Klick vinyl merupakan pelapis lantai yang dapat dipasang menggunakan sistem penguncian yang kuat dan stabil. Vinyl jenis ini umumnya digunakan sebagai alternatif pengganti karpet atau keramik.

Keunggulan utamanya yaitu dapat mereka erat dengan lantai karena sisi masing-masing vinyl dapat di-klick begitu saja. Sehingga tidak ada kemungkinan tergeser atau kemasukan air ketika mengepel lantai atau terkena banjir, asalkan tidak menggenang lama.

Selain dari keunggulan utama tersebut, masih ada sederet alasan lain mengapa Anda harus memilih klick vinyl sebagai penutup lantai rumah.

klick vinyl
klick vinyl – importir bahan bangunan

Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

1. Tahan Air

Lantai klick vinyl terbuat dari bahan utama resin vinyl sehingga tahan terhadap air. Asalkan tidak direndam dalam jangka waktu yang lama, vinyl tidak akan lapuk hingga puluhan tahun. Karena jika terdapat genangan air, lapisan permukaannya tidak akan rusak.

Namun, genangan air tetap harus segera dikeringkan agar tidak menyebabkan terpeleset. Karena terbukti tahan terhadap air, sudah banyak yang menggunakannya sebagai pelapis lantai dan dinding kamar mandi, tempat mencuci pakaian, ruang bawah tanah, dan dapur.

2. Tersedia Berbagai Pilihan Motif

Klick vinyl memiliki berbagai pilihan warna, corak, dan motif yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Motif lantai vinil yang populer, biasanya didesain serupa dengan kayu, marmer, atau bebatuan. Jika dilihat sekilas dari kejauhan, tidak tampak adanya perbedaan antara lantai vinyl dengan material aslinya.

Motif yang tampak realistis itu menjadikan lantai vinyl hampir serupa dengan batu alam atau kayu, sehingga sulit dibedakan dengan yang asli. Anda pun dapat memilih lantai vinyl yang memiliki tekstur urat kayu yang tidak licin dan seperti kayu sungguhan. (Klik disini untuk pemesanan JT Klik Vinyl)

Selain pola kayu, ada juga pola karpet, batu, polkadot, serta garis-garis dengan elemen dekoratif yang indah. Anda dapat menyesuaikan corak dan warna vinyl lantai dengan tema ruangan. Lantai ini sangat cocok untuk desain rumah minimalis atau pun bergaya klasik dan elegan.

3. Perawatan Mudah

klick vinyl
klick vinyl – perawatan mudah

Lantai vinyl mudah dirawat dan dibersihkan. Jika terdapat kotoran dapat dilap dengan mudah. Debu, pasir, kotoran, atau tumpahan cairan tidak akan merusak lapisan jika segera dibersihkan dan tidak dibiarkan menempel lama pada permukaan lantai.

Anda hanya perlu menyapu dan mengepel secara teratur agar selalu terlihat bersih. Selain itu, Anda dapat juga melakukan perawatan lilin dengan biaya yang cukup murah.

4. Awet dan Tahan Lama

Lantai klick vinyl relatif tahan lama, beberapa produsen dapat menjamin produknya dapat bertahan antara 15 hingga 20 tahun. Permukaan lantai vinyl juga tahan aus sehingga sesuai untuk dipasang pada rumah sakit, sekolah, supermarket, dan sarana transportasi. Daya tahan lantai vinyl juga dipengaruhi oleh cara pemasangan yang benar dan pemakaian yang sesuai.

Lantai vinyl dengan kualitas premium juga memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca. Paparan sinar matahari dan hujan tidak dapat menjadikannya rusak. Sehingga lantai ini dapat dipasang di dalam atau pun di luar rumah.

Meski kerap terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama, warnanya tidak akan memudar.  Permukaan lantai vinyl juga tidak akan memuai karena panas jika direkatkan pada lantai dengan benar.

5. Ramah Lingkungan

Lantai vinyl memiliki sifat ramah lingkungan yang baik bagi perlindungan sumber daya dan lingkungan ekologis. Vinyl berwarna kayu bebas dari phthalate atau senyawa kimia pelunak plastik yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan.  Vinyl terbuat dari bahan baku utama yaitu PVC yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Bagian bawahnya terbuat dari bubuk batu alam yang bebas dari bahan radioaktif. Meski masih ada yang meragukan keamanan bahan yang terbuat dari PVC, secara umum vinyl tidak beracun dan aman bagi lingkungan. Bahkan digunakan di sarana kesehatan seperti lantai rumah sakit, dan klinik kesehatan.

