Membangun rumah dengan anggaran yang terbatas sangat mungkin dilakukan asalkan direncanakan dengan matang. Salah satunya adalah dengan cara menghemat bahan bangunan.

Lalu, bagaimana cara menghemat material bangunan agar tidak melebihi anggaran yang telah dibuat? Yuk, disimak.

bahan bangunan
bahan bangunan – Buat Perencanaan Penggunaan

1. Buat Perencanaan Penggunaan

Salah satu cara untuk menghemat bahan saat membangun rumah atau properti lainnya adalah dengan membuat perencanaan yang matang dan detail.

Sebelum membangun, Anda tentunya harus menghitung volume bangunan yang akan didirikan dan menentukan jenis material yang akan digunakan. Dari sini nanti akan muncul rancangan anggaran, termasuk detail biaya untuk membeli berbagai materialnya.

Dengan menghitungnya secara mendetail, Anda bisa mengefektifkan banyak pos pengeluaran material sehingga biaya yang dikeluarkan juga bisa ditekan.

2. Ikuti Perkembangan Harga

Harga bahan-bahan bangunan sering naik dengan cepat. Bahkan kenaikannya dipengaruhi oleh musim. Biasanya, harga bahan akan lebih mahal di musim kemarau dibandingkan di musim hujan.

Namun, membangun di saat musim hujan juga menghabiskan dana yang tidak sedikit, terutama dalam hal operasional yang terkendala hujan dan kualitas material yang ikut tergerus saat proses pengerjaan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghemat bahan bangunan adalah dengan mencicil pembeliannya di musim hujan dan membangun di musim kemarau.

3. Gunakan Bahan Bangunan Dengan Efisien

bahan bangunan
bahan bangunan – isibangunan.com

Cara penghematan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan material seefisien dan seefektif mungkin.

Manfaatkan sisa bahan, seperti semen, batu bata, pasir, kayu, atau material sisa lainnya untuk menambal bagian bangunan yang kurang sempurna.

Alih-alih membeli material tambahan untuk mempercantik tampilan bangunan, Anda bisa memanfaatkan sisa bahan yang ada untuk membuat elemen dekorasi eksterior lainnya.

3. Cari Alternatif

Ada banyak pilihan bahan dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau. Untuk menekan biaya, Anda bisa menghindari harga mahal dan mencari alternatif lain yang harganya lebih terjangkau.

Sebagai contoh, saat Anda mencari material untuk lantai, Anda bisa memilih JT vinyl untuk material lantai yang berkualitas dan memiliki nilai estetika tinggi. (Klik disini unutk pemesanan)

4. Beli Bahan Bangunan Langsung Dari Supplier

bahan bangunan
bahan bangunan

Tips lain untuk menghemat saat membangun adalah dengan membeli material langsung ke supplier bahan bangunan yang telah terbukti kredibilitasnya. Seperti misalnya isibangunan.com.

Isi bangunan adalah penyedia bahan bangunan terbaik yang menyediakan berbagai pilihan material bangunan berkualitas dengan harga yang terjangkau, termasuk di antaranya material lantaiĀ  JT vinyl. (Klik disini unutk pemesanan)

5. Beli Dalam Jumlah Banyak

Membeli bahan bangunan dalam jumlah banyak merupakan tips lain yang bisa Anda coba. Dengan membelinya sekaligus banyak, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh potongan harga.

Agar lebih efisien, usahakan untuk membelinya di satu supplier. Nah, isibangunan bisa menjadi pilihan karena menyediakan banyak stok material berkualitas, baik impor maupun lokal.

Sekali berkunjung, Anda bisa langsung mencari dan memenuhi kebutuhan material untuk proses pembangunan properti Anda. Praktis, bukan?

Yuk, coba terapkan tips-tips di atas untuk menghemat anggaran bahan bangunan rumah Anda.

Anda bisa mengunjungi langsung web resmi isibangunan atau menghubungi agen isibangunan melalui telepon atau WhatsApp dan bertanya secara langsung tentang ketersediaan barang atau bahkan meminta saran dan masukan untuk pemilihan berbagai material.

Please rate this