Cara Merawat Lantai Papan Kayu Agar Berkilau

Lantai Papan Kayu – Dengan berbagai material lantai yang tersedia dipasaran, lantai kayu termasuk ke dalam salah satu jenis material lantai yang menjadi favorit, banyak sekali pemilik rumah yang mempercayakan keindahan lantai rumahnya pada material yang satu ini.

Selain karena keunikan dan keindahannya, lantai papan kayu dinilai tahan lama. Namun performa lantai kayu dapat menurun jika perawatannya salah. Lantai kayu harus dirawat agar terlihat bersih dan kilau sempurna. Terdapat beberapa langkah untuk mendapatkan lantai kayu yang mengkilap, simak tips berikut ini :

a) Gunakan sapu berbahan lembut

Pembersihan secara umum pada semua material lantai ialah dengan menyapu setiap hari, agar bebas dari kotoran dan debu yang menempel, khusus untuk lantai kayu sebaiknya anda memperhatikan jenis sapu yang digunakan mengingat lanta kayu sangat rentan terhadap goresan. Disaran untuk menggunakan sapu dari bahan yang lembut agar tidak meninggalkan goresan pada permukaan lantai.

b) Pembersih Khusus

Mengepel sudah menjadi rutinas wajib dalam frekuensi waktu tertentu agar lantai terlihat bersih seperti baru, untuk lantai kayu anda bisa menambahkan pembersih khusus untuk lantai kayu. Cerilah pembersih yang mengandung minyak almod, karena kandungan dalam minyak almond dapat menjaga kelembaban dan kelembutan pada permukaan lantai papan kayu.

Read More :   Tips Sederhana Membersihkan Lantai Kayu

c) Jangan biarkan lantai tergenang air

Tidak mungkin untuk menghidari penggunaan air pada saat mengepel lantai, namun lantai kayu tidak boleh terlalu banyak menyerap air karena mengakibatkan lantai keropos untuk itu setelah mengepel lantai anda harus segera untuk mengeringkan lantai tersebut.

Pada saat mengeringkan gunakan bahan seperti kain microfiber agar tidak meninggalkan bercak-bercak air pada permukaan lantai, dan lantai terlihat bersih serta berkilau.

d) Gunakan Bantuan Minyak Lemon

Untuk menjaga kilau pada permukaan lantai setelah dibersihkan, anda dapat menggunakan bahan tambahan seperti minyak lemon, minyak lemon dapat membuat permukaan lantai papan kayu terlihat berkilau. Jika anda tidak dapat menemukan minyak lemon alternatif lain yang dapat anda gunakan yaitu sari buah lemon atau minyak kayu putih.

Leave a Reply