Ada sisi buruk dari segi material, vinyl dibuat dengan PVC (polyvinyl chloride) yang mampu melepaskan volatile organic compounds (VOC) ke udara. Bagi orang yang sensitif, ini sangat berbahaya. Namun, sejak tahun 2010, banyak pabrik yang mengurangi kandungan PVC di dalam produk mereka. (Klik disini untuk pemesanan JT Klik Vinyl)

6. Ringan

klick vinyl
klick vinyl – ringan – isibangunan.com

Lantai vinyl yang memiliki ketebalan antara 1,5 hingga 5 mm, beratnya per meter persegi berkisar antara 2 hingga 8 kg. Karenanya sangat mudah dipindahkan dan dipasang sendiri, meski oleh ibu rumah tangga sekalipun. Terutama untuk melakukan perbaikan kecil di area lantai yang rusak.

7. Permukaan Halus

Permukaan vinyl lebih halus daripada lantai kayu. Sehingga nyaman bersentuhan dengan kulit ketika berjalan, duduk, atau tiduran di atas lantai. (Klik disini untuk pemesanan JT Klik Vinyl)

8. Elastisitas Tinggi

Lantai vinyl sangat lembut dan elastis sehingga dapat memberi kenyamanan pada kaki. PVC lantai mempunyai ketahanan terhadap benturan. Lantai vinyl sangat baik dalam meminimalkan risiko cedera pada kulit. Lantai vinyl yang berkualitas bagus tidak akan patah ketika dilipat. Sifat elastisnya juga sangat memudahkan dalam pemasangan pada lantai.

9. Anti Selip

Permukaan lantai dari material PVC memiliki lapisan khusus anti selip yang memungkinkan tahan terhadap keausan dibandingkan dengan bahan ground biasa. Lantai PVC juga tidak lengket, lebih mudah dibersihkan, tidak licin, dan tidak membuat air menggenang.

Oleh sebab itu, lantai vinyl PVC cocok diterapkan pada tempat-tempat umum seperti rumah sakit, sekolah, bandara, dan ruang publik yang lain. Dalam kondisi kering, lantai vinyl tidak akan membuat orang yang melintasinya tergelincir.

10. Tahan api

Lantai PVC yang berkualitas dapat menahan kobaran api. Indikator kualitas PVC ditunjukkan dengan label B1. Kinerjanya setingkat di bawah batu untuk menahan kobaran api. Lantai vinyl berkualias tinggi tidak akan membahayakan tubuh manusia, tidak menghasilkan gas beracun, dan 95 persen aman ketika kebakaran.

Percikan api atau rokok pada skala tertentu juga tidak akan menyebar jika mengenai lantai vinyl, terlebih jika sudah dicegah untuk membesar.

11. Menyerap Suara

klick vinyl
klick vinyl – menyerap suara

Lantai vinyl plank memiliki kemampuan redam suara mencapai 6dB, sementara vinyl roll dapat mencapai 19dB. Ada pula lantai PVC yang mempunyai efek penyerapan suara hingga mencapai 20dB.

Sehingga kebutuhan lingkungan untuk tempat sepi seperti bangsal rumah sakit, ruang kuliah, aula, ruang rapat, dan ruang teater cocok dengan jenis lantai vinyl.

Dengan demikian Anda tidak perlu risau dengan sepatu hak tinggi atau suara orang bercakap-cakap yang dapat mengganggu konsentrasi. Lantai vinyl dapat memberikan Anda tempat yang lebih nyaman dan manusiawi.

12. Vinyl Anti Bakteri

Terdapat jenis lantai PVC memiliki permukaan anti bakteri yang dapat menghambat bakteri untuk bereproduksi, misalnya vinyl khusus untuk lantai rumah sakit. Untuk vinyl biasa, permukaannya tidak hanya dilapisi dengan pelindung anti sinar ultraviolet, tetapi juga dilengkapi anti bakteri sehingga aman bagi anak-anak bermain berlama-lama di atas lantai.

Selain itu, lantai vinyl akan awet dan tidak dimakan rayap. Vinyl klick juga lebih aman jika sering terkena air karena tidak beresiko lembap dan mengganggu kesehatan.

