Tak kenal maka tak sayang. Itulah barangkali yang terjadi dengan lantai vinyl click di kalangan masyarakat luas. Namun, mungkin sebagian besar dari Anda justru sudah mulai melirik material vinyl ini untuk menggantikan lantai keramik?

Ya, memang benar pemilihan material rumah harus dilakukan dengan tepat. Perumpamaan bahwa rumahku adalah istanaku memang tepat. Rumah harus benar-benar nyaman, karena merupakan tempat berkumpul bersama keluarga.

Jadi, saat memilih material bagi rumah Anda terutama lantai, Anda harus berhati-hati agar tidak salah memilih material yang berkualitas. Jika tidak, maka lantai akan mudah rusak dan Anda harus merenovasinya kembali. Sebuah renovasi adalah pengeluaran ulang yang sebaiknya dihindari.

Nah, jika demikian sebelum menggunakan vinyl sebagai lantai rumah Anda, alangkah baiknya untuk mengenal lebih jauh kelebihan lantai vinyl ini dibandingkan lantai keramik.

Ini 7 Kelebihan Vinyl Click dibandingkan Keramik

1. Vinyl Click Flooring Pengganti Lantai Kayu atau Parket

Vinyl Click
Vinyl Click – Merk Vinyl yang Bagus – cek ketebalan

Lantai kayu masih banyak diminati sebagai material penghangat ruangan, sayangnya material kayu semakin sulit dicari dan harganya pun semakin tinggi.

Oleh karenanya Vinyl bisa menggantikan fungsi lantai kayu atau parket ini, karena tampilannya mirip dan tidak kalah cantik. Selain itu berbeda dengan kayu asli, lantai vinyl ini antirayap dan pemasangannya pun jauh lebih rapi serta tidak terlihat sambungannya.

2. Penampilan Natural

Yang membuat vinyl banyak dipilih sebagai bahan alternatif dibandingkan keramik ialah penampilannya yang terlihat lebih natural. Berbagai pilihan motif dan ukuran juga telah banyak tersedia. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir tidak menemukan motif dan  ukuran yang Anda inginkan. (Klik disini untuk info motif terbaru vinyl click flooring)

3. Pemasangan Lantai Vinyl Click Sangat Praktis

vinyl click
vinyl click – lantai vinyl klik Lantai Nyaman dan Murah – pixabay

Anda tidak perlu khawatir harus membongkar lantai lama, karena pemasangan lantai vinyl ini sangat praktis. Layaknya memasang karpet, Vinyl bisa langsung ditumpuk di atas lantai lama baik yang berbahan keramik maupun berbahan vinyl sebelumnya.

Pemasangan lantai vinyl  tidak membutuhkan semen dan nat, karena setiap lembar vinyl sudah dilengkapi perekat di bawahnya.  Vinyl tidak hanya dijual dalam satuan dos seperti halnya keramik, tetapi tersedia juga lembaran atau sheet. (Klik disini untuk info motif terbaru vinyl click flooring)

4. Lantai Vinyl Tidak Dingin

Bagi Anda yang menginginkan lantai rumah yang hangat, lantai berbahan vinyl menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, selain elastis lantai vinyl ini hangat dan terasa lebih nyaman di kaki. Dibandingkan jika Anda menggunakan lantai keramik yang keras dan terasa dingin bila diinjak, terutama saat musim hujan.

5. Perawatan Lantai Vinyl Lebih Mudah

vinyl click
vinyl click – Perawatannya mudah – karpet vinyl murah

Meskipun bahannya tidak keras, perawatan lantai berbahan vinyl ini mudah dan tidak merepotkan Anda. Namun, agar lebih awet dan tidak tergores Anda harus lebih berhati-hati saat mengepel lantai. Lantai vinyl juga tidak akan memuai seperti keramik jika terkena panas. Meskipun demikian, disarankan pemakaian lantai vinyl khusus di area indoor saja.

6. Lantai Vinyl Lebih Lentur

Material vinyl juga bersifat lebih lentur dibandingkan keramik. Sifat kelenturan ini membuat pengaplikasian vinyl menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, saat diinjak menjadi terasa lebih nyaman dibandingkan lantai keramik.

7. Lantai Vinyl Lebih Bersifat Anti Gores

Vinyl yang berbahan dasar PVC ini merupakan bahan pembuat plastik yang fleksibel dan mudah direnggangkan. Selain itu, vinyl juga  dilengkapi dengan bahan antigores, sehingga vinyl menjadi lebih tahan api dan tidak mudah terbakar.

Berhubung vinyl tidak memiliki karakter kayu, vinyl juga lebih tahan terhadap air. Meskipun demikian, Anda juga harus menjaganya dengan hati-hati dari benda-benda tajam, karena jika dibandingkan dengan keramik materialnya tidak terlalu keras.

