Barangkali Anda pernah atau bahkan sering melihat kran yang bentuknya melengkung menyerupai leher unggas. Itulah kran angsa, perangkat sanitasi yang memiliki kelebihan tersendiri serta memberikan kesan elegan. Meski tampak mewah, tetapi harga kran angsa tidak selalu selangit.

Mau tahu, berapa kisarannya? Simak artikel berikut ini.

 Terlepas dari Harga Kran Angsa, Mengapa Model Ini Dipilih?

harga kran angsa

royalbathrooms.co.uk

 Kran angsa lebih sering terlihat di dapur rumah, meskipun beberapa wastafel toilet di restoran atau kafe juga memasangnya. Dengan leher yang ramping dan melengkung tinggi, banyak ruang yang tersisa di bawahnya sehingga memudahkan Anda dalam menumpuk piring-piring kotor.

Beberapa kran angsa juga didesain khusus agar pancuran airnya menyebar cukup merata. Dalam artian, moncong kran harus lebih lebar; air pun tidak hanya mengalir lurus ke bawah. Dengan model tersebut, cucian piring jadi lebih cepat selesai.

Alasan lain adalah masalah estetika. Bila leding model biasa (terutama yang ditanam di dinding) terkesan kaku dan kuno, maka kran angsa terlihat lebih modern. Bahkan, di banyak toilet hotel, kran angsa juga dilengkapi dengan sensor. Anda cukup menadahkan tangan di bawah moncongnya dan air langsung mengucur keluar.

 Jenis Kran Angsa yang Lazim Dipakai di Dapur dan Harganya

harga kran angsa

thehindubusinessline.com

Jadi, apa saja jenis kran angsa yang lazim dipakai di dapur dan berapakah harganya? Ternyata hanya ada satu, tetapi banyak pilihan lapisannya—tergantung permintaan.

Kran angsa berlapis chrome dan berbentuk spiral

harga kran angsa

heatandplumb.com

 Selain lapisan chrome yang membuatnya tampak mewah dan mahal, kran angsa ini juga berbentuk spiral. Lehernya sendiri elastis, sehingga Anda dapat menggerakkannya ke kanan dan ke kiri sesuka hati. Kelebihan tersebut lumayan membantu bila cucian piring sedang menumpuk.

Harga kran angsa yang satu ini sekitar 250 ribuan rupiah saja. Namun, kelemahannya adalah mudah jadi mainan anak-anak hingga bisa terlepas dari tempatnya.

Kran angsa dari bahan plastik

harga kran angsa

sdebain.com

 Seperti biasa, plastik merupakan bahan paling murah dan mudah didapat. Bila sedang membutuhkan pancuran baru dalam waktu cepat, kran angsa dari plastik dapat langsung dibuat.

Selain itu, harga material ini paling hanya setengah dari harga kran material lainnya seperti kuningan atau chrome.

Sayangnya, tipe ini juga memiliki beberapa kelemahan. Selain lebih ringkih, kandungan pada plastik juga belum tentu aman. Bila sampai terkikis sebagian, plastik akan tercampur dalam air.

Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah memasang kran apa pun dari plastik di kamar mandi. Meskipun murah dan lebih mudah dibuat, kran dari plastik lebih ringkih dan cepat rusak.

Jenis Kran Angsa yang Harus Dihindari

harga kran angsa

teknosaurus.com

 Meskipun harganya lebih murah, tidak disarankan untuk menggunakan kran angsa yang terbuat dari besi. Selain lebih mudah karatan, sisa-sisa karatnya bisa jatuh tercampur dalam kucuran air.

Dampaknya, serpihan tersebut akan menggores barang pecah belah yang sedang Anda cuci. Lebih buruk lagi jika tercampur dengan makanan seperti buah dan sayuran yang sedang Anda bersihkan.

Anda memang tidak harus memilih harga kran angsa yang mahal. Terpenting adalah nyaman digunakan dan posisi leher keran bisa diatur sesuai keinginan.

Untuk menemukan produk yang dimaksud, Anda bisa berkonsultasi dengan importir resmi seperti isibangunan.com, yang berada di bawah naungan PT. Lumbung Kemakmuran Bersama. Silakan hubungi kontak yang tertera atau chat via WhatsApp. Semoga bermanfaat, ya.

Komentar