Rumah dengan pelapis lantai dari ubin menjadi pemandangan yang begitu mainstream di Indonesia. Untuk pilihan tampilan rumah yang lebih mewah, Anda bisa menggunakan pelapis lantai dari bahan kayu.

Hanya saja, lantai kayu memiliki harga serta biaya perawatan yang mahal. Untuk pilihan terbaik, Anda dapat menggunakan lantai vinil.

Vinil merupakan pelapis lantai sintesis yang dibuat dari bahan polyvinyl chloride, material kimia yang dipakai untuk pembuatan pipa PVC. Pemakaian vinyl untuk melapisi lantai, memungkinkan Anda untuk memperoleh tampilan rumah yang mewah dan cantik dengan harga yang murah.

Di samping itu, lantai vinyl juga nyaman dan bisa dirawat dengan mudah.  

Kelebihan Lantai Vinil yang Membuatnya Sebagai Pelapis Lantai Serbaguna

Menariknya lagi, penggunaan lantai vinil juga tidak terbatas pada ruangan tertentu. Anda dapat memasang material pelapis lantai ini di ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, ataupun kamar mandi. Kelebihan-kelebihan dari lantai vinyl memang memungkinkannya untuk bisa dipakai dalam beragam jenis ruangan.

Kelebihan yang dimiliki oleh lantai vinil tersebut di antaranya adalah:

1. Harga lebih murah dibanding lantai kayu

vinil
vinil – klick vinyl – Harga lebih murah dibanding lantai kayu

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh lantai vinil adalah harganya yang murah, terutama kalau dibandingkan dengan lantai kayu. Harga dari lantai vinyl hanya setengah harga dibandingkan dengan lantai kayu. B

ahkan, selisih harga tersebut bisa jauh lebih tinggi kalau Anda menggunakan kayu dengan kualitas tinggi. Untuk pemesanan lantai vinyl yang berkualitas klik disini

2. Tersedia banyak pola yang cantik

Sebagai bahan pelapis lantai sintetis, Anda bisa menjumpai banyak opsi pola pada produk lantai vinyl. Anda bisa menemukan desain pola berupa permukaan beragam jenis kayu, marmer, dan semacamnya. Selain itu, Anda juga bisa mempercantik tampilan desain lantai vinyl dengan menggunakan pola pemasangan berbeda, misalnya, secara diagonal, heksagonal, ataupun herringbone.

Dengan beragam pola cantik serta cara pemasangan yang fleksibel tersebut, lantai vinyl mampu menghadirkan suasana ruangan yang mewah. Di samping itu, deretan model yang tersedia juga memungkinkan lantai vinil untuk bisa digunakan dalam berbagai ruangan, termasuk di antaranya adalah kamar anak ataupun ruang keluarga.

3. Cara pemasangan yang mudah

vinil
vinil Merk Vinyl yang Bagus – dengan motif dan cara pemasangan yang mudah

Ketika Anda menggunakan lantai ubin ataupun kayu, proses pemasangannya harus menggunakan tenaga tukang. Alhasil, tidak heran kalau beban pengeluaran bertambah untuk ongkos mereka. Namun, hal tersebut bisa Anda hindarkan ketika memilih lantai vinil. Jenis pelapis lantai yang satu ini memberikan cara pemasangan yang begitu mudah.

Lantai vinyl yang ada di pasaran, telah disertai dengan perekat pada bagian bawah. Dengan bentuk seperti itu, pemasangannya bisa Anda lakukan sendiri. Selain itu, vinyl juga bisa diaplikasikan secara langsung pada berbagai jenis permukaan, termasuk di antaranya adalah lantai beton, keramik, kayu, dan jenis lantai lainnya.

4. Daya tahan tinggi

vinil
vinil memiliki daya tahan tinggi – gym

Vinyl juga dikenal sebagai material yang memiliki daya tahan tinggi, tidak kalah dengan lantai ubin. Pemakaian pelapis lantai yang satu ini bisa bertahan antara 10 sampai 15 tahun. Bahkan, kalau Anda mampu melakukan perawatan dengan baik, lantai vinyl dapat bertahan hingga 20 tahun.

Selain itu, dalam setiap pembelian pelapis lantai vinyl, Anda akan menemukan garansi ketika terjadi kerusakan. Pemberian garansi ini bergantung pada lokasi pembelian. Ada pihak penjual yang memberi garansi, ada pula yang tidak. Perlu Anda ketahui, lapisan lantai vinyl yang rusak, tak bisa diperbaiki, hanya dapat diganti. 

Garansi yang diberikan oleh pihak penjual biasanya antara 2 sampai 5 tahun. Namun, ada pula penjual yang menyediakan garansi 10 tahun untuk pembelian lantai vinil yang berukuran tebal dan memiliki kualitas tinggi. Untuk pemesanan lantai vinyl yang berkualitas klik disini

5. Cara perawatan yang mudah

vinil
vinil mudah dibersihkan

Ketika menggunakan lantai kayu, Anda bakal dipusingkan dengan cara perawatannya yang cukup sulit. Lapisan lantai dari kayu, tak hanya harus dibersihkan secara rutin. Anda harus memastikan bahwa lantai kayu yang digunakan terbebas dari rayap. Tak ketinggalan, Anda juga harus membersihkan lantai dengan cairan khusus agar tampilannya tetap mengkilat dan cantik.

