Agar fungsinya optimal dan tetap nyaman, penataan ruang makan juga harus diperhatikan. Ruangan ini termasuk penting. Tidak hanya sebagai tempat menaruh perangkat meja makan. Tetapi juga sebagai ruang interaksi anggota keluarga. Sebagai pemanis dan pelindung furniturnya bisa mengandalkan harga per meter HPL.

Menata Ruang Makan Mungil

Tidak menjadi masalah kalau luas ruang makannya terbatas. Karena tetap bisa mengatasinya dengan konsep yang tepat. Penataan dan pemilihan furnitur yang tepat akan memaksimalkan fungsi ruangan, dan memberikan kenyamanan. Bagaimana cara menata ruang tamu berukuran kecil?

  1. Maksimalkan Area Dinding

Dinding ruangan ini harus mendapatkan sentuhan dekorasi cantik, agar terlihat lebih menawan. Tidak perlu berlebihan, karena justru akan merusak pemandangan. Anda bisa memasang rak untuk menaruh benda tertentu atau hiasan berupa pot bunga kecil.

Bagian dinding juga bisa dipercantik dengan pemasangan hiasan, seperti lampu dinding, lukisan hiasan dinding dan sebagainya. Supaya memunculkan kesan hangat di ruangan tersebut.

  1. Tempatkan Meja Minimalis dan Fungsional

Meja adalah perabot penting di dalam ruang tamu. Kalau mejanya tinggi tentunya harus dibarengi dengan penyediaan kursi yang sesuai dan nyaman diduduki. Sedangkan kalau mengusung konsep lesehan, maka tidak diperlukan adanya kursi.

Karena luas ruangan ini terbatas, maka jangan memenuhinya dengan beragam furnitur. Kalau harus menggunakan perangkat meja makan, maka gunakan yang desainnya minimalis dan fungsional. Ukurannya tidak terlalu besar dan bentuknya sederhana, namun multifungsi.

Dengan begitu, meja makan juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang tertentu. Karena dilengkapi dengan ruang penyimpanan atau laci. Meskipun tampil sederhana, tapi tetap terlihat elegan dan berkelas.

HPL untuk ruang makan

  1. Lengkapi Meja dengan Kursi Minimalis

Desain kursi minimalis dirasa lebih tepat digunakan di ruang makan mungil. Sebab seperti halnya meja makan, desainnya sederhana namun tetap terlihat cantik. Selain itu, ukuran kursi juga tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak tempat.

Kursi stool atau kursi makan tanpa pegangan bisa dipilih, karena dianggap lebih hemat ruang. Pilihan model kursi lainnya adalah yang kursi panjang. Model kursi ini tidak dilengkapi dengan sandaran dan pegangan.

  1. Gunakan Rak Daripada Lemari

Peralatan makanan seperti piring, gelas dan sendok makan biasanya tersedia di ruang makan. Karena itu, membutuhkan tempat penyimpanan. Biasanya lemari berukuran cukup besar digunakan untuk menampung segala peralatan makan tersebut. Sayangnya, cukup memakan tempat sehingga terbilang kurang efisien.

Sebagai alternatifnya, bisa mengandalkan rak dinding. Perabot ini bisa menghemat tempat, karena bisa dipasang di dinding atau tembok. Dengan pemilihan desain yang cantik dan penataan yang rapi, rak dinding bisa semakin mempercantik pemandangan ruang makan.

  1. Pencahayaan yang Memadai

Elemen penting lainnya di ruang makan adalah sistem pencahayaan. Kesan luas dan nyaman bisa ditunjang oleh intensitas cahaya yang baik. Karena itu, selain mendapatkan paparan cahaya dari lampu listrik, sebaiknya juga terpapar cahaya alami.

Jadi, ruang makan juga harus dilengkapi dengan jendela memadai. Supaya sinar matahari juga bisa masuk dan menyegarkan ruangan. Sistem ventilasi yang bagus sangat menunjang kenyamanan dan kesehatan di dalam ruang makan.

Sangat mudah, bukan? Cara menata ruang makan meskipun dengan luas yang terbatas. Merancang tata letak dan dekorasi secara matang sangat penting. Supaya bisa menghadirkan keindahan yang diinginkan. Namun, tetap bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan. Selain itu juga tidak harus boros anggaran.

