Ada banyak jenis pelapis lantai yang beredar di pasaran. Setiap tahun, model dan kualitas yang digunakan pun semakin meningkat. Salah satu yang terbaik adalah pelapis lantai jenis vinyl klick. Meskipun cukup populer, tetapi tidak banyak yang tahu seberapa baik kualitas pelapis lantai jenis ini.

Apalagi selain pelapis lantai ini, ada banyak jenis lain yang mirip dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, bagi yang ingin tahu apa sebenarnya pelapis lantai vinyl dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya, mari kita simak ulasan berikut ini!

Sejarah Pelapis Lantai Vinyl dan Vinyl Klick

Pelapis lantai vinyl merupakan salah satu alternatif pengganti keramik selain kayu dan karpet. Disebut dengan istilah tersebut karena pelapis ini berbahan dasar PVC (polyvinyl chloride), yaitu turunan plastik (vinyl) yang memiliki kerapatan dan ketebalan lebih dibandingkan plastik biasa.

Salah satu sifat PVC adalah fleksibel dan mudah diregangkan. Bahan ini akan melunak saat dipanaskan dan mengeras ketika didinginkan. Hampir seperti besi bukan? Tidak heran jika pada masa awal-awal penemuannya, PVC banyak digunakan sebagai bahan pembuat pipa, bingkai jendela, pelapis kabel listrik, atau bahkan atap bangunan.

1835

PVC sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1835, dan pada awal abad ke-20, PVC mulai digunakan untuk keperluan komersial dan industri. Sejak saat itu, PVC mulai digunakan oleh industri lain seperti pakaian, bahan bangunan, pembuatan kemasan, hingga pembuatan peralatan rumah tangga.

1930

Penggunaan vinyl PVC sebagai bahan pembuat pelapis lantai ini pertama kali dipelopori oleh sebuah pabrik pembuat Vinyl Composite Tile di Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1930-an. Saat itu lantai vinyl banyak digunakan untuk melapisi lantai rumah dan bangunan lainnya.

Tetapi ketika perang dunia II pecah, industri pelapis lantai vinyl mulai melemah. Saat itu bahan dasar vinyl sulit ditemukan karena digunakan sebagai pelapis kapal-kapal perang sehingga banyak industri dan pabrik pelapis lantai yang gulung tikar akibat kesulitan membuat produk.

1960

Sejak tahun 1960, industri pelapis lantai vinyl kembali bangkit dengan inovasi dan teknologi baru. Salah satunya, vinyl plank yang mulai diperkenalkan pada tahun 1970. Lembaran pelapis lantai ini mirip seperti kayu parquete sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai alternatif pelapis lantai yang lebih murah.

2016

Di Indonesia, vinyl mulai digunakan sejak tahun 2016. Keberadaan vinyl di negara kita ini dipengaruhi oleh perkembangan industri infrastruktur di kawasan Asia Pasifik. Pelapis lantai PVC vinyl dianggap sebagai salah satu solusi praktis dan efisien untuk melengkapi berbagai bangunan, mulai dari rumah hingga hotel.

2019

Sama seperti pelapis lantai lainnya, vinyl juga hadir dalam berbagai motif, bentuk, serta jenis. Salah satu yang belakangan sering digunakan karena dianggap lebih praktis adalah klick vinyl. Berbeda dengan pelapis vinyl lainnya, klick vinyl  menggunakan teknologi penguncian yang kuat dan stabil.

Jadi saat proses pemasangan, tukang hanya perlu meng-klick masing-masing sisi pelapis lantai vinyl agar dapat merekat erat dengan lantai. Kerennya, meskipun berbahan dasar PVC, kerekatan dengan lantai membuat pelapis ini tidak mudah bergeser sehingga ketika dipel atau tergenang, air tidak dapat menembus sela-selanya. Menarik bukan?

Karena keunggulannya inilah vinyl klick sering dianggap sebagai solusi praktis bagi mereka yang menyukai hal-hal minimalis. Ditambah motif dan tekstur yang beragam, tidak heran jika banyak orang memilih pelapis lantai ini sebagai pelengkap dekorasi rumah sekaligus pelindung lantai.

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, klick vinyl juga memiliki beberapa kelebihan lain untuk dipertimbangkan.