Kondisi berbeda ketika Anda menggunakan lantai vinil. Anda bisa memperoleh lantai rumah yang cantik dan mewah seperti halnya lantai kayu ataupun marmer dengan cara perawatan yang mudah. Lantai vinil memang didesain untuk dapat dibersihkan dengan begitu mudah. Anda hanya perlu menyapunya secara rutin dan mengepelnya sesekali.

Kalau Anda menginginkan lapisan vinyl selalu terlihat mengkilap, caranya juga sangat mudah. Ada beberapa bahan pembersih murah yang bisa digunakan. Beberapa bahan tersebut di antaranya adalah, cuka, alkohol, serta cairan pencuci piring. Selain murah, Anda pun tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan pembersih tersebut.

6. Nyaman

vinil
vinil nyaman digunakan

Tingkat kenyamanan yang bisa didapatkan dari pemakaian lantai vinyl tidak kalah dibandingkan dengan pelapis lantai dengan harga lebih mahal. Permukaan dari lantai vinyl begitu halus dan terlihat mengkilat.

Selain itu, jenis lapisan lantai ini juga terasa begitu lembut ketika diinjak. Bahkan, tingkat kelembutan dari lantai vinyl, sebanding dengan karpet. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Pada produk lantai vinyl yang premium, Anda akan mendapati lapisan bantalan yang berada di bagian bawah. Dengan adanya bantalan tersebut, tidak heran kalau lantai vinyl terasa lebih empuk dibandingkan jenis material lain. Selain itu, ketika ada benda jatuh ke permukaan lantai vinyl, misalnya seperti gelas kaca, tidak akan pecah.

Kenyamanan lain yang bisa didapatkan dari pemakaian lantai vinil adalah lantai yang terasa hangat. Efek seperti ini akan sangat membantu ketika musim hujan. Anda bisa tetap merasa hangat ketika berada di dalam ruangan. Untuk pemesanan lantai vinyl yang berkualitas klik disini

7. Tahan air dan noda

vinil
Kelebihan Vinil Pelapis Lantai – jt vinyl klik – pixabay

Keuntungan terakhir dari lantai vinil yang memungkinkannya untuk dipasang pada beragam jenis ruangan adalah ketahanannya terhadap air serta noda. Dengan kemampuannya yang tahan terhadap air, jenis pelapis lantai ini bisa Anda manfaatkan untuk kamar mandi.

Anda pun bisa menjumpai pola yang tak memiliki tekstur permukaan yang licin sehingga tak membahayakan. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Hanya saja, tak semua jenis lantai kamar mandi cocok dilapisi dengan vinyl. Pelapis sintetis murah ini sesuai untuk desain kamar mandi kering yang di dalamnya memakai bathub, toilet duduk, ataupun wastafel.  Pemakaian vinyl tak direkomendasikan untuk kamar mandi yang basah, yang di dalamnya terdapat bak penampung air serta gayung.

Sementara itu, permukaan yang tahan terhadap noda, memberi kemudahan ketika ditempatkan di area dapur. Anda pun tidak perlu khawatir ketika ingin membersihkan noda cipratan masakan, debu, minyak, dan lain-lain. Dengan cara pembersihan yang mudah, lantai dapur bisa terlihat kinclong setiap hari.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Lantai Vinil

Nah, Anda sudah mengetahui kelebihan dari lantai vinil yang memungkinkannya untuk bisa ditempatkan di beragam jenis ruangan. Namun, ketika memutuskan untuk menggunakan pelapis lantai ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yakni:

Jenis lantai vinil yang digunakan

Anda harus tahu bahwa ada beberapa jenis pelapis lantai vinyl yang bisa Anda temukan di pasaran. Jenis-jenis tersebut didasarkan pada finishing permukaannya ataupun bentuknya. Anda akan mendapati 2 jenis vinyl yang dibedakan berdasarkan bentuknya, yakni:

1. Lembaran (roll)
vinil
vinil roll

Tipe pelapis lantai yang satu ini memiliki bentuk lembaran yang bisa digulung. Harganya murah, disesuaikan dengan ukuran serta tingkat ketebalannya masing-masing. Vinyl tipe lembaran, bisa Anda temukan dengan panjang mencapai 2 meter dengan lebar 2 meter dan panjang 20 meter. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Vinyl dengan tipe lembaran memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan vinil tipe papan (plank). Hanya saja, untuk pemasangannya tidak bisa dilakukan secara langsung. Anda memerlukan bahan perekat untuk menempelkan pelapis ini pada permukaan lantai.

2. Papan (plank)
vinil
vinil model papan (plank)

Jenis berikutnya adalah model papan (plank). Tipe pelapis vinyl yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dengan harga lebih mahal dibandingkan vinyl roll. Hanya saja, vinyl tipe ini menghadirkan kualitas yang lebih bagus dengan tekstur yang mendekati material alami.

