Wallpaper Dinding 3D, Dekorasi Artistik untuk Interior Rumah Anda

Lebih dari sekadar variasi warna, motif, dan corak seperti kertas dinding biasa, wallpaper dinding 3D memberikan nuansa dekoratif yang baru dengan kehadiran partisi atau lapisan dinding yang motifnya memiliki tekstur serta profil tertentu. Jenis wallpaper ini merupakan suatu terobosan dalam dunia desain interior yang bisa membuat bagian dalam rumah Anda kian terlihat artistik dan menarik.

Selain sebagai unsur dekoratif di dalam rumah, wallpaper dinding 3D juga bisa diaplikasikan untuk mendekorasi bangunan lainnya, seperti rumah sakit, restoran, kafe, maupun gedung perkantoran. Ruangan apa pun yang menggunakan kertas dinding bermotif timbul ini akan tampil lebih istimewa.

Mengapa Harus Wallpaper Dinding 3D?

Mempercantik rumah bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi mereka yang tinggal di dalamnya, dan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan wallpaper dinding 3D. Selain karena unsur estetika yang terkandung di dalamnya, di bawah ini adalah sejumlah alasan mengapa jenis wallpaper bermotif dan bercorak timbul ini lebih unggul dibandingkan kertas dinding biasa.

Dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup

Alicdn.com

Alicdn.com

Penggunaan wallpaper dinding 3D pada ruangan di dalam rumah Anda mampu mempertegas nuansa dekoratif di dalam ruangan tersebut. Hasilnya, ruangan Anda pun akan terlihat lebih hidup dan bebas dari kesan monoton dan membosankan.

Dapat disesuaikan dengan berbagai tema dan gaya desain interior

Etsystatic.com

Etsystatic.com

Karena memiliki beragam motif dan pola, serta dipadukan dengan tekstur timbul yang juga bermacam-macam, Anda dapat memilih wallpaper dinding 3D yang sesuai dengan tema dan gaya desain interior yang diusung dalam ruangan rumah Anda. Motif apa pun yang Anda pilih tetap bisa mendukung serta menyempurnakan gaya interior yang diterapkan.

Pemasangannya yang mudah dan praktis

Homeesaffron.com

Homeesaffron.com

Keuntungan lain saat menggunakan kertas dinding adalah pemasangannya yang relatif lebih praktis dibandingkan dengan aplikasi cat tembok. Wallpaper bahkan dapat dipasang sendiri tanpa menggunakan tenaga ahli. Bahan penyusun kertas dinding yang berkualitas juga dapat membantu memudahkan pemasangan.

Mampu melindungi dinding tetap bersih

Alicdn.com

Alicdn.com

Wallpaper dinding 3D memiliki tingkat ketebalan yang lebih tinggi. Hal ini menjadi suatu keuntungan tersendiri karena jenis kertas dinding ini menjadi tidak mudah ditembus kotoran maupun air. Selain itu, bagi Anda yang memiliki anak kecil atau balita yang masih senang bereksplorasi dengan mencoret-coret dinding ruangan, desain menarik dari wallpaper akan mencegah anak Anda untuk mengotori atau mencoret-coretnya.

Memiliki daya tahan yang lebih lama

image.11st.my

image.11st.my

Dibandingkan dengan cat dan kertas dinding biasa, wallpaper dinding 3D yang dipasang akan lebih awet dan memiliki daya tahan lebih lama. Jika cat atau kertas dinding biasa akan mulai mengelupas dalam jangka waktu pemakaian sekitar tiga tahun, kertas dinding 3D dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya.

Biaya yang relatif terjangkau

Amazon.com

Amazon.com

Meskipun memiliki berbagai keunggulan dan nilai artistik yang kaya, wallpaper dinding 3D ternyata tidak dipatok dengan harga terlalu tinggi. Biaya yang ditawarkan cukup terjangkau dan sebanding dengan keunggulan-keunggulannya. Dengan demikian, Anda pun bisa menyesuaikan anggaran mendekorasi rumah saat menggunakan jenis kertas dinding ini sebagai unsur pelengkap dan penghias ruangan.