Keunggulan Vinyl Klick

vinyl klick
vinyl klick – Keunggulan lantai klick vinyl

Agar lebih yakin, berikut beberapa keunggulan klick vinyl yang mungkin akan membuat Anda tertarik, di antaranya:

1. Ramah lingkungan

Meskipun bahan utama vinyl klick merupakan PVC , tetapi pelapis lantai ini cukup aman untuk digunakan. PVC yang digunakan untuk membuat lantai vinyl zaman sekarang sudah bebas dari senyawa phtalate berbahaya, nonradioaktif, ramah lingkungan, dan dapat didaur ulang.

Tidak hanya itu, bagian bawah klick vinyl juga biasanya terbuat dari serbuk batu alam yang tidak beracun sehingga aman digunakan di mana saja, termasuk di rumah sakit atau tempat layanan kesehatan lainnya. Jadi jika ingin memasang pelapis ini di rumah, Anda tidak perlu khawatir.

2. Mudah dibersihkan

Selain ramah lingkungan dan aman, lantai vinyl jenis ini juga mudah dirawat dan dibersihkan. Setiap kotoran, debu, tanah, atau pasir yang menempel di permukaan lantai dapat dibersihkan dengan cara dipel atau disapu saja. Jadi Anda tidak perlu menggunakan cairan pembersih lantai khusus untuk menghilangkan noda atau kotoran yang ada.

3. Ringan

Salah satu kualitas dan keunggulan pelapis lantai vinyl klick adalah keringanannya. Setiap lantai vinyl yang beredar di pasaran biasanya memiliki ketebalan sekitar 1,5 hingga 5 mm. Beratnya pun hanya sekitar 2 hingga 8 kilo. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan lantai keramik yang cenderung berat dan rentan pecah.

4. Elastis dan fleksibel

Karena bahan dasarnya PVC, pelapis lantai klick vinyl termasuk elastis dan fleksibel. Tidak hanya itu. Bahan PVC yang digunakan pelapis lantai ini juga memungkinkan klick vinyl tidak mudah rusak atau patah saat dibawa kesana kemari.

Pelapis lantai ini cukup fleksibel dan  mudah dipasang. Jadi jika sewaktu-waktu pelapis lantai rusak, Anda bisa menggantinya sendiri tanpa membutuhkan bantuan tukang dan tambahan biaya.

5. Antibakteri

Bagi yang memiliki balita atau anak usia dini, Anda tidak perlu ragu saat ingin memasang vinyl klick untuk pelapis lantai di rumah. Karena di pasaran banyak beredar lantai vinyl dengan permukaan antibakteri.

Lantai jenis ini biasanya terbuat dari PVC berteknologi khusus yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Jadi sudah bukan zamannya lagi membersihkan lantai dengan obat pel yang mungkin saja memiliki residu berbahaya. Karena sekarang Anda bisa menggunakan pelapis lantai vinyl antibakteri yang aman sekaligus ramah lingkungan. Praktis bukan?

6. Tahan lama

Keunggulan utama klick vinyl dibanding pelapis lantai lain adalah awet dan tahan lama. Apalagi jika selama digunakan, pelapis lantai ini dibersihkan dan dirawat dengan baik. Salah satu alasan utama mengapa lantai klick vinyl tahan lama adalah bahan PVC.

Kerekatan dan ketebalan bahan ini membuat lantai tahan terhadap goresan, benturan, atau bahkan api dalam skala tertentu. Bahan PVC juga memungkinkan pelapis lantai ini tahan terhadap segala cuaca sehingga bisa digunakan untuk lantai indoor maupun outdoor.

Karena kualitasnya ini, tidak heran jika ada beberapa produsen vinyl klick yang mau menjamin bahwa produknya bisa tahan selama 10 hingga 15 tahun.

Satu-satunya hal yang harus dihindari agar lantai klick vinyl tahan lama adalah penggunaan bahan pembersih lantai berbahaya yang dapat menurunkan kualitas permukaan dan elastisitas PVC.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda hanya perlu menyapu dan mengepel pelapis lantai ini sesekali agar terlihat selalu bersih.

