Anda ingin menghias lantai dengan keindahan tekstur kayu? Tidak harus menggunakan lantai kayu asli atau parket. Karena Anda bisa menggantinya dengan lantai vinyl bermotif kayu. Tampilannya begitu sempurna dan realistis sangat mirip dengan kayu sungguhan. Agar tidak salah memilih produknya, inilah rekomendasi merk vinyl yang bagus.

Alternatif Pengganti Lantai Kayu

Vinyl flooring diproduksi dari bahan dasar PVC atau Poly Vinyl Chloride. Produk inovatif ini dilengkapi dengan lapisan anti gores. Itulah kenapa pelapis lantai ini lebih terlindungi dari risiko gesekan berbagai benda keras, seperti perabotan. 

Kenapa material PVC diklaim sangat unggul sebagai bahan baku pelapis lantai? Hal itu karena PVC sudah terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik. Meskipun handal, produk dekorasi lantai ini tetap dibanderol dengan harga tetap terjangkau. 

Motif dan warna yang dihadirkan juga sangat cantik. Terlihat begitu elegan dan mewah. Sehingga bisa menghadirkan keindahan yang sempurna, meskipun diaplikasikan pada hunian atau bangunan dengan konsep sederhana. Penampilan setiap desainnya sangat mirip dengan tekstur kayu asli. Bagi yang awam pasti tidak akan menyangka, kalau sebenarnya terbuat dari bahan sintetis.

Seperti diketahui harga material kayu sangat mahal, dan harganya kian menanjak setiap waktu. Jadi kalau ingin menerapkan kayu asli sebagai bahan lantainya, maka harus menyiapkan anggaran sangat besar. 

Karena itu bila Anda ingin mendekorasi lantai dengan ornamen kayu, tapi tidak ingin terbebani harga yang sangat tinggi, maka sebagai alternatifnya Anda bisa mengadalkan lantai vinyl. Harga jualnya dijamin lebih ekonomis, tapi tetap berkualitas sehingga bisa diandalkan. 

Mengenal Jenis Lantai Vinyl

Setidaknya ada tiga macam lantai vinyl yang beredar di pasaran sekarang ini. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Sehingga Anda bisa menyesuaikan pembeliannya berdasarkan kebutuhan. Jangan lupa untuk memilih merek yang sudah terbukti handal. Nah, apa saja ketiga jenis vinyl flooringnya?

  • Lantai vinyl roll atau gulungan

Masyarakat biasanya menyebut jenis lantai vinyl ini dengan karpet vinyl. Bentuknya memang mirip dengan karpet, namun sangat berbeda jauh bahan dasar pembuatannya. 

Vinyl roll hadir dengan tingkat kelenturan sangat tinggi. Karena itu, produk pelapis lantai ini bisa digulung tanpa terlihat pecah pada permukaannya. Kalau dibandingkan dengan model lainnya, vinyl gulungan ini terbilang lebih sulit untuk pemasangannya. Namun, bicara hasil tetap tidak kalah dengan jenis lantai vinyl lainnya. 

Bentuk vinyl roll lebih besar, sehingga jarang terdapat sambungan setelah diaplikasikan. Oleh karena itu, hasil pemasangannya begitu cantik dan sempurna. Anda bisa mengaplikasikan pelapis lantai ini di segala bangunan, seperti rumah tinggal, apartemen, perkantoran, sekolah, rumah ibadah, rumah sakit dan lain sebagainya.

Untuk rumah sakit yang memerlukan tingakt steril sangat tinggi juga bisa mengandalkan produk lantai vinyl. Produk tersebut akan dilengkapi dengan lapisan anti bakteri, anti jamur dan tetap aman bila terpapar bahan kimia. Sehingga pelapis lantai ini sangat ideal untuk diaplikasikan pada lantai bangunan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik kesehatan, puskesmas atau laboratorium. 

Biasanya produk lantai vinyl roll memiliki ukuran panjang hingga 25 meter. Sedangkan untuk lebarnya sekitar 2 meter. Untuk pembeliannya, ada toko yang menawarkan harga per roll tapi ada juga yang mematok harga per meter. 

  • Lantai vinyl plank

Sesuai namanya, bentuk dari lantai vinyl plank adalah lembaran layaknya kayu papan. Setiap produsen meluncurkan dimensi atau ukuran produk yang berbeda-beda. Namun pada umumnya dirancang dengan panjang antara 90-100 centimeter. Untuk lebarnya antara 10-20 centimeter. Sedangkan untuk ketebalannya berkisar 2-3 milimeter. 