Beberapa Material yang Digunakan sebagai Bahan Utama Wallpaper Dinding 3D

Kegunaan wallpaper dinding 3D bukan hanya menjadi kertas dinding dekoratif, tetapi juga bisa difungsikan sebagai wall covering atau pelapis dinding dengan partisi penyekat ruangan maupun partisi satu muka. Jenis wallpaper ini disusun dari material khusus yang membuatnya memiliki corak serta motif timbul yang beragam. Berikut adalah uraian singkat mengenai beberapa material utama yang digunakan dalam pembuatan kertas dinding tiga dimensi.

Read More :   Harga Wallpaper 3D & Jenis-Jenis Wallpaper 3D

MDF (Medium Density Fibreboard)

3d-wall-panel.co.uk

3d-wall-panel.co.uk

Bahan ini memiliki sifat permukaan yang halus dengan material-material penyusun yang terikat secara kuat. Hasilnya, MDF akan tahan terhadap berbagai perubahan suhu maupun cuaca. Wallpaper dinding 3D yang terbuat dari bahan ini tergolong lebih mahal dibandingkan material lainnya.

Vinyl

Alicdn.com

Alicdn.com

Vinyl merupakan material penyusun wallpaper yang paling umum digunakan. Material ini terkenal dengan durabilitas dan fleksibilitasnya yang tinggi. Salah satu keunggulan vinyl adalah sifatnya yang tahan lama karena material ini tahan terhadap debu, cipratan air dan minyak, bahkan suhu udara yang lembap. Wallpaper yang terbuat dari vinyl juga cukup mudah saat diaplikasikan pada dinding.

PVC (Polyvinyl chloride)

Alicdn.com

Alicdn.com

PVC merupakan material campuran plastik keras yang memiliki permukaan bertekstur. Keunggulan dari material ini adalah permukaannya yang tahan air, tahan panas, serta tidak mudah rusak jika terkena goresan. Selain itu, PVC memiliki pilihan motif serta tekstur yang sangat beragam.

Fiber plant

Art3d.com

Art3d.com

Fiber plant merupakan material yang ramah lingkungan karena terbuat dari serat-serat alami tumbuhan, seperti bambu, akar, daun, juga serta kelapa. Wallpaper berbahan dasar fiber plant ini sangat sesuai bagi Anda yang ingin mendekorasi interior ruangan dengan tema alam atau natural.

Akrilik

Alicdn.com

Alicdn.com

Terbuat dari campuran kaca dan plastik, akrilik adalah material yang awet digunakan karena memiliki ketahanan terhadap cuaca, bahan kimia, serta permukaannya pun tidak mudah retak. Wallpaper yang terbuat dari material ini juga mudah dirawat dan dibersihkan.

Dalam proses pembuatannya, wallpaper dinding 3D melalui sistem komputerisasi modern sehingga menghasilkan motif dan corak dinding yang sangat beragam.

Model dan Pola Wallpaper Dinding 3D

Berikut adalah sejumlah pilihan model wallpaper dinding 3D yang tersedia di pasaran.

