Harga ACP Per M2 Dan Kelebihan ACP

Harga ACP per m2Alumunium composite panel atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan ACP merupakan composite material yang biasanya disebut bahan compsite yakni material yang direkayasa dan diproses menggunakan bahan alami.

Proses pembuatannya menggunakan dua atau lebih unsur bahan yang berbeda secara fisik maupun kimiawinya. Secara terpisah juga berbeda dalam struktur hasil produksinya. Hal ini membuat harga ACP per m2 cukup mahal jika mengingat proses pembuatannya yang sangat komplek.

Pengguaan bahan composite ini misalnya untuk pedal piringan yang dipasang pada rem mobil atau motor. Elemen ini mengandung partikel berbahan keras yang kemudian disenyawakan dalam matrix berbahan besi atau metal yang lembut.

Penggunaan lainnya composite material ini ialah di tutup shower dan bak mandi yang pembuatannya dari fiberglass. Contoh lain dari penggunaan bahan ini yang paling mutakhir ialah untu panel penutup pesawat luar angkasa.

Alumunium composite panel ini memiliki komposisi struktur bahan yang terdiri dari dua lapisan kuat, yakni terbuat dari plat yang diberi warna powder coating. Pada bagian dalam diantara dua plat aluminum tersebut terbuat dari bahan low density polyethylene. Produksi ACP ini didasarkan pada ketebalan yang berbeda. pada umumnya ketebalan yang sering kita temui untuk produk ini ialah 4 mm dan ukuran standarnya ialah 1220×2440 mm.

harga ACP per m2

Mengenal Harga ACP Per M2

Inilah Keunggulan Serta Harga ACP Per M2

 1. Lebih ringan

Read More :   Cara Merawat Lantai Papan Kayu Agar Berkilau

Salah satu keunggulan dari penggunaan ACP ini ialah beratnya yang ringan. Di saat yang sama, ACP ini juga sangat kuat karena memiliki bahan dari alumunium. Bukan hanya itu saja, Elemen ini juga tahan akan karat hingga lebih awet meskipun sering terkena panas dan hujan.

2. Memiliki dua pilihan

Ada dua jenis dari CP yang bisa digunakan hinga memudahkan kita menggunaknannya sebagai bagian dari elemen yang berbeda, yaitu bisa untuk indoor maupun outdoor. Kedua jenis ACP ini ialah:

Yang pertama ialah jenis polsyter atau PE. Penggunaan jenis ACP ini lebih banayk diterapkan di dalam bangunan atau rumah. Adanya PE ini bisa mendukung untuk interior rumah atau banguna hingga membuatnya lebih nyaman dan juga lebih indah.

Yang kedua ialah jenis PVDF. ACP ini bisa dikatakan memiliki harga ACP per m2 yang lebih mahal karena memiliki lapisan yang lebih banyak. Keunggulannya ialah bisa digunakan untuk area eksterior karena tahan akan terpaan sinar UV dan juga hujan. Keunggulannya ini membuat PVDF dihargai lebih mahal dibanding dengan ACP jenis PE.

Read More :   Pabrik Granit sediakan Lantai Granit untuk Hunian Mewah

Untuk ruko atau gedung bertingkat, serta papan reklame yang butuh panel yang kuat dan tahan akan cuaca, PVDF  juga lebih dipilih dan juga lebih banyak memberikan keuntungan.

3. Mudah dipasang

Selain beberapa hal tersebut, keunggulan lain yang dimiliki oleh ACP ialah karena pemasangannya yang lebih mudah. Hal ini disebabkan, karena komponen perakitannya yang tidak perlu banyak baut penyambung hingga memudahkan dalam memasang dan pengaplikasiannya.

Leave a Reply