Lantai kamar mandi harus diperhatikan, agar mendukung kenyamanan, keselamatan dan kesehatan. Lantai keramik bertekstur sangat dianjurkan, karena permukaannya tidak licin maka tidak berbahaya bagi penggunanya. Sangat banyak variasi ukuran, warna dan corak, dan mereknya, sehingga tidak sulit untuk memadukan lantai keramik kamar mandi dengan konsep interiornya. Mari mengenal jenis kamar mandi, dan pertimbangan penting sebelum membeli keramik. 

Tips Memilih Lantai Keramik Kamar Mandi

Unsur kenyamanan dan keindahan kamar mandi bisa ditentukan oleh pemilihan lantai keramiknya. Material ini dianggap paling tepat untuk melapisi lantai, karena sangat tangguh dalam kondisi lembab. Pemilihan lantai keramik harus cermat, sehingga mendukung estetika dan ketahanannya. Setidaknya ada dua jenis kamar mandi. Jadi sebelum mengaplikasikan lantai keramik, pastikan Anda sudah memahaminya. 

Kamar Mandi Kering Jenis kamar mandi ini bisa menghadirkan suasana yang nyaman, karena tidak terdapat genangan air. Kondisi ini sangat mendukung faktor kesehatan, sebab tidak mudah menjadi sarang nyamuk. Secara umum, kamar mandi ini terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama berfungsi untuk mandi, yang posisinya berada di bawah shower atau pancuran air. Sedangkan bagian yang kedua adalah area kering yang tidak berada di bawah shower. 

Material keramik tidak disarankan diaplikasikan pada area di bawah shower. Sebagai gantinya Anda bisa memakai bebatuan alam, seperti baru koral yang berukuran kecil atau besar. Anda bisa merangkai batu-batu tersebut, sehingga tercipta desain yang cantik tapi tetap fungsional dan aman digunakan. Nah, untuk area keringnya bisa menggunakan keramik polos atau bermotif untuk lantainya. 

Kamar Mandi Basah Keunggulan dari jenis kamar mandi basah adalah pada konsep sederhananya. Sebab tidak memerlukan saluran air panjang seperti digunakan pada kamar mandi kering. Kamar mandi ini identik dengan fasilitas genangan air, 

sehingga akan dilengkapi dengan bak mandi. Sayangnya, kondisinya yang lembab bisa mengakibatkan air merembes. Dengan begitu, perlu penanganan khusus agar kondisi kamar mandi tetap nyaman dan aman. 

Lantai yang sering terpapar air mengakibatkan mudah licin, dan meningkatkan risiko terpeleset. Sebagai solusinya Anda harus memakai lantai keramik yang tepat. Pilihannya adalah keramik matte atau keramik dengan tekstur kasar. Lantai keramik kamar mandi bermotif timbul sangat tepat diaplikasikan. Agar mempercantik pemandangan, Anda bisa menggunakan motif kayu, bunga, dan kotak-kotak. 

Pertimbangan Khusus Saat Memilih Lantai Keramik Kamar Mandi 

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis kamar mandi, pastinya Anda bisa memilih lantai keramik yang lebih tepat. Jadi jangan hanya berfokus pada unsur keindahannya saja, tapi juga tetap mengedepankan faktor keselamatan. Sebab paparan air bisa memicu pertumbuhan jamur, yang membuat lantai gampang licin. Sebelum membeli keramik untuk lantai kamar mandi, berbagai pertimbangan ini sangat penting diperhatikan. 

Pahami kualitas lantai keramik

Dilihat dari kualitasnya, jenis keramik terbagi dalam tiga golongan yakni KW 1, KW 2 dan KW 3. Memang kalau diperhatikan sekilas tidak ada perbedaan pada penampilannya. Motif, ukuran dan warnanya sama persis. Tetapi kalau diperhatikan lebih cermat akan terlihat perbedaan pada ukuran dan kemasannya. 

Pengemasan rapi dengan ukuran keramik yang akurat adalah ciri produk KW 1. Sedangkan keramik dengan kualitas KW 2 dan KW 3 tidak dikemas dengan rapi dan ukurannya tidak presisi. Jadi harus cermat saat pemasangannya, agar tetap terlihat teratur susunannya. Manakah pilihan lantai keramik kamar mandi yang terbaik? Tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketersediaan budget-nya. 

