Apakah Anda mendambakan rumah dengan taman yang indah serta menarik? Pastinya, pengolahan tata letak pada taman tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal.  Anda tidak bisa melakukan dengan sembarangan bahwa pot yang satu diletakan di sini atau di sana.

 

Untuk memberikan kesan yang menarik pada dekorasi tata letak taman Anda, Anda bisa baca tips berikut ini untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum Anda membaca artikel ini, pastikan Anda telah mengetahui berbagai jenis dekorasi taman dengan masing-masing nama yang indah yang bisa Anda terapkan untuk taman di rumah Anda.

 

Simak tips berikut ini.

 

Peletakkan tanaman hias di sudut taman

Jika Anda memiliki luas taman yang cukup kecil, Anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan tanaman hias di setiap sudut taman Anda.  Hal ini bisa menunjukkan bahwa taman Anda terlihat luas  walau sebenarnya memiliki ukuran yang kecil.

 

Dengan meletakkan tanaman hias di sudut taman Anda, hal ini juga akan menunjukkan kesan yang estetik untuk dipandang mata.

 

Penambahan elemen batu berwarna putih

Jika Anda bosan dengan warna hijau dan merasa monoton sekali, Anda bisa menambahkan batu-batuan kerikil berwarna putih sebagai hiasan di taman Anda agar lebih memperlihatkan keindahan yang mencolok. Batu-batu tersebut juga bisa Anda gunakan untuk keperluan terapi berjalan di atasnya.

 

Tambahkan tanaman gantung

Untuk Anda yang merasa kebingungan dengan peletakkan pot yang banyak, Anda bisa menggunakan pot gantung untuk menambahkan keindahan di taman Anda. Sehingga taman yang Anda miliki akan memberikan kesan kesederhanaan yang bagus.

 

Adan banyak juga jenis tanaman gantung yang bisa Anda beli. Pilihlah pot yang kecil agar tidak terlalu berat dan tidak mudah jatuh suatu saat.

 

Jadikan taman Anda sebagai tempat bersantai

Setelah melakukan aktivitas seharian, mungkin Anda bisa memanfaatkan taman Anda untuk bersantai sejenak menenangkan pikiran. Cukup dengan memberikan furnitur tambahan seperti meja dan kursi di taman Anda, Anda sudah bisa bersantai dengan nyaman di sana. Hal ini juga tentunya akan membuat Anda betah dengan taman Anda yang sederhana.

 

Membangun taman ala Jepang

Taman ala Jepang identik dengan rerumputan, pohon, semak-semak, dan bebatuan. Gaya taman ini bisa diterapkan pada taman depan rumah karena elemen-elemennya sangat sederhana. Suasana yang tercipta dari taman ala Jepang ini sangat asri dan damai.

 

Air terjun buatan untuk taman yang asri

Taman depan rumah harus disesuaikan dengan menggunakan dekorasi taman yang digunakan. Saat ini sudah tersedia air terjun buatan dalam berbagai ukuran dan tingkatan. Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan ukuran taman.

Sebaiknya, air terjun ini diletakkan di sudut taman. Agar tidak terlihat terlalu ramai dan menutupi pesona air terjun, tanamlah bunga-bunga yang kelopaknya berukuran kecil dalam berbagai warna. Jika memungkinkan, letakkan lampu taman di dekat kolamnya agar air terjun ini tetap menawan di malam hari.

Kolam di taman kecil

Siapa bilang hanya taman berukuran besar saja yang boleh memiliki kolam? Taman depan rumah juga berhak untuk memiliki kolam. Hanya saja kamu harus memperhatikan ukurannya.

Buatlah sebuah kolam dengan model air mancur favoritmu yang diisi dengan air dan teratai. Jika memungkinkan untuk membuat sistem pengairan, kamu bisa memelihara ikan kecil di sini, misalnya membuat kolam ikan koi.

Setelah kolam terisi, hiasilah sekeliling kolam dengan bunga warna-warni. Jangan lupa sebarkan bebatuan kecil untuk mencegah tanah menjadi becek akibat cipratan air kolam.

Ubah teras depan rumah menjadi taman

Taman tidak selalu harus berada di area yang terbuka, bagian teras rumah yang beratap pun bisa disulap menjadi sebuah taman depan rumah. Caranya bukan dengan membongkar lantai teras supaya bisa ditanami bunga-bunga, melainkan dengan meletakkan pot-pot bunga di lantai teras.

 

Agar penampilan teras terlihat cantik, pilihlah bunga dengan kelopak besar dan warna yang senada dengan eksterior rumah, misalnya bunga anyelir atau sepatu. Saat malam tiba dan lampu teras dinyalakan, bunga-bunga pun tetap terlihat indah.

 

Jalan setapak di taman

Memiliki taman yang kecil dan sederhana memang menyenangkan. Tapi, coba bayangkan jika di taman Anda terdapat jalan setapak yang terhubung dengan teras rumah Anda. Membuat jalan setapak ini akan sangat memperindah bagian taman Anda yang kecil dan terlihat sumpek.

 

Anda bisa menambahkan elemen lantai bebatuan untuk membuat jalan setapak di taman Anda.

 

Nah itu adalah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk melakukan dekorasi pada taman Anda. Jika Anda yang baru memulai untuk membuat taman yang sederhana, Anda bisa menggunakan tips-tips tersebut dengan baik. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki keuangan yang cukup untuk membangun sebuah taman impian Anda.

 

Taman yang segar dan indah akan memberikan kesan yang rapi terhadap rumah Anda. Selain itu, peran taman memang sangat bagus untuk memperbanyak oksigen di dalam rumah Anda.

 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan suatu dekorasi, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak kami di isibangunan.

 

Jika Anda masih kebingungan dengan tulisan ini, Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan pihak kami secara langsung maupun online.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this