Cara Pemasangan Lantai Vinyl yang Mudah Dan Benar

Flooring lantai biasanya juga sering disebut sebagai vinyl lantai, vinyl sendiri adalah penghias lantai yang biasanya digunakan untuk melapisi lantai, agar lantai nampak lebih indah di pandang. Vinyl lantai ada yang berbentuk roll atau gulungan dan ada juga yang berbentuk lembaran. Vinyl roll terbuat dari bahan dasar PVC, dengan cara pengaplikasiannya sendiri cukup di lemkan saja ke lantai dan langsung bisa merekat kuat di lantai.

Flooring lantai banyak macamnya, ada pelapis lantai yang digunakan untuk melapisi lantai rumah, yang digunakan untuk melapisi lantai gedung, yang digunakan untuk melapisi lantai kantor, digunakan untuk melapisi lantai restoran, digunakan untuk melapisi lantai rumah sakit, dan masih banyak yang lainnya, biasanya setiap ruangan menyajikan vinyl lantai yang berbeda-beda.

Setelah mengetahui macam-macam dari pelapis lantai, lebih baik kita juga mengetahui tentang jenis-jenis dari flooring lantai itu sendiri. Jenis-jenis dan spesifikasi ukurannya adalah sebagai berikut :

1. Mipolam 180

Pertama yang jadi pembahasan adalah pelapis lantai yang bertipe Mipolam 180. Mempunyai spesifikasi ukuran sebagai berikut ini dengan ukuran tebal yang dimiliki 2mm, untuk ukurannya 2m x 20m.

Read More :   Pilih Mana Antara Lantai Vinyl Motif Kayu Atau Lantai Kayu Asli?

2. Mipolam Tropan Plus

Selanjutnya adalah tentang flooring lantai yang bertipe Mipolam Tropan Plus, mempunyai spesifikasi ukuran setebal 2mm, dan mempunyai ukuran size 2m x 20m.

3. Vinyl Hawai

Akan dibahas selanjutnya tentang tipe dari vinyl Hawai, yang mempunyai spesifikasi ukuran 18,5m x 92,5cm, dan mempunyai ukuran tebal 3mm.

4. Regis

Pembahasan selanjutnya tentang flooring lantai dari jenis tipe Regis yang kaya akan corak kayu, yang sangat bagus dan indah.

5. RG HY0050A-1

Selanjutnya flooring lantai dalam jenis vinyl roll bertipe RG HY0050A-1.

Setelah mengetahui jenis dan juga spesifikasinya, tidak ada salahnya kalau kita mengetahui tentang cara pemasangan dari flooring lantai dari jenis parket. Cara pemasangannya adalah sebagai berikut ini :

1. Memasangkannya di atas plesteran

Pemasangan flooring lantai dari jenis parket yang merupakan kayu Solid Unfinish, cara pemasangan jenis yang satu ini adalah dengan memasangkannya di atas plesteran. Sebelumnya plesteran tersebut harus sudah di Aci halus dan bisa juga diperlakukan dengan menutupinya dengan multiplek yang mempunyai ukuran minimal 15mm.

Read More :   Pabrik Granit-Kenapa Granit Termasuk Lantai Unik Dan Langka?

Setelah itu permukaan lantai yang ingin di pasang parket tersebut, segera dilumuri oleh lem kayu secukupnya jangan terlalu berlebihan. Setelah itu parket sudah  bisa disusun secara satu per satu dengan rapi.

2. Lanjutkan dengan pengampelasan

Selanjutnya setelah tahap pertama selesai dilakukan, kita lakukan tahap selanjutnya dengan melakukan pengampelasan, caranya dengan menggunakan mesin khusus digunakan untuk menjadikan permukaan parket menjadi rata.

3. Pasang flooring lantai

Selanjutnya proses pemasangan flooring lantai dalam kategori parket Kayu Solid unfinish, yaitu dengan melakukan tahap finishing dengan pengerjaannya adalah dilakukan dengan spray, selain dengan spray bisa juga dilakukan dengan menggunakan roll yang khusus. Dari kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus ditanggung oleh pemasang.[tie_list type=”checklist”]

  • Dengan menggunakan tahap pemasangan tersebut, maka bisa dilakukan di atas Acian dan juga sering kali terdapat beberapa bagian dari parket yang akan mengembang. Tidak mampu untuk menapak ke dasar lantai dikarenakan adanya permukaan Plester Acian yang tidak rata.
  • Ketika di pasang di atas multiplek akan lebih bisa menempel seluruhnya pada permukaan parket, karena pada dasarnya sendiri parket sudah merekat kuat pada multiplek.
Read More :   Jual Vinyl Berhubungan Juga Dengan Pemilihan Jenis dan Juga Macam Vinyl

[/tie_list]

Yang menjadi permasalahan dan yang perlu diamati adalah segi kekuatannya, sebab multiplek bisa cepat lapuk dalam waktu yang tidak lama, mungkin kurun waktu yang dilakukan untuk bertahan adalah sekitar 5 tahun setelah pemasangan.

Setelah mengetahui berbagai macam ketentuan dari flooring lantai, maka kita lebih baik memilih dengan sangat baik dan sesuai dengan keperluan kita. Selanjutnya kita juga bisa memasangnya sendiri dengan mudah tanpa harus menyewa jasa pemasangan flooring di lantai rumah kita.

Leave a Reply