Nah, untuk jenis permukaannya terdapat dua macam di pasaran. Kedua jenis itu adalah non embossed dan embossed. Lantai vinyl plank jenis embossed memiliki tekstur pada permukaannya. Jadi mirip urat kayu sunggulan, sehingga lantainya tidak licin.

Sedangkan untuk permukaan lantai non embossed dibuat lebih halus dan licin. Tujuannya agar setelah diaplikasikan akan lebih memudahkan dalam proses perawatannya. Karena lebih mudah dibersihkan dengan peralatan sederhana. Jadi, manakah model yang terbaik, sangat tergantung dari kebutuhan Anda. 

  • Lantai vinyl tile

Jenis vinyl flooring yang ketiga ini bentuknya mirip lantai keramik. Jadi bentuknya persegi empat, dengan panjang dan lebar yang sama. Varian motif, ukuran dan ketebalnya sangat beragam di pasaran. Dibandingkan dengan jenis lantai vinyl roll, vinyl tile lebih mudah dalam proses instalasinya.

Lantai vinyl tile sangat mudah ketika pemasangan dan pembongkarannya. Pemasangannya tinggal membutuhkan perekat atau lem. Sehingga lebih cepat proses instalasi pelapis lantainya. Kecuali kalau Anda akan memanfaatkan pelapis lantai tersebut secara permanen. Maka pengguanan lem baru dibutuhkan. 

Layaknya lantai keramik, vinyl tile ini juga dijual dalam kemasan kardus atau box. Masing-masing kemasan bisa berbeda-beda isi kepingannya. Sebab tergantung dari ukuran dan produsen lantai vinylnya. Jadi produk vinyl flooring ini tidak dijual dalam hitungan per meter atau per roll. 

Jadi, kalau terpadat satu bagian lantai vinyl yang rusak dan harus segera diganti, Anda bisa melepasnya dan memasang dengan produk baru. Untuk itu, sebagai jaga-jaga bila terjadi kerusakan, maka sangat disarankan untuk membeli produk cadangan. 

Nah, itulah tiga jenis produk vinyl flooring yang beredar di pasaran. Pada dasanya, setiap produk yang diluncurkan memiliki tingkat keunggulan masing-masing. Sebab produsennya juga meluncurkan produk dari kualitas biasa hingga yang premium. Sehingga sangat wajar bila berpengaruh terhadap harga jualnya. 

Hanya memilih produk berkualitas bagus adalah cara terbaik, agar pelapis lantai yang terpasang lebih awt dan tahan lama. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, namun Anda bisa menikmati keuntungan lebih. Kalau Anda cermat bisa juga memperoleh produk bermutu bagus, tapi dengan harga lebih bersaing. 

Masih Ragu Menggunakan Lantai Vinyl?

Produk lantai vinyl adalah alternatif bahan dekorasi lantai inovatif, yang didesain dengan tampilan elegan dan diproduksi dengan bantuan teknologi canggih. Bahan dasar yang digunakan pun terbukti sangat handal. Sehingga mampu menghadirkan produk inovatif, berkualitas, aman, kaya desain mewah dan harga yang tetap ekonomis. 

Mungkin tidak semua orang mau menggunakan produk pelapis lantai ini. Namun, biasanya karena mereka belum mengetahui keunggulannya. Padahal produk dekorasi lantai ini semakin populer di masyarakat. Berkat kelebihan yang dimilikinya. 

Kalau dibandingkan dengan lantai kayu, permukaan lantai vinyl terbilang lebih halus. Dengan begitu, tampilannya lebih cantik dan lebih mudah dalam pemeliharaannya. Karena paparan debu, noda dan kotoran jadi lebih mudah terlihat dan semakin gampang untuk dibersihkan.

Sensasi berbeda akan dirasakan, ketika kaki menginjak lantai vinyl. Kenyamanan begitu sangat terasa. Hal itu karena produk ini dilengkapi dengan lapisan busa atau kain untuk bagian bawahnya. Kelebihan ini membuat Anda tidak cepat lelah, meskipun sering berjalan di dalam rumah. 

Tekstur lantai vinyl juga sangat lembut. Sehingga tidak mudah rusak, lebih fleksibel dan memudahkan dalam proses pemasangannya. Karena lebih mudah untuk dipasang, maka waktu pengerjaan instalasi lantainya juga tidak memakan banyak waktu.