Sekarang ini sudah banyak tersedia di toko mebel beragam furnitur cantik berlapis HPL. rentang harganya sangat bervariasi tergantung dari desain dan ukuran. Namun, secara umum harga jualnya masih sangat terjangkau. Sebab, harga per meter HPL sebagai bahan finishingnya juga tetap ekonomis.

Berbagai perabot seperti meja, kursi, rak dinding dan sebagainya sudah tersedia dengan aneka model serta motif menawan. Sesuaikan pemilihan ukurannya supaya tetap ideal dan mempercantik ruang makan.

Gaya Ruang Makan Terpopuler

inspirasi ruang makanSangat banyak gaya desain ruang makan yang bisa diaplikasikan di rumah kesayangan Anda. Setiap gaya interiornya memiliki keunikan tersendiri. Manakah yang paling bagus, tentunya disesuaikan dengan selera pemilik rumah atau disenadakan dengan konsep hunian secara keseluruhan.

  1. Gaya ruang makan minimalis. Konsepnya simpel, jadi hanya memakai dekorasi dan ornamen seminimal mungkin. Bentuk meja dan kursi, hiasan serta dekorasi lainnya mengusung kesederhanaan. Namun meskipun demikian, tetap terlihat mempesona dan elegan.
  2. Gaya ruang makan modern. Gaya interiornya mengacu pada tren atau perkembangan terkini. Sehingga dijamin tampil cantik dan elegan.
  3. Gaya ruang makan industrial. Desain ruangan ini mengandalkan material beton dan besi. Selain itu juga menampilkan material ekspos, seperti bata ekspos dan semen. Gaya desain interior ini menampilkan sesuatu yang nampak unfinished atau tanpa finishing. Furnitur seperti meja dan kursinya juga mengusung konsep yang sama, tanpa adanya proses finishing.
  4. Gaya ruang makan skandinavia. Konsep desain ini banyak memainkan elemen kayu. Gaya interior ini menonjolkan material kayu dengan warna coklat muda. Selain itu, identik dengan penampilan cerah dengan dominasi warna putih. Sehingga membantu ruangan terlihat lebih lapang.
  5. Gaya ruang makan tropis. Udara tropis yang identik dengan panas bisa dimanfaatkan keunikan tersebut. Meskipun hawanya panas tetapi masih terasa nyaman, karena seringkali angin bertiup sepoi-sepoi. Konsep ini sangat ideal untuk diterapkan pada ruang makan semi outdoor. Furnitur kayu atau rotan bisa menghiasi ruangan sebagai ciri khas hasil alam dari hutan hujan tropis.
  6. Gaya ruang makan klasik. Desain ini menawarkan suasana fancy dengan tampilan elegan. Inspirasinya merujuk pada hunian Eropa atau abad pertengahan. Sentuhan modern juga bisa dipadukan, agar ruang makan terlihat semakin menawan.
  7. Gaya ruang makan tradisional. Konsep ini merujuk pada desain lokal Indonesia. Biasanya dilengkapi dengan furnitur yang dihiasi ukiran tradisional. Keramik bermotif jadul juga dapat digunakan, untuk memunculkan kesan autentik.
  8. Gaya ruang makan kontemporer. Ciri khasnya adalah tampilan aneka bentuk futuristik. Sehingga sangat menonjolkan kesan timeless dan modern.

Manakah gaya desain ruang makan yang menginspirasi Anda? Sangat banyak variasi dari setiap gaya ruangan yang bisa diaplikasikan. Anda bisa menemukan banyak inspirasinya di berbagai website, blog, media sosial dan sebagainya.

Jika masih bingung dalam menentukan gaya desain yang ingin diterapkan, maka berkonsultasi dengan tenaga ahli adalah langkah yang tepat. Anda akan dibantu dalam menentukan gaya desain yang sesuai. Termasuk dibantu dalam pemilihan material terbaik yang digunakan.

Anda ingin segera mendesain ulang ruang makan? Berbagai rekomendasi di atas bisa menjadi panduannya. Selain itu, pastikan hanya menggunakan produk furnitur dan dekorasi yang berkualitas. Agar bisa bertahan lebih lama dan menghemat anggaran.

Jika Anda memerlukan informasi harga per meter HPL, bisa langsung menghubungi tim marketing IsiBangunan.com. Tersedia aneka warna dan motif HPL berkualitas, terbukti aman, tahan lama dan harganya sangat bersahabat.

Please rate this