7. Tidak merusak lantai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pelapis lantai klick vinyl sangat mudah dipasang. Anda hanya perlu merekatkan pelapis dan lantai dengan cara meng-klick-kan masing-masing sisinya secara rapi. Hal ini berarti, lantai vinyl tidak membutuhkan lem khusus, semen, atau bahkan paku agar bisa merekat di lantai.

Karena tidak membutuhkan perekat, lantai ini bisa dilepas kapan saja ketika dibutuhkan dengan mudah dan tanpa merusak lantai di bawahnya. Jadi kapanpun Anda ingin berganti suasana, lantai klick vinyl dapat dibongkar pasang dengan mudah tanpa perlu khawatir mengeluarkan biaya lebih untuk penggantian atau membenahi kerusakan.

Cukup efisien dan praktis bukan? Tidak heran jika pada rumah-rumah modern dan minimalis, penggunaan pelapis lantai vinylbanyak ditemukan.

8. Murah dan terjangkau

Bagi yang memiliki bujet terbatas tetapi ingin menggunakan pelapis lantai di rumah, jangan khawatir. Klick vinyl cenderung lebih murah dan terjangkau dibanding pelapis lantai lain seperti karpet atau kayu. Di pasaran, vinyl klick dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000 per meter atau Rp500.000 per boks (isi sekitar 24 pcs atau 3,34 meter).

Harga tersebut biasanya untuk lantai klick vinyl dengan ketebalan 3mm dan lebar sekitar 15cm. Semakin tebal pelapis lantai, harga yang ditawarkan pun pasti semakin mahal. Jika ingin lebih berhemat, Anda bisa membeli pelapis lantai vinyl berbentuk roll yang bisa dibeli sesuai kebutuhan.

Selain murah, bentuk roll juga lebih mudah dipasang karena Anda tidak perlu repot-repot menyusun lantai satu per satu. Tapi sebelum membeli pelapis lantai vinyl berbentuk roll, pastikan bentuk rumah atau bangunan sesuai. Karena jika tidak, akan ada banyak sisa pelapis lantai klick vinyl yang terbuang sia-sia.

9. Motif beragam

Selain murah dan hadir dalam berbagai bentuk, pelapis lantai vinyl juga memiliki variasi motif yag cukup beragam. Mulai dari motif kayu parquete, hingga motif batuan alami yang menyejukkan mata. Karena cukup beragam, Anda bebas memilih motif dan menyesuaikannya dengan dekorasi rumah.

Tidak hanya itu, pelapis lantai vinyl juga hadir dalam berbagai warna mulai dari yang soft hingga tajam. Agar penambahan pelapis lantai sesuai, pastikan saat memilih motif dan warna Anda memperhatikan keserasiannya dengan warna tembok dan furnitur. Jadi meskipun harganya murah, pelapis lantai akan tampak mewah karena padu padan yang tepat dan sesuai.

10. Cocok untuk iklim Indonesia

Alasan lain mengapa klick vinyl populer di Indonesia adalah karena pelapis lantai cocok dengan iklim negara kita yang tidak terlalu panas ataupun dingin. Tidak seperti lantai keramik yang terasa dingin saat musim hujan tiba, vinyl dapat memberikan kehangatan pada kaki sehingga penghuni rumah tidak perlu menggunakan kaos kaki karena takut kedinginan.

Sedangkan saat musim kemarau tiba, permukaan klick vinyl tidak akan menyerap panas sehingga lantai terasa lebih sejuk dibandingkan jika dilapisi dengan karpet. Menarik bukan?

11. Permukaan lembut dan empuk

Bagi yang senang bertelanjang kaki di rumah, menggunakan pelapis lantai vinyl bisa menjadi salah satu alternatif ternyaman. Tekstur lantai yang lembut dan empuk membuat pelapis lantai ini nyaman untuk dipijak. Karena teksturnya ini, saat jatuh atau terbentur, klick vinyl tidak akan membuat kaki lebam atau memar.

Jadi selain nyaman, pelapis lantai klick vinyl juga aman untuk digunakan. Anda bisa membiarkan anak bebas bermain tanpa perlu khawatir kakinya akan terluka saat terjatuh.