Lantai vinyl juga terkenal memiliki tampilan yang sangat memikat. pilihan warna, motif atau coraknya begitu banyak. Anda bisa memilih warna terang atau gelap tergantung dari kesan apa yang ingin diciptakan di dalam ruangan. 

Sebagian besar motif lantai vinyl adalah menampilkan keindahan tekstur kayu atau bebatuan alam. Tampilan motifnya begitu realistis, sehingga terlihat seperti material kayu atau bebatuan sungguhan. Setiap produsen meluncurkan varian warna dan motif yang bervariatif. Anda bisa memilih yang dianggap sesuai dengan selera atau keinginan. 

Banyaknya pilihan desainnya memudahkan Anda dalam memadukannya dengan elemen interior lainnya, seperti dinding dan perabotannya. Termasuk menyesuaikan motif dan warnanya dengan gaya desain ruangannya. 

Kehebatan lainnya dari produk pelapis lantai ini adalah daya tahannya. Dengan banyaknya keunggulan yang dimilikinya, seperti lapisan anti gores, tahan air, tahan panas, tidak menjalar api, anti rayap, anti jamur dan sebagainya, maka menjadikan ketahanan lantai vinyl sangat handal.

Itulah kenapa produsen lantai vinyl mengklaim kalau produknya mampu bertahan hingga pemakaian 10-15 tahun. Rentang waktu ini sangatlah lama, sehingga penggunaan lantai vinyl semakin direkomendasikan. Karena produknya sangat awet, maka Anda bisa sekaligus menghemat banyak uang. 

Nah, dengan segudang keunggulan dari lantai vinyl, apakah Anda masih ragu untuk menggunakannya? Kalau mulai tertarik untuk memanfaatkannya, pastikan hanya menggunakan produk dengan merk vinyl yang bagus. Jangan terlalu khawatir dengan harganya, karena tetap ekonomis. 

Pastikan Lantai Sudah Layak Didekorasi, Inilah Kriterianya

Pada dasarnya lantai vinyl bisa diaplikasikan di seluruh jenis lantai. Namun, Anda harus memahami kondisi lantainya. Hanya lantai dalam kondisi layak saja yang bisa langsung dilapisi dengan produk vinyl flooring. Nah, untuk menambah pengetahuan, apa saja kriteria lantai yang bisa langsung dihiasi dengan lantai vinyl?

  • Lantai plesteran sudah dalam kondisi halus

Kalau Anda ingin langsung mengaplikasikan vinyl flooring pada lantai plesteran atau lantai semen, maka pastikan kondisi permukaannya sudah sangat halus. Selain itu, permukaannya juga tidak terdapat retakan, dan tidak bergelombang. 

Jadi, kalau kondisi lantainya tergolong tidak sehat, maka Anda harus segera melakukan perbaikan terlebih dahulu. Sebab berbagai kondisi buruk tersebut, bisa membuat hasil pemasangannya tidak sempurna. Seperti daya rekat lem yang tidak kuat, dan tampilan yang kurang rata.

  • Pastikan lantai keramik dalam kondisi bagus

Prinsipnya sama dengan memasang vinyl flooring pada lantai semen. Tidak boleh terdapat kerusakan pada permukaan lantai keramiknya. Pastikan susunan keramiknya masih bagus, tidak ada yang pecah, retak, bergelombang dan kerusakan lainnya. 

  • Lantai kayu papan tidak bermasalah

Produk vinyl flooring juga bisa diaplikasikan pada lantai dari bahan kayu papan. Sama halnya dengan material lantai lainnya, kondisinya juga harus baik. Tidak terdapat kerusakan serius dan tidak renggang susunan antar papannya. Sehingga lantai vinyl bisa menempel dengan sempurna. 

  • Lantai jenis multyplex harus kuat

Selain bisa diaplikasikan pada lantai semen, lantai keramik dan lantai papan kayu, vinyl flooring juga bisa dimanfatkan untuk mendekorasi lantai berbahan multyplex. Pastikan kondisi lantainya sangat kuat dan tidak rusak, dengan ketebalan minimal 16 milimeter. 

Nah, jadi sangat jelas kalau Anda ingin mendekorasi lantai menggunakan vinyl flooring tidak harus membongkar lantai dasarnya. Asalkan masih dalam kondisi baik atau tidak terdapat kerusakan yang serius, Anda tidak perlu melakukan perbaikan. Anda bisa langsung memasangnya sendiri atau dengan bantuan tenaga ahli. 

