Tips Mendapatkan Harga Rompi Safety Terbaik, Sesuai dengan Spesifikasinya

Safety vest atau rompi safety merupakan salah satu bagian dari Alat Pelindung Diri (APD). Sebagaimana namanya, atribut ini dikenakan dengan tujuan mencegah dan melindungi personel atau pekerja dari kecelakaan.

Kecelakaan yang mungkin timbul ini dapat berasal dari:

  • Paparan material atau bahan di lingkungan kerja, sebagai contoh tertimpa bahan bangunan atau terkena radiasi bahan radioaktif
  • Tertabrak kendaraan di lingkungan kerja
  • Kelalaian personel yang melintasi atau memasuki suatu area tanpa menyadari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi

Oleh sebab itu, personel yang bekerja di area-area berisiko terjadinya kecelakaan wajib menggunakan pakaian atau atribut yang mudah terlihat jelas. Salah satunya adalah menggunakan rompi safety ini. Dengan demikian, personel lain dapat mengidentifikasi personel lain yang berisiko mengalami kecelakaan.

Sebuah perusahaan tentunya berusaha semaksimal mungkin menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyediakan rompi safety untuk digunakan pekerjanya. Oleh karena itu, perusahaan akan mengeluarkan dana untuk membeli atribut keamanan dengan kualitas baik dan harga yang pas.

Read More :   Mengenal Kelebihan, Kekurangan, Serta Harga vinyl yang Sesuai untuk Keperluan Rumah Anda

Harga rompi safety yang beredar saat ini bervariasi dengan kisaran Rp50.000 hingga Rp300.000. Harga tersebut tentu berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Meskipun demikian, perusahaan bisa mendapatkan harga yang pas dan memiliki spesifikasi yang tepat untuk keperluan pekerjaan yang dilakukan.

Nah, bagaimana caranya? Simak tips jitu berikut untuk mendapatkan rompi safety dengan harga terbaik.

Identifikasi jenis pekerjaannya

Rompi safety - 1.bp.blogspot.com

Rompi safety – 1.bp.blogspot.com

Jenis pekerjaan memengaruhi spesifikasi rompi safety yang diperlukan. Bahan rompi pun berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan kerja dan kemungkinan paparan bahan-bahan tertentu.

Klasifikasi jenis pekerjaan yang dimaksud umumnya berupa:

  • Pekerjaan pertambangan dan perminyakan
  • Pekerjaan kontraktor jalan
  • Pekerjaan kontraktor gedung
  • Pekerjaan yang menggunakan alat berat
  • Pekerjaan jasa logistik dan transportasi

Pilih bahan sesuai jenis pekerjaan

Rompi safety - bukalapak.com

Rompi safety – bukalapak.com

Bahan rompi safety yang sering beredar di pasaran antara lain:

  1. Bahan jaring

Ukuran yang lebih ringkas dan bobot yang lebih ringan adalah keunggulan bahan ini. Reflective tape sering ditambahkan pada rompi agar dapat tetap terlihat saat malam hari. Meskipun demikian, savety vest berbahan jaring sebaiknya digunakan pada area yang masih terdapat cahaya (tidak gelap total).

Read More :   Harga Vinyl Lantai Murah Di Jakarta Dan Kelebihannya

2. Bahan polyester

Bahan ini merupakan material yang paling banyak digunakan. Polyester memiliki daya tahan yang sangat baik saat digunakan di luar ruangan.

3. Bahan busa

Rompi berbahan busa biasa digunakan untuk keperluan pekerjaan di dalam ruangan. Meskipun demikian, bahan busa cukup baik dalam menahan angin (wind proof) saat digunakan di luar ruangan.

4. Bahan polyester tebal

Keunggulan bahan ini adalah lebih tebal dibanding bahan polyester biasa. Oleh sebab itu, rompi safety berbahan polyester tebal sering digunakan pada lingkungan dengan kondisi angin yang kencang.

Identifikasi jenis rompi safety yang diperlukan

Rompi safety - cdninstagram.com

Rompi safety – cdninstagram.com

Berdasarkan tingkat risiko terjadinya kecelakaan, rompi safety dapat dibagi menjadi menjadi 3 (tiga) kelas, yaitu:

  1. Kelas 1

Rompi safety kelas 1 berupa body harness dasar yang memiliki pita atau sabuk yang melingkari pinggang.

2. Kelas 2

Rompi safety kelas 2 menutupi penuh bagian atas tubuh dan umumnya memiliki retroreflective yang lebih baik dari kelas 1. Oleh karena itu, personel yang memakai rompi safety kelas 2 lebih mudah teridentifikasi.

Read More :   Cara Merawat Lantai Papan Kayu Agar Berkilau

3. Kelas 3

Rompi safety kelas 3 dapat menutupi seluruh tubuh atau sebagian dari pakaian. Rompi ini memiliki retroreflective yang lebih banyak dibandingkan rompi safety kelas 2. Oleh karena itu, rompi ini dapat digunakan pada kondisi cahaya redup.

Selain ketiga tips di atas, pastikan juga bahwa kelengkapan atribut seperti reflective tape atau retroreflective tersedia atau tidak. Pasalnya, atribut inilah yang memungkinkan rompi safety dapat diidentifikasi dengan mudah setiap saat. Dengan mengetahui tentang seluk beluk safety vest di atas, Anda bisa lebih mudah mendapatkan harga rompi safety yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply