Sekarang ini, ada banyak sekali jenis material pelapis lantai. Selain keramik yang sangat umum digunakan di Indonesia, ada juga pelapis lantai berjenis vinyl. Material vinyl ini pun memiliki beberapa tipe. Salah satunya adalah SPC Flooring. SPC Flooring ini tergolong baru karena merupakan pengembangan dari material luxury vinyl tiles (LVT), jenis lantai vinyl yang sudah ada sebelumnya. Untuk lebih mengenal SPC Flooring ini lebih jauh, Anda dapat menyimak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu SPC Flooring?

SPC Flooring adalah istilah yang digunakan untuk menyebut lantai vinyl dengan komponen kalsium karbonat (biasanya dari batu kapur), bubuk PVC, serta stabilizer. SPC sendiri adalah singkatan dari stone plastic composite. Pelapis lantai SPC ini merupakan pengembangan dari versi luxury vinyl tiles (LVT).

Jika LVT menggunakan PVC sebagai inti sehingga memiliki hasil akhir yang cenderung lunak dan elastis, SPC justru sebaliknya. Inti SPC Flooring terbuat dari stone plastic composite sehingga hasil akhirnya pun kokoh dan kuat. Dengan begitu, lantai yang telah dilapisi SPC Flooring pun tidak mudah penyok atau rusak.

Struktur penyusun SPC Flooring

Untuk menghasilkan pelapis lantai yang kuat, SPC Flooring dibuat dengan menyusun beberapa layer atau lapisan sekaligus. Berikut ini layer yang yang umumnya digunakan pada SPC Flooring:

  • Lapisan terluar atau wear layer: lapisan terluar dari SPC. Berwarna bening transparan, terbuat dari bahan anti gores dan anti noda.
  • Lapisan vinil atau vinyl top coat: setiap SPC Flooring memiliki lapisan vinyl tepat di bawah lapisan terluarnya. Lapisan inilah yang memiliki warna, tekstur, atau pola (biasanya kayu atau marmer) untuk menambah estetika. Terbuat dari material yang tahan air.
  • Inti SPC: lapisan inilah yang merupakan inti dari SPC Flooring. Lapisan inti ini terbuat dari campuran kalsium karbonat (batu kapur), bubuk PVC, dan stabilizer untuk menghasilkan pelapis lantai yang stabil dan tahan air.
  • Lapisan tambahan: fungsinya untuk meredam suara atau meningkatkan kelembutan pada lantai. Tidak selalu ada pada SPC Flooring, bisa ditambah berdasarkan permintaan.

Keuntungan menggunakan SPC Flooring

SPC Flooring adalah generasi baru pelapis lantai. Ada beragam keuntungan dari SPC Flooring yang tidak mungkin Anda dapatkan pada pelapis lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan dari SPC Flooring dibanding pelapis lantai lain.

  • Tahan air: ketahanan terhadap air termasuk sebagai pertimbangan utama saat memilih pelapis lantai. Anda tentu ingin lantai tetap awet dan bebas lembap, bukan? SPC Flooring menawarkan tingkat tahan air yang tinggi. Dengan kandungan vinyl, SPC Flooring bisa dipastikan 100% tahan air.
  • Tetap stabil dalam perubahan cuaca: perubahan cuaca serta suhu terkadang membuat pelapis lantai berubah. Ada yang memuai karena panas, bahkan ada juga yang rusak karena cuaca terlalu lembap. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi pada SPC Flooring. Gabungan antara kalsium karbonat, PVC, serta stabilizer membuat pelapis lantai ini tetap stabil dalam perubahan cuaca apa pun.
  • Perawatan mudah: untuk menjaga agar SPC Flooring tetap awet, Anda tidak perlu melalui proses yang rumit. Cukup dengan metode pembersihan sederhana seperti menyapu dan mengepel saja.

SPC Flooring adalah pelapis lantai yang merupakan versi “upgrade” dari pelapis lantai LVT. Sebagai versi yang lebih baru, SPC Flooring memiliki beragam keunggulan yang sulit ditemukan pada pelapis lantai lainnya. Jika Anda sedang membangun atau merenovasi rumah, SPC Flooring ini dapat dijadikan pertimbangan untuk pelapis lantai. Dapatkan SPC Flooring untuk rumah Anda hanya di ISI Bangunan!

Please rate this