Nah, demikianlah kelebihan material vinyl bagi lantai rumah Anda. Namun, perlu diketahui bahwa saat ini vinyl tidak hanya digunakan sebagai lantai rumah hunian saja. Pemakaian lantai vinyl sudah merambah ke dunia industri baik di dunia maupun di Indonesia. (Klik disini untuk pemesanan lantai vinyl klik)

Berikut ini beragam industri yang telah memanfaatkan lantai vinyl ini, karena dianggap lebih menguntungkan.

Industri yang Memanfaatkan Material Vinyl di Indonesia dan Dunia

vinyl click
vinyl click – industri yang menggunakan lantai vinyl klik

Lantai vinyl mulai banyak digunakan sebagai penutup lantai karena terlihat lebih natural, mewah, dan sekaligus murah. Oleh karenanya, lantai vinyl menjadi pilihan utama oleh konsumen dari berbagai kalangan dan strata. Tidak hanya sebagai penutup lantai hunian pribadi, melainkan juga berbagai bangunan institusi pemerintah dan swasta.

Sejarah Perkembangan Lantai Vinyl

Awal 1926 – 1933

Sejak ditemukan pertama kali oleh penemu Semon di Amerika pada tahun 1926,  vinyl mulai banyak diaplikasikan dalam berbagai industri. Industri ini meliputi pembuatan tabung plastik bola golf, isolasi kawat dan gasket, tirai shower, dan tumit sepatu. Sedangkan vinyl sebagai pelapis lantai, baru diperkenalkan sejak tahun 1933 di Chicago, berupa Vinyl Composite Tile.

Perang Dunia ke-2 1939

Berhubung adanya perang dunia II, produksi vinyl sebagai alternatif penutup lantai yang mudah pemasangannya mulai terhenti. Hal ini disebabkan bahan karet, plastik, dan PVC menjadi sangat langka. Banyak material karet dan PVC habis dipakai untuk melindungi kabel kapal-kapal militer.

Usai Perang 1960

Usai perang tahun 1960, vinyl kembali diperkenalkan dengan teknologi baru.  Terdapat tambahan pada layer bawah sehingga membuatnya nyaman untuk dipijak.

Tahun 1970

Pada tahun 1970, lantai vinyl plank yang berbentuk lembaran seperti parket mulai diperkenalkan. Motifnya yang terlihat seperti kayu sungguhan, menjadi pilihan utama sebagai pelapis lantai di seluruh dunia.

Tahun 2019

Saat ini lantai vinyl bahkan dapat diaplikasikan tidak hanya pada lantai, melainkan bidang lain seperti dinding dan plafon. Dengan pengaplikasian yang mudah, banyak pilihan motifnya, mudah perawatannya dengan nol biaya, dan tahan lama,  jelas membuat material vinyl menjadi semakin populer.

Industri yang Menggunakan Vinyl di Dunia

Industri pengguna vinyl tersebar di dunia dengan pengguna terbesar di pasar global adalah di area Asia Pasific khususnya di tahun 2016. Hal ini disebabkan adanya pertumbuhan di bidang industri kesehatan, pendidikan, dan industri infrastruktur.

Terutama Cina dan India yang memegang peranan menumbuhkan penggunaan vinyl ini di berbagai industri. (Klik disini untuk import vinyl click)

Kenaikan pendapatan dan perubahan gaya hidup membuat meningkatnya permintaan akan pembangunan dan renovasi hunian seperti rumah, apartemen, dan kondominium. Terlebih lagi di  Cina dan India terjadi perluasan dalam berbagai bidang industri seperti otomotif, olahraga, perhotelan, yang kesemuanya membuat permintaan terhadap lantai vinyl ini semakin tinggi.

Di tahun 2016 tersebut, penggunaan segmen vinyl sheet dan vinyl tile berjumlah setengah dari nilai pasar global dunia. Namun, di antara jumlah tersebut vinyl tile yang lebih mewah diantisipasi akan mengambil 14% pangsa pasar vinyl sheet dan vinyl tile tersebut di tahun 2020. Vinyl tile mewah ini memang banyak digunakan di industri seperti kantor, retail, dan perhotelan. Hal ini disebabkan vinyl tile mewah memiliki kelebihan desain dibandingkan material tradisional seperti kayu, marmer, dan beton.

Di negara besar seperti Amerika, lantai vinyl juga telah banyak digunakan di berbagai industri. Vinyl didesain sedemikian rupa untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan industri yang luas dan bervariasi. Dari motif kayu yang lembut,  motif batu, dan material abstrak yang unik, menggambarkan kombinasi sempurna antara style dan kekuatannya.