13. Cara Pemasangan Lantai Vinyl Mudah

klick vinyl
klick vinyl – Cara Pemasangan Lantai Vinyl Mudah

Pemasangan lantai dan konstruksinya relatif cepat dan dapat dilakukan oleh pemula tanpa menggunakan semen, paku, atau peranti perekat selain lem khusus. Secara khusus lantai PVC dapat mengunci, untuk model click and lock. Anda dapat melakukannya sendiri meskipun tidak berpengalaman. (Klik disini info harga terbaru JT Vinyl Click)

Pemotongan dan penyambungan juga dapat dilakukan dengan pisau, gergaji tangan, dan dapat dikombinasikan dengan warna berbeda. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menghasilkan dekoratif terbaik. Sehingga ruangan Anda menjadi lebih berseni dan terlihat artistik.

Lantai vinyl biasa direkatkan dengan menggunakan lem, tetapi klick vinyl dapat direkatkan dengan metode penguncian. (Klik disini info harga terbaru)

Keuntungan menggunakan klick vinyl yaitu cara pemasangannya lebih praktis tanpa lem sehingga mudah dibongkar pasang. Dengan demikian biaya lebih hemat karena tidak perlu membeli lem atau bahan perekat lagi. Lantai vinyl jenis ini pun dapat diaplikasikan pada lantai rumah tinggal, kantor, hotel, terutama bagian dapur.

14. Tak Hanya untuk Lantai

Material vinyl tidak hanya dapat diaplikasikan untuk lantai, melainkan dinding dan plafon rumah. Dapat juga diaplikasikan pada bagian tepi jendela, tangga, bahkan perabotan rumah.

Dengan demikian Anda dapat menyesuaikan corak dan warna yang tepat untuk dipasangkan pada lantai dan plafon. (Klik disini untuk pemesanan JT Klik Vinyl)

15. Tersedia Jasa Pasang Lantai Vinyl

klick vinyl
klick vinyl – Jasa pemasangan lantai vinyl

Jika Anda tidak yakin dapat memasang lantai vinyl sendiri, dapat menggunakan jasa pemasangan yang disediakan oleh distributor produk tersebut. Untuk pertama kali, memang disarankan Anda menggunakan jasa profesional untuk pemasangannya. Sementara untuk perbaikan atau penggantian di masa depan, Anda dapat melakukannya sendiri.

Setidaknya, pekerja yang melakukan pemasangan menjalankan tahap pemasangan sesuai standar, sehingga hasilnya sempurna. Dengan cara pemasangan yang besar serta pemantauan dari distributor ketika pengerjaan, hasilnya akan tahan lama dan awet. (Klik disini untuk pemesanan JT Klik Vinyl)

16. Tidak Merusak Lantai

Lantai vinyl yang dipasang dengan benar tidak hanya menjadikannya tahan lema, tetapi juga mudah dilepas ketika ada salah satu bagian lantai yang perlu diganti.

Ketika sebagian area perlu diganti karena rusak atau ingin berganti motif, lantai dasar berupa plester atau keramik tidak akan rusak jika menggunakan lem yang berkualitas. (Klik disini info harga terbaru)

17. Masih Dapat Digunakan Setelah Dilepas

Vinyl yang berkualitas masih dapat digunakan kembali meskipun sudah dilepas dari lantai. Vinyl bekas dalam kondisi baik masih dapat dipasang di area lantai yang lain.

18. Harga Lantai Vinyl Relatif Murah

klick vinyl
klick vinyl – harga lantai vinyl murah

Harga vinyl cukup murah antara Rp120.000 hingga Rp150.000 per meter persegi di pasaran. Bahkan ada yang menawarkan harga di bawah itu. Dengan harga pada kisaran tersebut, lantai vinyl yang ditawarkan memiliki ketebalan sekitar 0,3mm. Ketebalan layer akan berpengaruh terhadap daya tahan dan masa pakainya. (Klik disini untuk pemesanan JT Klick Vinyl)

Sehingga, jika Anda menginginkan lantai vinyl yang tahan lama, sebaiknya pilih yang lebih tebal. Semakin tebal lantai vinyl, lapisan kilapnya atau glossy semakin terlihat. Ketika membeli Anda perlu melakukan perbandingan ke beberapa toko untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik. (Klik disini info harga terbaru)

19. Tahan Goresan

Lantai vinyl cukup tahan terhadap goresan. Namun, tidak disarankan menarik benda berat dengan sudut atau sisi tajam di atasnya seperti meja, lemari, atau kursi. Jika Anda ingin memindahkan lemari atau perabot lainnya dengan cara menggeser, sebaiknya lapisi bagian bawah dengan kain yang cukup tebal sebelum digeser.