Untuk pilihan merek lantai keramik sangat banyak, seperti Hercules, Roman, Arwana, Granito, Milan, Platinum dan sebagainya. Semuanya menyuguhkan ukuran, warna, kualitas dan harga yang berbeda-beda. Nah, dengan memahami pilihan merek dan tingkat kualitasnya, maka memudahkan Anda untuk menyiapkan anggarannya. 

Ketahui jenis lapisan keramik

Setidaknya ada empat jenis lapisan keramik yang biasanya digunakan. Lapisan yang dimaksud adalah matte, bertekstur, glossy atau mengkilap dan satin. Semuanya diproduksi dengan tekstur licin dan kasar. Bila digunakan di kamar mandi basah, maka memilih yang teksturnya kasar sangatlah tepat. Sehingga lantainya tetap aman saat diinjak, dan meminimalisir risiko terpeleset. 

Apalagi bagi manula dan anak-anak, yang rentan mengalaminya. Keramik bertekstur kasar juga lebih gampang untuk dibersihkan dari jamur dan lumut yang menjadi penyebab lantai licin. Nah, untuk keramik dengan lapisan glossy bisa diaplikasikan pada bagian dinding. Dengan begitu, lumut, jamur dan sisa sabun yang menempel akan lebih mudah disingkirkan. 

Tentukan ukuran keramik yang sesuai

Ada berbagai varian ukuran keramik, yang bisa disesuaikan dengan ukuran dan gaya interior kamar mandi. Untuk itu, sebelum membelinya pastikan Anda sudah mengukur luas kamar mandi dengan akurat. Penting pula untuk memerhatikan aliran airnya, karena sebagai pertimbangan untuk tingkat kemiringan lantai. Sehingga air bisa mengalir dengan lancar ke pembuangan. 

Bila luas kamar mandi relatif kecil, maka bisa memasang keramik berukuran besar. Tujuannya agar bisa menciptakan kesan lebih lega. Pemasangan lantai keramik berukuran kecil terbilang lebih repot untuk perawatannya. Oleh karena banyaknya sambungan nat antar kepingan keramik. Bagian sambungan tersebut cepat kotor, maka harus sering dibersihkan. 

Jadi, semakin tepat dalam pemilihan ukuran keramik sangat mendukung unsur keindahan. Selain tetap mengedepankan fungsionalitas dari kamar mandi. Cara perawatannya pun menjadi lebih mudah. Sehingga Anda bisa tetap menjaga kondisi kamar mandi senantiasa bersih, nyaman dan terlihat cantik. 

Serasikan keramik dengan gaya interior kamar mandi 

Banyaknya warna dan corak keramik mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Agar lebih mudah, selaraskan saja dengan gaya desain interiornya. Keramik berwarna atau bercorak terang bisa menjadi pilihan, kalau ruangannya minim paparan sinar matahari. Dengan begitu, kamar mandi tetap terlihat terang dan lapang. 

Pemasangan keramik di lantai dan dinding sangat berpengaruh terhadap gaya interior yang ingin dihadirkan. Mengaplikasikan keramik dekoratif, seperti panel, dot corner atau listello juga sangat tepat, agar tercipta suasana dan pemandangan yang lebih menawan. Untuk itu, Anda harus mengunjungi toko keramik yang menyediakan banyak pilihan produk. Sehingga pilihan keramiknya bisa mendukung estetika ruangan, sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman. 

Kalau selama ini Anda masih bingung dalam pemilihan jenis, motif dan warna lantai kemarik yang pas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Rekomendasi terbaik bisa didapatkan, agar Anda bisa segera mewujudkan keinginan memiliki kamar mandi impian. Harapannya Anda bisa mendapatkan produk lantai keramik bermutu bagus, tapi dengan anggaran yang tetap terjangkau. Anda bisa mendapatkan banyak penjelasan, dan rekomendasi produk lantai keramik kamar mandi berkualitas dengan mengunjungi website isibangunan.com. Melalui fitur chatting, Anda bisa bertanya banyak hal terkait kebutuhan akan lantai keramik. Respon yang cepat dengan penjelasan akurat akan menjadi solusi bagi Anda. Pilihan produk terbaik juga sudah disiapkan dengan aneka jenis, warna dan motif keramik yang memikat.

Please rate this