Meskipun termasuk alat yang kecil dan sederhana, kran selalu dipastikan ada dalam setiap bangunan untuk berbagai keperluan, khususnya rumah tangga. Kran air pada kamar mandi, dapur, atau halaman memiliki fungsi yang berbeda-beda. Orang pun sering menggunakan otomatis kran air untuk meningkatkan kemudahan penggunaannya.

otomatis kran air

livestrong.com

Mekanisme otomatis yang dimaksud berguna dalam menentukan terbuka atau tertutupnya kran air. Meski terlihat sederhana, otomatisasi ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, antara lain:

  • Penghematan waktu dan tenaga—alih-alih menunggu air di bak penuh, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang lebih penting.
  • Penghematan air—tidak jarang air meluap dan tumpah dari bak akibat pengguna lupa mematikan leding. Pemborosan ini tidak hanya mengurangi persediaan air pengguna ataupun membengkakkan tagihan, tetapi juga merugikan lingkungan.
  • Penghematan tagihan air—air tidak akan lagi mengalir sia-sia karena sudah teratasi dengan mekanisme kran otomatis. Pembayaran tagihan air pun dapat ditekan sehingga menjadi lebih murah.

Macam-Macam Otomatis Kran Air

otomatis kran air

sea.banggood.com

Ada beberapa macam otomatis kran air yang telah diperkenalkan di pasaran. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

PELAMPUNG/BALON AIR. Otomatisasi ini menggunakan alat bantu serupa pelampung/balon yang bisa mengambang pada air. Ketika tempat penampungan kosong, balon akan menggantung pada kran sehingga saluran air terbuka.

Begitu air mulai memenuhi tempatnya, balon akan mengambang di permukaan sehingga perlahan-lahan saluran menutup, sampai berhenti sepenuhnya pada level air tertentu. Alat ini sangat cocok digunakan pada bak mandi dan tandon.

KRAN AIR DENGAN SENSOR. Membawa ke level yang lebih tinggi, otomatisasi kini juga menggunakan sensor. Alat pendeteksi yang digunakan pun terbagi menjadi dua macam.Pertama, untuk melihat level air. Sama seperti alat sebelumnya, sensor ini akan membuat kran air tertutup sendiri.

Kedua, untuk mendeteksi pengguna, seperti kran air yang banyak ditemukan di hotel dan mal. Air bisa mengalir dan berhenti sendiri saat tangan didekatkan dan dijauhkan dari kran.

KRAN AIR DENGAN Jenis otomatis kran air yang satu ini lebih memperhatikan fungsi waktu dibandingkan volume air yang dikeluarkan.

Mesin penghitung waktu yang terpasang bersama kran berfungsi untuk menentukan waktu terbuka atau tertutup secara berkala, sehingga pengguna tidak lupa untuk membuka dan menutup kran pada waktu-waktu tertentu. Jenis ini biasa digunakan pada kran penyiraman di taman atau irigasi di sawah.

Tips Memilih Kran Air Otomatis

otomatis kran air

trackingapps.org

Melihat beberapa contoh alat di atas, tentu Anda sudah mulai mendapat gambaran tentang bagaimana cara memilih kran air yang otomatis ini.

  1. Pertama-tama, Anda harus mengetahui kran air seperti apa yang sedang dibutuhkan. Apakah untuk bak mandi, mengisi tandon, atau menyiram tanaman? Apakah yang mekanik atau digital? Mengetahui hal ini, akan membuat Anda lebih cepat menemukan kran yang dicari.
  2. Anda harus memahami cara pasang, penggunaan, dan perawatan alat otomatisasi kran air ini. Alat yang berbeda memiliki perlakuan dan tingkat perawatan yang berbeda. Harga yang mengikuti pun sesuai dengan spesifikasi alatnya.
  3. Temukan supplier yang tepercaya dan bisa memberikan solusi atas permasalahan kran air Anda. Contohnya, Isibangunan.com bisa memberikan rekomendasi alat yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Itulah tips cermat dan sederhana dalam memilih otomatis kran air. Isibangunan.com siap membantu keperluan interior rumah Anda. Pastikan untuk menghubungi kami sekarang juga, bisa melalui telepon atau chat WhatsApp.

Please rate this