Desain style lantai vinyl ada tiga jenis meliputi:

Vinyl Tile dan Plank

mewakili kemewahan lantai vinyl yang bisa diaplikasikan dalam berbagai konfigurasi sesuai keinginan. Vinyl Tile berbentuk seperti keramik dan Vinyl Plank berbentuk lembaran persegi panjang ini, memungkinkan design yang customized dalam industri apapun.

Vinyl Sheet

berupa lembaran yang diaplikasikan secara praktis untuk ruangan yang lebih besar, khususnya di industri kesehatan seperti rumah sakit. Ruang yang cocok dipasang lantai vinyl sheet ini adalah ruang operasi, ICU dan laboratorium.

Vinyl dapat diaplikasikan di industri apapun termasuk hotel dan restoran serta ruangan industri retail, kantor, sekolah, kampus, olahraga dan fitness center, klinik serta otomotif.

  • Pemakaian di pabrik misalnya, menggunakan lantai vinyl khusus yang mampu menahan beban berat seperti fork lift dan peralatan berat lainnya.
  • Sedangkan untuk lantai vinyl antislip biasanya diaplikasikan pada koridor gedung kantor maupun lantai lift, serta area lain yang membutuhkan lantai vinyl antislip.
  • Lantai vinyl antistatik yang memiliki kemampuan menekan timbulnya listrik statis  seperti kebakaran, ledakan, dan kontaminasi ini banyak digunakan dalam industri elektronik serta industri yang menggunakan peralatan elektrik yang sensitif.

Industri yang Menggunakan Lantai Vinyl di Indonesia

Di Indonesia pun tidak sedikit industri yang telah memanfaatkan lantai vinyl ini untuk menghadirkan interior dan desain yang elegan, sekaligus fungsinya yang lebih maksimal.

Nah, inilah daftar industri yang telah mengaplikasikan material vinyl ini di Indonesia.

1. Industri Kesehatan

vinyl click
vinyl click pada Industri Kesehatan

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, industri kesehatan pun mengalami perubahan yang signifikan terkait perawatan gedungnya. Saat ini banyak rumah sakit  dan pusat kesehatan lainnya telah banyak mengaplikasikan lembaran vinyl untuk menutup lantainya.

Hal ini disebabkan lantai rumah sakit harus higienis, bebas bakteri, tetapi juga nyaman dan aman untuk dipijak. (Klik disini info import vinyl click)

  • Vinyl yang bersifat lentur ini memiliki kelebihan yaitu antigores, antirayap, antipatah, antiapi, antidarah, serta antijamur, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi industri kesehatan. Oleh karenanya, vinyl sangat sesuai penggunaannya untuk rumah sakit, klinik, ataupun puskesmas yang merupakan tempat yang dilalui banyak orang serta berisiko terkena noda.
  • Vinyl khusus untuk rumah sakit yang dilapisi bahan yang mengandung formaldehida yang bersifat antibakteri ini, cocok digunakan di berbagai ruang seperti ruang operasi, ruang ICU, ruang rawat inap, ruang laboratorium, ruang recovery pasien, hingga ruang gawat darurat.
  • Vinyl yang tahan zat kimia ini pun harganya terjangkau serta bila dipasang sesuai aturan akan bisa bertahan selama 20 tahun.
  • Terdapat banyak pilihan motif, desain, dan warna vinyl yang khusus dipasang di lantai rumah sakit sehingga tidak monoton.
  • Vinyl homogeneous sheet dan heterogeneous yang antinoda juga banyak dipakai di rumah sakit dengan ketebalan dan warna yang bervariasi. Vinyl jenis ini cocok di ruang dengan kelembaban yang tinggi termasuk laboratorium, toilet, dan dapur.

2. Gedung Perkantoran, Hotel, Mal, Butik, dan Restoran

vinyl click
vinyl click pada Gedung Perkantoran, Hotel, Mal, Butik, dan Restoran

Lantai kantor saat ini mulai banyak menggunakan vinyl sebagai inovasi terbaru untuk mendapatkan interior yang lebih berkarakter. Bagian ruangan kantor yang biasa dipasang lantai vinyl adalah ruang rapat, lobi, musala, koridor, hingga pantri.

Paduan antara berbagai lantai viynil serat kayu dengan furnitur dan dekorasi interior lainnya,  memang akan lebih dapat menghadirkan kesan yang berbeda yang ramah lingkungan.

Inilah beberapa jenis lantai vinyl yang sering dipakai di gedung perkantoran, hotel, mal, butik, dan restoran.

