan Anda mendapatkan produk dengan kualitas sangat prima.

Biasanya produk HPL yang di pasarkan di Indonesia memiliki ketebalan mulai dari 0,8 milimeter hingga 1,5 milimeter. Sedangkan untuk dimensi produk ini biasanya diluncurkan dengan panjang 244 centimeter dan lebarnya 122 centimeter.

Bagi pengrajin atau produsen mebel dan furnitur multipleks sangat merasakan keunggulan produk HPL. Penggunaannya lebih bersih, praktis dan cepat. Sangat berbeda saat memakai sanding atau cat duco. Lapisan HPL cukup direkatkan pada permukaan papan dengan bantuan lem.

Lembaran HPL terkenal keras dan kaku, sehingga kesulitan untuk diaplikasikan pada bagian lekukan atau sudut kecil. Namun, saat ini sudah tersedia varian produk edging. Sehingga sangat memudahkan saat pengerjaan pada bagian pinggir furnitur. Nah, dengan adanya varian produk tersebut, maka keluhan pengguna sudah mendapatkan solusinya.

HPL Sebagai Pemanis dan Pelindung Furnitur

info Harga HPL per meterPemasangan pelapis HPL sangat praktis, karena dapat dikerjakan tanpa finishing tukang semprot. Karena itu, terasa lebih cepat dan mudah dalam pengerjaannya. Kemudahan ini secara otomatis menguntungkan dari segi biayanya. Jadi tidak hanya harga HPL per meter yang ekonomis, tetapi biaya pemasangannya juga hemat anggaran.

Kalau Anda melapisi furnitur dengan cat deco atau cat melamin terkadang tidak bisa merata. Sehingga tampilannya seperti belang-belang. Sangat berbeda bila Anda menggunakan pelapis HPL. Tampilannya akan sama secara merata.

Nah, agar tampilannya lebih sempurna maka harus dipastikan pemasangannya merata atau tidak terdapat gelembung udara. Untuk itu dalam proses pemasangannya harus cermat dan teliti. Penggunaan material HPL sangat cocok untuk furnitur bergaya modern dan minimalis.

Hebatnya lagi, pemasangan bahan HPL ini tidak hanya membuat penampilan furnitur semakin menawan. Akan tetapi juga memberikan perlindungan khusus. Sebab lapisan tersebut terbukti tahan dengan paparan zat kimia, goresan, panas dan anti air. Oleh karena itu, furniturnya menjadi lebih awet dan panjang usia pemakaiannya.

Lalu, adakah kekurangan dari produk HPL? Pastinya sebagus apapun produknya, biasanya masih terdapat celah kekurangannya. Namun, biasanya kelemahan tersebut bisa teratasi.

Bagi yang tidak memahami cara atau metode pemasangan HPL, pastinya akan merasa sangat kesulitan. Padahal teknik instalasinya relatif praktis dan mudah. Jadi tidak ada kesulitan berarti, bahkan bagi orang yang belum berpengalaman sekalipun.

Jadi selama pemasangan pada bidang rata dan cukup luas, pengerjaan HPL tidak mengalami kendala berarti. Memang untuk pemasangan pada bidang lengkung terlalu kecil baru terasa kesulitannya. Sebagai contoh pada sudut dengan kelengkungan terlalu kecil. Namun, seperti yang sudah disinggung di atas, kini sudah tersedia produk edging sebagai solusi atas kendala tersebut.

Proses pemotongan pelapis HPL harus sangat presisi, sehingga terlihat lebih rapi. Pemotongan yang tidak sempurna, sudah pasti akan mengganggu penampilan atau hasil akhir pengerjaannya. Oleh karena it, pastikan menggunakan alat potong khusus HPL. Supaya hasil potongnya lebih presisi sesuai kebutuhan.

Produk HPL memang memiliki tekstur yang keras. Sehingga tingkat fleksibilitas atau kelenturannya terbilang rendah. Karena itu, material ini gampang patah kalau kurang hati-hati saat pengerjaan pemasangannya.

Sebenarnya tingkat kelenturan produk ini berbeda-beda, sangat tergantung dari mereknya. Anda bisa memilih yang tingkat kelenturannya lebih bagus. Biasanya semakin lentur, maka harga HPL per meter yang ditawarkan semakin mahal.

Agar pelapis HPL bisa merekat dengan sempurna, maka penggunaan lem sebagai perekat juga harus selektif. Karena bila pengeleman material tersebut tidak bagus, maka akan mudah terlepas. Kondisi tersebut pastinya akan merusak estetika dan membuat Anda harus segera melakukan perbaikan.

Harga HPL Per Lembar

daftar Harga HPL per meter berkualitas dan murahPada umumnya produk HPL dijual dengan harga per lembar. Jadi, agar sesuai dengan kebutuhan, maka harus mengetahui ukuran atau dimensi produknya. Sehingga bisa membuat estimasi kebutuhan HPL lebih akurat. Harga setiap lembaran HPL sangat dipengaruhi oleh merek dan spesifikasi produknya.

Oleh karena itu, Anda harus menentukan merek apa yang akan dibeli. Kemudian pastikan mencermati ukuran produknya, seperti panjang, lebar dan ketebalannya. Semakin tebal produknya, maka semakin bagus dari segi kekuatan dan daya tahannya. Namun, tentunya akan sepadan dengan anggaran yang harus disiapkan.

Pabrikan HPL biasanya tidak memasarkan langsung kepada konsumen atau pengguna. Perusahaan tersebut sudah menjalin kerjasama dengan agen atau distributor yang tersebar di berbagai kota. Karena itu, konsumen semakin mudah menemukan produk inovatif tersebut.

Jadi bila Anda sudah mantap untuk menggunakan produk HPL, maka bisa segera mendatangi pihak distributor resminya. Namun, kalau waktu Anda terbatas atau belum ada distributor terdekat, maka bisa melakukan pemesanan secara online. Langkah tersebut lebih praktis dan hemat waktu.

Penawaran harga HPL per meter sangat bervariatif di pasaran. Anda jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga sangat murah. Pelajari dahulu bagaimana spesifikasi produknya, sehingga bisa menilai sebagus apakah kualitasnya.

Jika Anda masih awam dengan produk HPL, sangat tepat bila berkonsultasi dengan ahlinya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan wawasan baru dan rekomendasi terbaik. Sehingga tidak akan keliru dalam pemilihan produknya. Termasuk dalam pemilihan warna dan motifnya, sehingga tetap bisa tampil harmonis dengan gaya desain interior hunian kesayangan Anda.

Nah, jika Anda memerlukan informasi terbaru terkait produk HPL, bisa langsung menghubungi staf berkompeten di IsiBangunan.com. Tenaga ahli berpengalaman akan siap membantu memberikan penjelasan terkait produk HPL. Agar Anda tidak salah pilih produk dan mendapatkan harga HPL per meter lebih bersaing.

Please rate this