Mengenali Jenis Dinding Untuk Aplikasi WallPaper

Untuk menciptakan kesan dan suasana tertentu pada ruangan, pemasangan wall paper sering jadi solusi mudahnya. Beragamnya motif, corak, dan  warna dari wall paper memang beragam dan menjadi pilihan yang terbaik untuk membuat sebuah ruangan menjadi nyaman dan lebih enak dilihat. Selain itu, pemasangan wall paper juga dapat memanipulasi dan menutupi kekurangan pada dinding yang ada.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang sebuah wall paper untuk dinding ruangan tertentu. Seperti memilih jenis wall paper. Akan lebih baik jika kita lihat dulu beberapa produsen yang jual wall paper murah sebelum memilih. Perbandingan motif dan juga harga yang ada bisa menjadikan kita tak salah dalam memilih.

Namun, selain hal di atas, perhatikan pula aspek lain, yakni dinding yang akan diaplikasikan wall paper. Pasalnya, ada beberapa jenis dinding yang bisa diapsangi wall paper untuk menjadikannya lebih enak dan nyaman dipandang. Selain kenali wall paper dan harganya, kita juga harus mengenali jenis dindingnya.

Inilah Jenis Dinding Yang Berbeda Untuk Dipasangai Wallaper

1. Dinding baru

Untuk dinding yang benar-benar baru, maka kita bisa langsung memasang wall paper tanpa perlakuan khusus terlebih dahulu. Bidang pada dinding baru paling mudah untuk dipasangi wall paper, kondisinya masih bersih, rata, dan juga tidak ada goresan atau warna car yang memudar.

Read More :   Menggunakan Lantai Vinyl Untuk Rumah? Berikut Alasannya!!!

Yang dibutuhkan adalah lem wall paper untuk merekatkannya ke dinding. Gunakan kuas cat atau roll cat untuk membubuhkan lem di bagian belakang kertas wall paper. Langkah selanjutnya adalah tinggal menempelkan wall paper tersebut ke permukaan dinding.

Untuk tampilan dinding yang lebih menawan, pastikan kita mendapat wallpaper yang kualitas dan motifnya terbaik. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah memilih tempat jual wall paper murah yang ada, seperti di banyak kanal online yang ada saat ini. Saat ini makin banyak tempat yang menyediakan berbagai pilihan wall paper dengan ragam desain dan tekstur.

2. Dinding bekas wallpaper

Jika sebelumnya dinding sudah pernah dipasang wall paper, maka pemasangannya akan lebih rumit dibanding dinding baru. Langkah pertama adalah melepas terlebih dahulu wall paper lama pada dinding.

Setelah itu, dinding harus dicat terlebih dahulu untuk memaksimalkan tampilan dinding dengan wall paper baru. Jika kita tidak memperbaiki permukaan dinding dulu, maka aplikasi wall paper yang baru tidak akan maksimal hasilnya dan tak bisa bertahan lama. Daya rekatnya akan berkurang, serta teksturnya pun akan jadi kurang bagus.

Untuk melepas wall paper dari diding untuk menggatinya dengan yang baru, caranya adalah dengan membasahi dinding trsebut dengan spon basah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu kertas wall paper akan mudah untuk dilepas. Tarik perlahan sampai wallpaper sepenuhnya lepas dari dinding.

Read More :   Tips Dapatkan Harga Marmer dan Granit Terjangkau dan Berkualitas Tinggi

Banyak memang yang melakukan pergantian wall paper. Mudah bosan dan ingin mengganti suasana adalah hal yang lumrah, oleh karenanya upgrade atmosfir ruangan ini juga kadang perlu. Jika ingin mendapat wall per terbaik dengan harga ekonomis, ada kog yang jual wall paper murah, namun tetap berkualitas apalagi jika kita belinya di tempat importirnya langsung, pasti akan lebih murah.

3. Dinding lama

Bagaimana jika dinding yang akan dipasangi wall paper adalah dinding lama? Kalau demikian, maka kita harus melakukan pemberlakuan khusus. Perhatikan kondisi dinding dengan seksama, apakah ada permukaan yang retak, berlubang, atau berjamur. Kalau begitu, maka tampilan wall paper tidak akan maksimal nantinya. Apalagi jika bagian dinding ada yang tidak rata,  maka wall paper tidak akan terpasang sempurna.

Untuk menyempurnakan pemasangan wall paper ini, maka kita perlu memoles dinding tersebut lebih dulu karena kalau tidak, maka wall paper tidak akan menempel dengan alam dan daya rekatnya juga tak maksimal.

4. Dinding plesteran

Ada pula yang ingin menempel wall paper pada dinding plesteran yang artinya tanpa menggunakan cat. Untuk dinding ini, maka perlu waktu sekitar 3 hingga 4 bulan sebelum diaplikasikan wall paper.

Read More :   Tips Memilih Karpet Lantai Kayu

Sebelum wall paper dipasang, maka permukaan dinding harus dibersihkan terlebih dahulu, bisa dengan air cuka untuk hasil terbaiknya. Gosok bagian dinding tersebut untuk menghilangkan  sisa plesteran yang menonjol dan tidak rata. Jika menemui celah atau retak pada dinding, maka tamballah terlebih dahulu memakai plester yang sudah diisi dengan lapisan lateks.

Jika dinding sudah layak dan terkondisikan, maka kita bisa memasang wall paper yang diinginkan di sana. Jadi, selain memperhatikan tampilan wallpaper yang dibeli, perhatikan pula kondisi dindingnya, jangan sampai ketika kita sudah beli wall paper di produsen yang jual wall paper murah nan berkualitas, kita malah mendapati kondisi dinding yang tak memungkinkan untuk dipasangi wall paper.

5. Dinding tripleks

Wall paper bisa dipasang pada dinding tripleks berupa permukaan kayu, bukan pada permukaan yang telah dilapisi melamic. Cara memasangnya sama dengan memasangnya pada dinding tembok. Namun pemasangannya perlu memperhatikan beberapa hal, seperti ada tidaknya serabut  kayu pada tripleks.

Maka sebelum memasangnya, kita perlu bersihkan serabut tersebut. Kemudian, lap permukaan dinding tripleks agar permukaannya menjadi lembab. Kalau sudah begitu , maka lem akan mudah meresap dan wall paper akan mudah melekat pada dinding tripelks.

Leave a Reply