Kemampuan tahan gores yang baik menjadikan vinyl pilihan untuk melapisi lantai koridor rumah sakit yang kerap dilewati roda-roda ranjang, kursi roda, dan peralatan kesehatan. Vinyl juga kerap diaplikasikan pada lantai kawasan produksi di sektor industri, seperti pabrik elektronik atau tekstil.

Lantai vinyl dapat bekerja dengan baik setelah direkatkan pada vinyl lama, keramik, atau lantai plester, asalkan dipasang dengan benar. Pastikan sudah bersih agar perekatnya dapat bekerja dengan sempurna dan tidak cepat lepas.  

Sifat lantai vinyl yang relatif lembut, juga tidak membahayakan barang elektronik yang jatuh di atasnya. Walau bagaimana pun, permukaan vinyl dapat rusak jika terkena tusukan atau goresan dalam tekanan tertentu. Maka, Anda harus menjaga kondisi lantai supaya tidak cepat rusak.

20. Dapat Bersaing dengan Keramik

Lantai keramik berasal dari campuran glazur dan tanah liat yang diproses setelah melalui pembakaran. Hasilnya berupa material keras, kemudian dilapisi dengan lapisan halus dan mengkilap. Lantai keramik dapat dipasangkan di atas lapisan tanah yang rata. Kemudian dilapisi nat pada sela-sela potongan agar terlihat rata.

Keramik pun memiliki beragam motif dan model, seperti modern, minimalis, klasik, tradisional, natural, elegan, dan lain-lain. Keramik pun mudah dijumpai di toko-toko bangunan.

Perbandingan Lantai Vinyl VS Keramik

Membandingkan lantai klick vinyl dengan keramik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Soal harga, lantai keramik lebih mahal daripada vinyl. Tak hanya itu, harga keramik relatif cepat naik, berbeda dengan lantai vinil yang cenderung stabil.

Keramik

Lantai keramik dapat diperoleh di toko-toko material di sejumlah pelosok daerah, sementara vinyl dengan motif dan jenis beragam baru tersedia di toko-toko yang ada di kota besar. Meski demikian, hal ini tidak menjadi masalah karena Anda dapat membelinya dari toko online.

Dilihat dari ketahanannya, keramik lebih mudah pecah dan tergores karena sifatnya yang keras. Sedangkan lantai vinyl terbuat dari plastik dan karet bermutu tinggi tidak akan pecah. Namun, keduanya harus diganti dengan yang baru jika mengalami kerusakan.

Tentang kenyamanan, lantai vinyl dan keramik sama-sama memiliki permukaan yang halus dan nyaman. Akan tetapi, di daerah berhawa dingin, lantai vinyl lebih nyaman karena terasa lebih hangat di kaki.

Dari materialnya, lantai keramik lebih kuat tetapi akan pecah jika tertimpa barang yang berat. Sementara lantai vinyl tidak mudah pecah tetapi tidak lebih tahan terhadap goresan dan gesekan barang yang ada di atasnya dibandingkan keramik.

Lantai Klick Vinyl

Lantai vinyl memiliki kualitas yang baik dan tahan lama dengan harga yang terjangkau. Perawatannya juga cukup mudah, dengan menyapu dan mengepel saja tampilannya sudah serupa dengan lantai keramik.

Di samping itu lantai buatan memiliki motif yang sangat beragam, dapat menyerupai kayu, marmer, keramik, batu, dan kayu. Vinyl tahan terhadap cuaca dan tidak memuai, pemasangannya juga mudah sehigga dapat dipasang sendiri. Apabila terjadi kerusakan karena goresan pada salah satu lembaran, penggantian dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Meski tidak sebagus lantai keramik atau marmer dari berbagai sisi, lantai vinyl masih memberikan sisi elegan di dalam interior rumah. Sehingga dapat meningkatkan nilai jual rumah, tidak kalah jauh dengan bangunan yang menggunakan lantai keramik. (Klik disini info harga terbaru)

Setelah mengetahui alasan mengapa harus memakai klick vinyl untuk rumah dan bangunan lainnya, Anda dapat membayangkan keuntungan yang didapat. Kini, tidak perlu ragu lagi memilih lantai vinyl sebagai pelapis lantai untuk hunian Anda.

Please rate this