  1. Albert Panel Dinding 3D, dengan tekstur bergelombang yang tersusun secara vertikal. Jenis panel ini cocok digunakan sebagai pelapis bagian dinding yang menjadi fokus utama dalam suatu ruangan.
  2. Amanda Panel Dinding 3D, memiliki tekstur dinding berbentuk oval yang cocok dipadukan sebagai unsur dekoratif untuk berbagai fungsi ruangan.
  3. Ariela Panel Dinding 3D, polanya berupa bentuk geometri persegi dan persegi panjang yang disusun secara bertumpuk. Tekstur acak dalam penyusunan bentuk geometri tersebut menampilkan kesan dinding yang hidup, apalagi jika dipadukan dengan furnitur atau pelengkap ruangan yang memiliki warna-warna terang.
  4. Aurther Panel Dinding 3D, yakni panel dengan model elegan yang tersusun dari bagian-bagian vertikal berbentuk persegi panjang. Di setiap bagiannya, terdapat pola segitiga acak dengan tekstur bergelombang.
  5. Aurther Gold Panel Dinding 3D, yang masih menampilkan unsur geometri, tetapi terlihat lebih menonjolkan fiturnya dengan warna kuning keemasan yang cerah. Tekstur panel 3D ini berupa bentuk-bentuk persegi yang disusun secara acak.
  6. Block Panel 3D, merupakan model klasik dengan pola garis penunjuk arah mata angin. Cocok digunakan sebagai pelapis dinding ruang keluarga atau ruang utama di dalam rumah.
  7. Camile Panel Dinding 3D, menampilkan tekstur tiga garis lengkung yang didesain dengan susunan saling bertolak belakang satu sama lain.
  8. Carlos Panel Dinding 3D, terdiri dari tekstur berbentuk oval dengan ukuran bervariasi yang saling menumpuk. Panel dinding ini hadir dengan warna hijau muda yang cerah dan terlihat menarik.
  9. Carploy Panel Dinding 3D, yakni model klasik lain yang menghadirkan pola dinding bertekstur dengan garis-garis vertikal tipis yang memisahkan bagian-bagiannya.
  10. Catherine Panel Dinding 3D, menampilkan bentuk-bentuk persegi yang bagiannya saling berkaitan dalam permukaan dinding berwarna kuning kecokelatan.
  11. EL Panel Dinding 3D, dengan tekstur gelombang-gelombang besar pada garis horizontal. Panel dinding model ini dapat diaplikasikan pada ruangan yang mengusung tema nuansa alam atau lautan, karena warna utamanya yang berwarna biru sangat mendukung tema interior tersebut.
  12. Flora Panel Dinding 3D, terdiri dari bilah-bilah berukuran sedang yang disusun secara horizontal. Meskipun terlihat sederhana, panel dinding ini menambah kesan stylish saat diterapkan pada dinding ruangan.
  13. Gaulite Panel Dinding 3D, memiliki model yang tidak jauh berbeda dengan Flora Panel Dinding 3D. Unsur pembeda panel dinding Gaulite dengan model panel tersebut adalah bilah-bilahnya yang memiliki ukuran beragam serta disusun secara asimetris.
  14. Gaileda Panel Dinding 3D, menampilkan pola garis-garis vertikal memanjang dalam warna putih yang elegan.
  15. Grace Panel Dinding 3D, terdiri dari susunan bentuk-bentuk geometri kecil yang sisinya saling berkaitan satu sama lain.
  16. Inreda Panel Dinding 3D, terdiri dari bagian-bagian berbentuk persegi dengan pola yang tersusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola lingkaran berlapis yang simetris.
  17. Jessica Panel Dinding 3D, terdiri dari susunan bilah-bilah berwarna cokelat tua yang disusun dengan sedikit jarak pada sisi-sisinya.
  18. Jiaoke Panel Dinding 3D, dengan unsur utama yang hampir sama dengan panel dinding Jessica. Yang membedakan model ini dengan panel dinding tersebut adalah susunan vertikal dari bilah-bilahnya.
  19. Julia Panel Dinding 3D, tersusun dari bentuk geometri diamond yang simetris sehingga menimbulkan aksen bunga cengkeh (clove) berdaun empat.
  20. Mourice Panel Dinding 3D, panel dinding yang menimbulkan kesan mewah pada ruangan dengan bentuk segitiga menunjuk ke arah bawah yang dipadukan dengan bentuk hati pada bagian atasnya.
  21. Olina Panel Dinding 3D, model panel dinding lain yang menggunakan bentuk clove berdaun empat. Namun, berbeda dari tekstur panel dinding Julia, model ini menampilkan bentuk lingkaran timbul dengan jarak dan ukuran yang lebih besar.
  22. Parallel Panel Dinding 3D, terdiri dari susunan garis-garis spiral berlapis yang membentuk lingkaran dalam warna ungu yang cerah.
  23. Stephen Panel Dinding 3D, dengan pola titik-titik timbul yang membuat dinding terlihat lebih dinamis.
  24. Wendy Panel Dinding 3D, merupakan model tradisional klasik yang mengadopsi pola-pola dinding pada bangunan-bangunan Eropa.
Read More :   Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri

Selain deskripsi model dan pola yang telah disebutkan di atas, Anda pun bisa memesan motif dan warna berbeda yang disesuaikan dengan selera serta keinginan sendiri. Karena diproses melalui sistem komputerisasi yang modern, pembuatan wallpaper dinding 3D dapat didesain khusus dengan motif-motif tertentu sesuai permintaan.

Panduan Memilih Wallpaper Dinding 3D Terbaik untuk Interior Rumah Anda

Agar tidak salah memilih produk wallpaper dinding 3D untuk interior rumah Anda, beberapa poin di bawah ini bisa dijadikan sebagai panduan.

