Jadikan Ruang Tamu Lebih Nyaman dengan Wallpaper Dinding Minimalis

2018-10-02T11:36:24+00:00September 10th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Ruang tamu bagi sebuah rumah memiliki arti penting. Ruang tempat menyambut tamu menjadi representasi dari keseluruhan rumah. Bahkan dapat menjadi cermin kepribadian dan selera pemilik rumah. Ruang tamu harus memberikan kesan ramah, nyaman, dan tidak membosankan sehingga tamu betah berada di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian khusus terhadap desain interiornya. Sebagai alternatif cat dinding, Anda bisa memilih wallpaper dinding minimalis untuk menghasilkan kenyamanan di ruang tamu.

Dibandingkan cat dinding, wallpaper memiliki tampilan yang lebih menarik dengan beraneka motif. Wallpaper juga mempunyai fungsi ganda untuk menutup kecacatan pada dinding dengan sempurna, misalnya retak atau noda yang sulit dihilangkan. Wallpaper untuk ruang tamu minimalis dapat Anda pilih dengan beberapa kriteria meliputi bahan, warna, dan corak.

Bahan Wallpaper Dinding Minimalis untuk Ruang Tamu

Bahan Wallpaper Dinding Minimalis untuk Ruang Tamu - Jadikan Ruang Tamu Lebih Nyaman dengan Wallpaper Dinding Minimalis - pinterest.com

wallpaper dinding minimalis – image : pinterest.com

Wallpaper umumnya dibuat dari bahan vinyl, textile, dan foil. Jika Anda menginginkan bahan yang mudah dibersihkan, pilihlah bahan vinyl. Bahan ini juga mudah dalam perawatannya serta tahan terhadap udara yang lembap.

Sementara, wallpaper berbahan kertas dan foil bersifat tipis, mudah sobek, dan sulit dibersihkan, sehingga tidak direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan wallpaper awet. Wallpaper dari bahan textile juga tidak disarankan karena perlu keterampilan khusus dalam memasangnya, serta sulit dari segi perawatan.

Sebaiknya Anda tidak memilih wallpaper permanen, supaya dapat menggantinya jika bosan dengan warna atau motif tersebut.

Motif Wallpaper Dinding Minimalis Ruang Tamu

Motif Wallpaper Dinding Minimalis Ruang Tamu - Jadikan Ruang Tamu Lebih Nyaman dengan Wallpaper Dinding Minimalis - Wall2Wallpaper.com

wallpaper dinding minimalis – image : Wall2Wallpaper.com

Sesuaikan motif wallpaper dinding minimalis dengan tema ruang tamu Anda untuk menghasilkan kombinasi yang serasi.

Untuk ruang tamu minimalis, cobalah menggunakan wallpaper dengan motif besar seperti pepohonan dan bunga. Dapat juga memilih wallpaper dengan warna monokrom beraksen metalik. Agar kesan minimalis dalam ruangan terlihat lebih mencolok, gunakan motif wallpaper yang digunakan hanya untuk bagian bawah atau atas saja. Motif tersebut akan menghindarkan kesan terlalu ramai. Di samping harga wallpaper yang lebih murah dibandingkan motif yang lain.

Tak hanya motif, perhatikan juga pemilihan warna dasar desain wallpaper dinding ruang tamu. Untuk ruang tamu minimalis, sebaiknya tidak menggunakan warna-warna gelap agar tidak terkesan pengap dan sempit. Sebaliknya, pilihlah warna cerah dan hangat, terutama jika ruangan tidak mendapat sinar matahari terlalu banyak.

Sesuaikan juga warna dengan perabotan di ruang tamu. Jika Anda sulit menemukan warna wallpaper dinding, gunakan saja warna netral yang dapat dikombinasikan dengan warna apa pun. Yang paling penting, jangan sampai warna dan corak wallpaper mengalahkan perabot sehingga kombinasinya tidak seimbang.

Cara Pemasangan Wallpaper Dinding Minimalis

Cara Pemasangan Wallpaper Dinding Minimalis - Jadikan Ruang Tamu Lebih Nyaman dengan Wallpaper Dinding Minimalis - diyinspired.com

wallpaper dinding minimalis – image : diyinspired.com

Cara pemasangan wallpaper juga berpengaruh terhadap tampilan ruangan. Apabila Anda memilih wallpaper bergaris, sebaiknya dipasang pada salah satu sisi dinding. Begitu pula untuk wallpaper berwarna gelap atau mempunyai motif berupa gambar yang besar. Wallpaper dengan motif seperti ini cocok dijadikan aksen, tetapi tidak cocok jika diaplikasikan pada keseluruhan dinding.

Motif tersebut dapat memberikan keseimbangan jika dipadukan dengan warna dinding yang senada atau satu tema. Jika menginginkan suasana tenang dan segar, disarankan Anda memilih warna biru atau hijau.

Warna wallpaper ruangan dapat memengaruhi suasana hari siapa saja yang ada di dalamnya. Sehingga perlu memilih dengan cermat. Demi menghindari kesan ruang tamu sempit, sebaiknya tidak memilih wallpaper dengan warna gelap untuk seluruh ruangan.

 

 

Demikian cara memilih dan menerapkan wallpaper dinding minimalis di ruang tamu rumah Anda. Jika memasangnya sendiri, lakukan pemasangan dengan teliti agar bagian pola atau motif yang terpotong tidak terlihat mencolok. Akan lebih baik jika menggunakan jasa pemasangan wallpaper untuk melapisi dinding ruang tamu minimalis Anda untuk hasil yang sempurna.

 

Komentar

Leave A Comment