Membiarkan furnitur berbahan kayu tanpa proses finishing tentunya kurang menarik. Selain itu, lebih rentan kotor dan mengalami kerusakan. HPL merupakan material laminasi kayu yang bisa diandalkan. Selain mutunya sangat bagus, dari segi harga HPL per lembar Makassar tetap ekonomis.

Pentingnya Finishing HPL untuk Furnitur

Finishing merupakan tahapan pelapisan permukaan papan kayu, yang digunakan sebagai bahan baku furnitur. Tujuan mendasarnya adalah memberikan nilai tambah pada sebuah produk perabotan rumah atau perkantoran. Nilai tambah tersebut bisa berupa estetika, keunikan, keawetan bahkan nilai jual atau komersialnya.

Salah satu bahan finishing yang marak digunakan adalah HPL (High Pressure Laminate). Bentuknya lembaran dengan karakteristik kaku dan kuat. Tetapi tetap memiliki sifat lentur, sehingga tetap bisa melapisi bagian sudut kecil dan permukaan melengkung.

Ada berbagai manfaat penggunaan material pelapis kayu tersebut. Kenapa pemakaiannya sangat penting, sehingga tidak boleh digantikan dengan bahan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat dari pelapis HPL.

  1. Menambah Daya Tarik Furnitur

Penampilan produk furnitur yang cantik tentunya lebih memikat. Jadi selain memiliki fungsi tersendiri, juga enak dipandang dan mempercantik ruangan yang ditempatinya.

Seperti yang diketahui, penggunaan furnitur sekarang ini tidak semata-mata karena fungsinya saja. Akan tetapi harus menawan tampilannya. Sehingga bisa diselaraskan desain, bentuk dan ukurannya sesuai dengan tema interior ruangan.

Kalau tampilan furniturnya sangat memikat, sudah pasti lebih diburu oleh para konsumennya. Kondisi tersebut pastinya sangat menguntungkan bagi para pengrajin atau penjual mebel. Apalagi dengan harga lembaran HPL yang lebih ekonomis, maka harga furniturnya tetap terjangkau bagi seluruh kalangan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Material

Tanpa penggunaan bahan pelapis, bahan utama kayu kurang terlindungi. Sehingga ketahanannya kurang bagus dan memicu kerusakan lebih cepat. Seperti ditumbuhi jamur, dimakan rayap, lapuk dan sebagainya. Ketahanan furnitur semakin bagus, karena HPL lebih anti air, tahan paparan zat kimia, tahan panas, anti gores, anti jamur, anti rayap dan tidak mudah terbakar.

Berbagai ketahanan tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh semua produk furnitur. Karena harapannya perlengkapan rumah tersebut bisa digunakan dalam waktu lebih lama. Dengan begitu, bisa sangat menghemat pengeluaran.

  1. Menaikkan Harga Jual Furnitur

Pada umumnya, material yang dilapisi dengan HPL adalah kayu olahan. Jika tidak ditambahkan bahan laminasi, maka tampilannya kurang menarik. Ketahanan kayu tersebut pun kurang baik. Nah, jika sudah terlapisi dengan HPL, maka akan terlihat lebih cantik, kuat dan tahan lama. Maka dari itu nilai jualnya pun lebih bagus. Pastinya sangat menguntungkan bagi produsen atau pengrajin.

  1. Memudahkan Cara Perawatan Furnitur

Cara merawat furnitur berlapis HPL sangat mudah dan murah. Murah karena tidak membutuhkan produk pembersih khusus. Pada umumnya sudah cukup dengan menggunakan air saja. Kalau pun ada kotoran bandel yang menempel masih bisa menggunakan air dicampur sabun dengan harga tidak mahal.

Untuk menghilangkan debu, noda dan kotoran bisa menggunakan kain bersih. Lakukan aktivitas tersebut secara rutin, agar tidak terjadi penumpukan kotoran. Sebab kalau sudah menumpuk akan mengurangi keindahan dan lebih berat untuk disingkirkan.

  1. Tersedia Pilihan Warna dan Motif Bervariatif

HPL diproduksi untuk menjawab banyak keinginan setiap orang. Sebab tidak semuanya menyukai tampilan kayu. Sebagian orang ingin memiliki furnitur berenaka warna dan corak sesuai seleranya. Untuk itu, pabrikan banyak pelapis kayu ini menghadirkan banyak desain cantik dan inovatif.