Ukur dan tentukan luas ruangan yang akan dipasangi wallpaper

Selain untuk memudahkan Anda saat memesan kertas dinding yang diinginkan, mengukur luas ruangan yang akan dipasangi wallpaper juga berguna untuk menentukan motif serta pola yang sesuai. Ruangan yang tidak terlalu luas, misalnya, cocok disandingkan dengan pola berdimensi horizontal. Untuk ruangan yang luas, warna-warna hangat seperti krem dan cokelat pantas dipilih karena akan menghadirkan kesan nyaman bagi orang yang berada di dalamnya.

Sesuaikan motif wallpaper dengan ruangan yang akan didekorasi

Tentukan terlebih dahulu ruangan mana yang akan dipasangi wallpaper, lalu pilihlah motif yang sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Sebagai contoh, ruang tengah tempat seluruh anggota keluarga berkumpul akan lebih cocok jika menggunakan motif dan corak yang berwarna terang. Sementara itu, untuk ruang tidur, wallpaper yang dipilih harus memiliki fitur yang tidak terlalu mencolok sehingga bisa membuat waktu istirahat menjadi lebih nyaman.

Read More :   Alasan Memilih Panel Wallpaper Dinding 3 Dimensi

Sesuaikan pola wallpaper dengan konsep desain interior yang ingin diusung

Selain menyesuaikan wallpaper dengan luas serta fungsi ruangan, menyesuaikan motif kertas dinding dengan konsep desain interior yang Anda terapkan di dalam rumah juga tidak kalah penting. Memadukan motif serta corak wallpaper dinding 3D dengan furnitur dan unsur dekorasi lainnya dalam satu desain yang sama akan menambah nilai estetika di ruangan tersebut sekaligus membuat Anda semakin betah mendiaminya.

Pilihlah bahan wallpaper yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda

Setiap material wallpaper memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum menentukan untuk memesan atau membeli wallpaper yang diinginkan, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu kualitas wallpaper dari material penyusunnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kertas dinding yang tidak hanya menjadi penghias interior rumah, tetapi juga bisa mendukung kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah.

Harga Wallpaper Dinding 3D

Harga wallpaper dinding 3D ditentukan berdasarkan sejumlah pertimbangan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan harga adalah ukuran yang dipesan, bahan yang digunakan untuk membuat lapisan bertekstur, motif yang dipilih, jenis finishing, serta tingkat kesulitan yang dialami dalam proses pembuatannya.

Kertas dinding jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran, dari ukuran terkecil 122 cm x 244 cm, ukuran sedang 500 cm x 500 cm, serta ukuran terbesar 625 cm x 800 cm. Adapun ketebalannya terdiri dari ukuran 1,5 mm, 2, 5 mm, 8 mm, hingga 15 mm.

Harganya sendiri berkisar antara Rp450.000-3.000.000. Sementara itu, untuk harga per meter, nominal yang dipatok adalah Rp235.000. Harga juga dapat bervariasi, tergantung pada motif dan bahan yang dipesan.

Di Mana Mencari Wallpaper Dinding 3D Berkualitas Tinggi?

Anda yang tertarik menghias rumah dengan dekorasi unik nan artistik dari wallpaper dinding 3D dapat mengakses situs www.isibangunan.com dan memilih model, tekstur, serta pola kertas dinding 3D yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Anda pun bisa mengunjungi toko importir bahan bangunan PT Lumbung Kemakmuran Bersama yang terletak di tiga titik utama di Kota Jakarta, yakni di Jalan Raya Mampang Prapatan 24D, Jalan Raya Kembangan Nomor 72, dan di Jalan Raya Kesenian Blok J Nomor 15.

PT Lumbung Kemakmuran Bersama adalah penyedia bahan-bahan bangunan impor terbaik dan tepercaya yang memiliki beragam pilihan model wallpaper dinding 3D dengan harga murah, namun tetap berkualitas. Importir bahan bangunan resmi ini juga menawarkan kemudahan dalam proses pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman produk yang dipesan langsung ke alamat Anda.

Demikian ulasan mengenai serba-serbi wallpaper dinding 3D, salah satu unsur dekorasi interior yang menghadirkan kesan artistik dan menarik saat diterapkan pada ruangan rumah Anda.

Leave a Reply