Harga Lantai Kayu, Kelebihan, Kekurangan Serta Cara Merawatnya

Lantai kayu – Harga lantai kayu lebih bersahabat dan berikan hasil yang mengesankan. Salah satu jenis lantai yang ramah lingkungan dan memberikan kesan alami adalah lantai kayu.

Selama ini kita tahu bahwa penggunaan lantai untuk sebagian besar rumah, apartemen, hotel atau bangunan lainnya adalah keramik atau marmer. Karena sangat menjamurnya jenis tersebut, orang mulai bosan. Belum lagi harga lantai keramik atau marmer saat ini semakin mahal. Dengan demikian maka banyak orang yang beralih untuk membuat lantai yang unik yang beda dengan lainnya.

Lantai yang unik adalah lantai kayu yang dapat memberikan kesan alami namun tetap mewah. Berikut ini adalah ulasan mengenai harga lantai kayu lengkap dengan kelebihan, kekurangan dan cara merawatnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki lantai kayu. Pertama adalah memberikan kesan alami. Memiliki ruangan dengan kesan alami sangatlah menyenangkan karena dengan suasana tersebut seseorang bisa merasa lebih tenang dan nyaman.

Salah satu cara untuk menciptakan kesan alami adalah dengan menggunakan lantai kayu tersebut. Harga lantai kayu sangat bervariasi, Anda bebas memilihnya. Namun tentu harga membawa kualitas jadi pertimbangkan dengan baik mengenai keduanya.

Read More :   Cara Merawat Lantai Papan Kayu Agar Berkilau

Kedua adalah menjadikan ruangan lebih hangat. Bahan kayu bisa dengan mudah menyerap hawa panas yang ada didalam ruangan, terlebih untuk harga lantai kayu yang cukup mahal dengan kualitas tinggi akan lebih mudah dalam menyerap panas hingga membuat suasana ruangan menjadi dingin alami. Dengan demikian Anda bisa lebih berhemat dalam menggunakan energy listrik. 

Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu

Kekurangan pertama adalah membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah lapuk dan keropos terlebih untuk harga lantai kayu yang murah dengan kualitas rendah. Caranya dengan menghindarkan lantai dari genangan air.

Membersihkannya secara rajin agar tidak kotor dan berjamur. Kekurangan kedua adalah mudah memuai. Jika Anda memilih harga lantai kayu yang murah maka bersiaplah mendapatkan resiko kayu berubah bentuk, menyusut dan melengkung. Ya, memang itulah sifat kayu terutama jenis kayu yang tidak berserat tinggi.

Kekurangan ketiga adalah sulit dibersihkan. Ketika lantai terkena cat, sambal, kecap atau noda lain maka untuk membersihkannya cukup sulit jika dibanding dengan lantai keramik. Namun ada jenis lantai kayu yang sudah dilapisi zat pengkilat dan penghalus sehingga permukaannya sangat halus seperti keramik. Namun tentu harga lantai kayu seperti itu harganya lebih mahal.

Read More :   Tips Menggunakan Wallpaper Dinding 3D untuk Interior Rumah Anda

Cara Merawat Lantai Kayu

Salah satu cara terbaik untuk merawat lantai kayu adalah dengan menghindarkan dari air yang berlebihan. Jika Anda ingin mengepel, sebaiknya gunakan kain basah yang sudah diperas, jadi tidak ada genangan berlebih diatas kayu.

Selain itu, hindarkan lantai kayu dari noda-noda membandel yang akan mengotorinya. Letakkan keset di ujung pintu untuk memastikan kaki yang menginjak lantai kayu selalu kering dan bersih.

Itulah beberapa ulasan mengenai harga lantai kayu lengkap dengan kelebihan, kekurangan dan cara merawatnya. Bagi Anda yang ingin menciptakan kesan unik dan alami pada ruangan Anda maka lantai kayu inilah yang akan jadi pilihan terbaik.

Untuk bisa dapatkan harga lantai kayu yang murah sebaiknya Anda membeli langsung dari distributornya karena harga dari mereka masih murni, belum bertambah dengan keuntungan seperti dari pengecer di toko-toko kecil. Dengan demikian Anda bisa membeli lantai dalam jumlah banyak tanpa khawatir akan menguras kantong Anda.

Leave a Reply