  • Jenis lantai vinyl yang cocok digunakan di ruangan kantor yaitu jenis self stick berupa vinyl yang berperekat seperti stiker. Jadi vinyl ini bisa dibongkar pasang jika ingin dipindahkan ke ruangan lain. Jenis lainnya adalah glue down, yang membutuhkan lem sebelum dipasang sehingga tidak bisa dipindah lagi.
  • Sedangkan untuk motif yang sering digunakan adalah motif Faux Hardwood, berupa motif kayu alami sesuai dengan furnitur warna putih dan Hardwood.  Sedangkan motif Oak-effect cocok dengan berbagai furnitur yang bisa memberikan efek segar nuansa pedesaan.
  • Motif Wicked Caspion Grey Oak luxury dapat memberikan kesan elegan dan nyaman dengan warna abu-abunya. Sedangkan motif Wood-effect cocok digunakan di ruangan mana pun yang ingin mendapatkan nuansa alami dan sejuk.

3. Lantai Lapangan Olah Raga

vinyl click
vinyl click pada Lantai Lapangan Olah Raga

Lantai vinyl tidak hanya digunakan sebagai penutup lantai gedung, melainkan sudah merambah ke lapangan olahraga. Hal ini disebabkan karpet vinyl memiliki beragam warna dan corak yang cocok untuk lapangan. 

Banyak yang mengganti lapangan futsal, basket, voley, badminton, gym, yang semula berlantaikan semen menjadi lantai vinyl agar lebih nyaman. Apalagi karpet vinyl dapat mengurangi luka saat terjatuh selama permainan berlangsung.

Berikut ini contoh jenis karpet vinyl untuk lapangan futsal. Manfaat penggunaan lantai klick vinyl  untuk lapangan olahraga futsal ini juga bisa diterapkan dalam lapangan olahraga umumnya seperti lapangan basket, voley, dan badminton.

  • Model karpet vinyl rumput fiber sintetis hampir menyerupai rumput gajah dengan permukaan halus dan  jangka waktu pemakaian lebih dari tiga bulan.
  • Jenis vinyl rumput monofilament sintesis menyerupai rumput jepang yang lebih kaku dan kecil dengan kualitas bagus. Dengan demikian, bisa tahan lama lebih dari setahun tanpa perawatan.
  • Model karpet vinyl lantai rol atau gulungan bisa digunakan untuk lapangan yang besar karena jatuhnya lebih murah.
  • Interlocking sport floor yang antislip cocok digunakan, bila modal belum cukup untuk menutup lantai lapangan dengan lantai vinyl gulungan. Vinyl jenis ini mudah bongkar pasangnya  menyerupai puzzle.

4. Sekolah dan Kampus

vinyl click
vinyl click pada Sekolah dan Kampus

Lantai sekolah dan kampus saat ini pun sudah mulai banyak menggunakan lantai vinyl. Tentunya pemilihan lantai vinyl ini dilakukan dengan memilih jenis lantai vinyl yang sesuai dengan pengguna dan aktivitas yang banyak dilakukan. Tujuannya agar pemasangan lantai klick vinyl ini dapat  menghadirkan suasana yang nyaman dan tidak membosankan bagi para pelajar dan mahasiswa.

Umumnya yang paling sering digunakan adalah lantai vinil jenis rol maupun vinyl plank, karena dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan sekolah dan kampus. Sedangkan vinyl motif kayu dapat dipakai sesuai dengan fungsi ruangan misal di ruang belajar, ruang laboratorium sekolah atau kampus, serta ruang praktikum.

5. Pergudangan atau Pabrik

Lantai vinil juga digunakan untuk industri pabrik dan lantai pergudangan. Material vinyl yang digunakan biasanya adalah vinyl tile yang waterproof atau tahan air. Ukuran vinyl tile ini bisa mencapai hingga 500 m2 serta mampu menahan beban berat seperti fork lift dan peralatan  berat lainnya.

6. Otomotif

Saat ini moda transportasi juga telah tampil lebih bersih dan elegan menggunakan lantai vinil. Bahan yang cocok digunakan untuk lantai bus adalah vinyl PVC berupa rol atau gulungan dengan  warna beragam dan harga terjangkau. Selain itu, lantai indoor PVC vinyl antislip yang berbentuk rol juga banyak dipilih untuk tujuan keamanan dan kenyamanan para penumpang.

Demikianlah, penggunaan lantai vinyl click yang mulai banyak dilirik dan semakin marak digunakan baik di industri dunia maupun di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kelebihan kualitas dan fungsi yang ditawarkan oleh lantai vinyl click ini, sehingga dianggap lebih menguntungkan.

Selain itu dengan adanya ketersediaan material lantai vinyl baik dari jenis, motif, dan warna, didukung harga murah, cara pemasangan hingga perawatannya yang mudah, lantai vinyl jelas akan mampu menggeser lantai keramik yang dianggap lebih konvensional.

Please rate this