12. Alternatif pengganti lantai kayu

Bagi yang ingin melengkapi dekorasi rumah dengan unsur alam tetapi belum mampu membeli kayu untuk dijadikan lantai, vinyl klick bisa menjadi alternatif terbaik pengganti kayu yang jauh lebih murah dan terjangkau. Serunya menggunakan pelapis lantai ini, Anda tidak perlu khawatir pada serangan rayap atau serangga lainnya. Karena berbahan dasar PVC, klick vinyl tidak akan disukai rayap sehingga kita tidak perlu khawatir harus melindungi rumah dari serangan serangga tersebut.

13. Praktis

Keunggulan utama yang membuat klick vinyl berbeda dari pelapis lantai lainnya adalah kepraktisannya. Baik itu soal pemasangan, cara perawatan, kualitas, ataupun motifnya. Tidak heran jika selain di rumah, pelapis lantai ini juga cocok digunakan di tempat-tempat umum seperti hotel, restoran, atau bahkan rumah sakit.

Inovasi ini tentu saja mempermudah kita yang ingin menghiasi lantai rumah minimalis tetapi bujet yang dipersiapkan terbatas.  Jadi, tertarik untuk menggunakan pelapis lantai vinyl klick? Jika iya, sebelum membeli ada baiknya kita mengetahui ragam motif dan daftar harga pelapis lantai praktis ini.

Nah, berikut merupakan daftar motif dan harga klick vinyl di Isibangunan.com

Daftar Motif dan Harga Vinyl Klick di Isibangunan.com

vinyl klick
vinyl klick – isi bangunan

Isibangunan.com merupakan salah satu toko bahan bangunan online yang menjual beraneka ragam pelapis lantai dan tembok berkualitas, termasuk pelapis lantai klick vinyl. Selain berkualitas, vinyl klick yang dijual di sini dibanderol dengan harga cukup terjangkau bahkan termurah di Jakarta.

Nah, sebagai referensi berikut daftar motif dan harga pelapis lantai klick vinyl yang ada di situs Isibangunan.com.

1. Harga dan Ragam Motif Lantai Vinyl Ketebalan 2mm

Harga pelapis lantai vinyl dengan ketebalan 2mm, panjang 91,5cm, dan lebar 15cm ini dibanderol sekitar Rp360.000 per boks atau Rp110.000 per meter.  Berikut motif dan warna yang tersedia:

  • Coklat elegant
  • Coklat modern minimalis
  • Krem minimalis
  • Coklat alam minimalis
  • Kuning modern
  • Kode warna 1364
  • Kode warna 1479
  • Kode warna 1477
  • Kode warna 1153
  • Kode warna 1478

2. Harga dan Ragam Motif Lantai Vinyl Ketebalan 3mm

Harga pelapis lantai vinyl dengan ketebalan 3mm, panjang 91,5cm, dan lebar 15cm ini dibanderol sekitar Rp500.000 per boks atau Rp152.000 per meter.  Berikut motif dan warna yang tersedia:

Kode warna 1367

vinyl Klick
lantai klick vinyl PVC – 3mm – code 1367

Kode warna 1361

vinyl klick
lantai klick vinyl PVC – 3mm – code 1361

Kode warna 1368

vinyl klick
lantai klick vinyl PVC – 3mm – code 1368

Kode warna 1364

vinyl klick
lantai vinyl klick PVC – 3mm – code 1364

Kode warna 1349

vinyl klick
lantai vinyl klick PVC – 3mm – code 1349

Selain melayani penjualan per boks atau 24 pcs dan meteran, kami juga menyediakan penjualan dalam bentuk roll. Pembelian dalam bentuk roll sangat disarankan untuk bangunan yang membutuhkan pelapis lantai vinyl dalam jumlah banyak sehingga Anda tidak perlu repot-repot memotong pelapis lantai.

Tapi untuk bangunan kecil seperti rumah minimalis atau hunian modern lainnya. Pelapis lantai yang dijual per boks bisa menjadi pilihan bijak. Itulah ulasan tentang pelapis lantai vinyl klick.

Jika tertarik membeli dan memesan, Anda bisa mengunjungi situs Isibangunan.com, menghubungi nomor telepon (021) 421 34 34, mengirimkan pesan melalui nomor Whatsapp 0811-111-279. Selain melayani pembelian dalam partai kecil, kami juga melayani partai besar.

Semoga bermanfaat.

Please rate this