Beberapa corak HPL yang menjadi kesukaan konsumen adalah motif kayu, motif bunga, motif batuan alam, motif metal dan warna solid. Dengan banyaknya varian tampilan tersebut, harapannya bisa memenuhi selera setiap pengguna.

Setiap merek HPL memiliki varian motif dan warna tersendiri. Sehingga di pasaran terhadap ratusan corak yang dapat dipilih. Selain mengutamakan penampilan, jangan melupakan juga aspek kualitas produk HPL-nya. Karena setiap merek atau produk memiliki standar kualitas yang berbeda-beda.

Pemasangan HPL Cukup Praktis

gaya dapur kekinianMetode pemasangan pelapis HPL relatif mudah dan praktis. Sehingga tidak membutuhkan banyak waktu. Proses pengerjaannya juga tidak tergantung dengan kondisi cuaca. Sebab tidak seperti pemakaian cat kayu yang sangat tergantung dengan paparan sinar matahari untuk pengeringannya.

Siapkan lem atau perekat berkualitas, agar daya rekatnya sangat kuat dan tahan lama. Sehingga lapisan HPL tidak mudah mengelupas. Jangan lupakan juga menyiapkan berbagai peralatan lain yang dipelukan seperti cutter untuk alat pemotong, penggaris dan sebagainya.

Ada banyak video panduan cara pasang HPL di Youtube. Kalau masih pemula atau awam, maka bisa menambah wawasan dengan mengikuti panduan tersebut. Jika tidak bisa memasang secara mandiri, karena keterbatasan waktu dan tenaga, maka bisa menggunakan jasa ahli berpengalaman.

Hanya Gunakan Produk HPL Berkualitas Tinggi

Kualitas adalah prioritas utama ketika memilih produk HPL. Sebab sangat percuma kalau tampilannya bagus, tetapi mudah rusak atau tidak tahan lama. Produk pelapis kayu ini harus memiliki berbagai fitur standar, seperti tahan air, tahan panas, anti gores, anti jamur, tidak mudah keropos dan tidak merambatkan api.

Pasar bahan laminasi kayu ini dipenuhi berbagai merek, baik produk lokal maupun impor. Untuk itu, harus cermat dalam mengenal setiap produk yang ditemui. Jika masih ragu dengan produknya, pilihlah beberapa dan cermati spesifikasi atau keunggulannya masing-masing.

Tingkat ketebalan produk HPL juga sangat beragam. Pada umumnya mulai dari 0,5 milimeter hingga 1,5 milimeter. Semakin tebal maka akan semakin berkurang fleksibilitas atau kelenturannya. Namun, kekuatannya akan lebih bagus. Oleh karena itu, untuk varian lebih tebal bisa digunakan sebagai bahan pelapis furnitur outdoor.

Jual HPL Berkualitas Harga Murah

inspirasi kamar tidurAdakah produk HPL bermutu bagus, namun lebih bersaing dari segi harganya? Jawabannya adalah ADA. Anda bisa mengandalkan produk HPL yang didatangkan dari luar negeri oleh IsiBangunan.com. Importir ini sangat berpengalaman dan terpercaya. Karena selalu mendatangkan produk dekorasi bangunan berkualitas tinggi, desain elegan dengan harga sangat bersahabat.

Salah satu produk andalannya adalah HPL. Aneka pilihan warna dan motif sudah tersedia dengan stok sangat melimpah. Sehingga mampu melayani permintaan konsumen yang semakin tinggi. Produk finishingnya sudah tersedia ke berbagai kota di seluruh Indonesia.

Pengguna atau pelanggannya tidak hanya perseorangan saja. Akan tetapi juga para pengrajin furnitur, instansi pemerintah, perusahaan swasta dan sebagainya. Sebagai bukti kalau produknya berkualitas dan mampu bersaing dengan merek lain. Baik dari segi mutu, desain maupun daya tahannya.

Pembelian seluruh produknya bisa dilakukan langsung di kantor IsiBangunan. Cara praktisnya bisa langsung memesan secara online. Staf marketing handal siap membantu setiap konsumen, jika ingin berkonsultasi terlebih dahulu. Jadi lebih memahami produk HPL sebelum memutuskan untuk membelinya.

Ingin update harga HPL per lembar Makassar? Silahkan mengunjungi website resminya, untuk melihat koleksi produk, temukan motif favorit, harga promo dan layanan menarik lainnya.

Please rate this