Instalasi Sendiri atau Menggunakan Jasa Tenaga Ahli?

Saah satu dari keunikan produk vinyl flooring adalah mudah dalam pemasangannya. Sehingga bagi yang tidak berpengalaman sekalipun bisa memasangnya sendiri. Asalkan sudah dibekali dengan pengetahuan memadai untuk teknik pemasangan yang benar. Peralatan yang digunakan juga sangat sederhana, seperti lem, cutter, penggaris dan sebagainya.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, cara instalasi lantai vinyl roll memang lebih sulit dibandingkan dengan model vinyl plank dan vinyl tile. Untuk itu, lebih disarankan untuk menggunakan jasa tukang pasang lantai vinyl profesional. Apalagi kalau area pemasangannya cukup luas, seperti pada lantai rumah sakit, sekolah, gedung pertemuan, rumah ibadah, gedung olahraga, perkantoran dan bangunan besar lainnya.

Kalau masih digunakan pada skala rumah tinggal atau apartemen, mungkin Anda bisa mulai belajar memasang sendiri. Untuk itu, hitunglah luas lantainya dengan akurat. Agar bisa lebih pas dalam menentukan jumlah lantai vinyl yang harus dibeli.

Anda bisa memasang lantai vinyl roll sendiri, apalagi dengan jenis lainnya seperti vinyl tile dan vinyl plank yang lebih mudah cara instalasinya. Pilihlah warna dan motif yang tetap sesuai dengan konsep interiornya. Sehingga bisa dipadukan dengan elemen dekorasi lainnya. Dengan begitu, tercipta ruangan yang benar-benar cantik dan menginspirasi orang lain. 

Biaya jasa pemasangan lantai vinyl sangat bervariatif. Namun biasanya memiliki patokan harga yang sama. Harga tambahan bisa saja dikenaka kepada pelanggan, kalau lokasi pemasangannya relatif jauh. 

Agar hasil pemasangan vinyl flooringnya sempurna atau sesuai harapan, pastikan hanya menggunakan penyedia jasa terpercaya dan berpengalaman. Dengan begitu, bisa membantu instalasi lantai dengan benar dan lebih cepat proses pemasangannya. 

Jangan Salah Pilih! Inilah Rekomendasi Merek Lantai Vinyl Terbaik

Hasil pemasangan vinyl flooring sangat tergantung dari mutu produk dan proses pemasangannya. Jadi, jangan berharap produknya lebih awet dan tahan lama, kalau kualitasnya rendah. Jangan berharap juga kalau hasil pemasangannya sempurna, kalau tukan pasangnya tidak menerapkan teknik yang benar.

Jadi, mutu produk dan teknik pemasangan sangat penting untuk diperhatikan. Jangan terkecoh dengan penawaran harga produk dan jasa pemasangan lantai vinyl yang jauh di bawah harga pasar. Karena identik dengan kualutas produk dan pelayanan yang rendah.

Karena itu, teliti dalam memilih merek lantai vinyl sangatlah penting. Agar tidak keliru, Anda bisa langsung mengandalkan merek JT VINYL. Kenapa merek ini direkomenasikan? Sebab sudah terbukti memiliki kualitas yang sangat bagus, tetap aman bagi kesehatan, dan harganya tetap ekonomis. 

JT VINYL adalah merek vinyl flooring terbaik di Indonesia. 

JT VINYL diproduksi oleh SunYoung Chemical Co., Ltd di Korea Selatan. Merek lantai vinyl ini merupakan yang terbaik di Indonesia, karena sudah mendapatkan pengakuan berupa sertifikasi dari SCS Global Service, ISO 9001:2015, dan KS Certificate yang diberikan oleh Korean Standards Association.

Jadi Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas dan kemanan produknya.

Untuk mendapatkan produk bermutu tinggi ini pun sangat mudah. Anda bisa membelinya langsung di website IsiBangunan.com. Toko online ini dikelola langsung oleh importir dan distributor resmi JT VINYL. Jadi, sudah pasti Anda akan memperoleh produk original dan berkualitas. Selain itu juga bisa menikmati harga yang sangat bersaing daripada produk sejenis.

Anda tidak hanya bisa mendapatkan merk vinyl yang bagus saja di IsiBangunan. Karena Anda juga bisa sekaligus membeli aneka produk dekorasi berkualitas lainnya, seperti wallpanel 3D, plafon PVC, wallpaper 3D dan sebagainya.

Please rate this