Tips Sederhana Membersihkan Lantai Kayu

Terdapat banyak unsur dalam rumah yang harus dibersihkan secara rutin salah satunya ialah lantai. Lantai adalah bagian yang rentan terhadap kuman dan kotoran sehingga dengan rutin membersihkan lantai sama halnya anda telah menjaga rumah anda bebas dari kotoran dan kuman.

Pembersihan lantai rumah tergantung pada material lantai rumah tersebut, namun secara garis besar tahapan pembersihannya sama. Pada artikel kali ini kami akan membatasi untuk mengulas hanya mengenai pembersihan lantai dari kayu. Jika salah satu dari anda menggunakan kayu sebagai bahan material lantai rumah, maka anda wajib untuk melihat bagaimana tips membersihkan lantai kayu, berikut ulasannya :

a) Sapu Lantai Secara Teratur

Agar lantai kayu anda terlihat selalu bersih maka lakukanlah pembersihan umum seperti sapu lantai anda setiap hari agar bebas dari debu. Pada saat menyapu gunakanlah pel kering atau anda dapat juga menggunakan vacuum cleaner. Hindari menggunakan sapu dari jerami karena bulu jerami akan membuat lantai kayu tergores. Sapu lantai sesuai arah kayu untuk memastikan seluruh debu terangkat dengan sempurna.

Read More :   Ulasan Mengenai Harga Granit dan Keunggulannya

b) Bersihkan Cairan Yang Tumpah Segera

Jika ada cairan yang tumpah mengenai lantai maka jangan tunda untuk membersihkannya, lakukanlah dengan segera. Gunakan spons basah yang lembut untuk membersihkan noda lalu lap dengan kain kering agar lantai tidak lagi basah.

c) Pembersihan Lanjut

Setidak selama 1 bulan sekali anda wajib melakukan pembersihan lanjut terhadap lantai kayu tersebut. Cara mengepel lantai dari kayu sama dengan lantai pada umumnya, namun jangan menggunakan kain pel yang kasar agar lantai tidak tergores.

  1. Lakukan pel lantai secara menyeluruh menggunakan air hangat. Mengapa air hangat? Agar tidak meninggalkan goresan pada bagian lantai, ingat untuk menggunakan kain pel yang lembut.
  2. Lantai kayu tidak boleh dibiarkan tergenang air terlalu lama itu artinya setelah anda mengepel lantai kayu secara keseluruhan menggunakan pel basah, hal selanjutnya selanjutnya anda perlu anda lakukan ialah mengeringkan lantai tersebut, anda dapat menggunakan kain microfiber.
  3. Sebagai bahan tambahan anda dapat menambahkan sabun lembut atau shampoo bayi didalam air, disarankan untuk tidak menggunakan bahan kimia agar tidak merusak lapisan lantai dari kayu tersebut.
Read More :   Fakta Wallpaper Lantai Motif Kayu Vinyl

Temukan material lantai dengan beragam tipe dan varian hanya di isibangunan.com.

Leave a Reply