Selain itu, cara pemasangan vinil tipe plank juga jauh lebih mudah dibandingkan dengan vinyl roll. Anda tak memerlukan bahan perekat untuk proses pemasangannya. Di bagian belakang vinyl jenis ini, Anda akan mendapati keberadaan bahan perekat yang memungkinkannya untuk bisa dipasang secara langsung. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Jenis finishing yang digunakan pada vinyl

Selain ada perbedaan pada bentuknya, Anda juga harus memperhatikan model finishing yang digunakan pada vinyl. Ada 3 tipe finishing yang perlu Anda ketahui, yakni:

1. Pelapis lantai vinyl tanpa wax

Pelapis vinyl yang satu ini merupakan jenis yang paling ringan dibandingkan tipe finishing yang lain. Jenis vinyl yang satu ini cocok untuk digunakan pada ruangan yang jarang dilewati, seperti ruang belajar ataupun perpustakaan pribadi di dalam rumah.

2. Urethane finish

Jenis vinyl yang satu ini memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan vinyl tanpa wax. Lewat finishing tersebut, jenis vinyl ini juga memiliki tingkat ketahanan terhadap noda, sehingga mudah dibersihkan. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

3. Enhanced urethane finish

Jenis finishing yang ketiga adalah vinyl dengan enhanced urethane. Tipe vinyl ini punya ketahanan paling tinggi dibandingkan dengan jenis finishing vinyl lain. Oleh karena itu, enhanced urethane vinyl sangat cocok untuk dipakai pada ruangan yang sering dilalui, seperti ruang keluarga, dapur, ataupun ruang tamu.

Tingkat ketebalan

Memilih lantai vinil juga harus dilakukan dengan memperhatikan tingkat ketebalannya. Semakin tebal ukuran vinyl yang dipakai, semakin bagus kualitasnya. Dengan ukurannya yang tebal itu, lantai vinyl bakal terasa empuk dan nyaman ketika dilewati.

Tidak hanya itu, ketebalan vinyl juga berpengaruh pada tingkat elastisitasnya. Semakin elastis, maka lantai tidak hanya nyaman ketika dipakai untuk berjalan. Lantai tersebut juga tidak akan menimbulkan suara ketika dilewati. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Di pasaran, Anda bisa menjumpai beberapa model pelapis lantai vinyl dengan beberapa ukuran ketebalan. Anda akan menemukan lantai vinyl dengan ketebalan 1 mm yang bisa diperoleh dengan harga murah. Sementara itu, vinyl dengan ketebalan mencapai 4 mm memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Motif

Seperti yang telah disebutkan, banyaknya variasi motif menjadi salah satu keuntungan dari lantai vinyl. Ketika memilih motif untuk sebuah ruangan, Anda harus mempertimbangkan fungsi utama dari ruangan tersebut.

Sebagai contoh, Anda tentu tidak bisa memakai motif yang sama pada lantai kamar anak dengan ruang tamu. Motif lantai vinyl yang penuh warna dengan kesan ceria, cocok untuk kamar anak. Sementara itu, lantai vinyl dengan kesan mewah jadi opsi yang tepat untuk ruang tamu.

Persiapan sebelum pemasangan

Ketika menggunakan lantai vinyl, Anda tak bisa memasangnya secara langsung. Ada persiapan yang harus dilakukan agar lapisan vinil terpasang dengan baik. Perlu Anda ketahui, pelapis vinyl memang sangat memungkinkan untuk digunakan pada beragam jenis permukaan, termasuk di antaranya adalah lantai keramik, semen, beton, dan lain-lain.

Hanya saja, hal yang harus diperhatikan adalah, pastikan bahwa permukaan tempat pemasangan lapisan vinyl berada dalam kondisi yang rata, bersih, kering, dan halus. Ketika lantai dalam kondisi bersih dan kering, lapisan vinyl bisa menempel secara sempurna. Selain itu, permukaan yang rata dan halus, membuat vinyl terpasang dengan baik dan tidak ada bagian yang bergelombang.

Lokasi pemasangan

vinil
klick vinil – Cara Pemasangan Lantai Vinyl Mudah

Lokasi pemasangan juga perlu menjadi perhatian, karena berkaitan erat dengan beberapa hal. Sebagai contoh, ketika Anda ingin memasang vinil di ruang tamu, pastikan untuk memilih kualitas yang bagus dengan tingkat ketahanan tinggi. Alasannya, karena ruang tamu menjadi area yang sering dilewati.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perlu tidaknya penyesuaian ukuran vinyl. Hal ini berlaku tidak hanya ketika Anda memilih untuk memasang vinyl berbentuk roll, tetapi juga vinyl plank. Penyesuaian ukuran perlu dilakukan dengan memotong vinil menggunakan pisau.

Sebagai tambahan, Anda juga harus memberi perhatian lebih ketika ingin menempatkan pelapis vinyl pada area luar rumah yang terpapar sinar matahari secara langsung. Pada kondisi terpapar matahari secara terus-menerus, tidak mengherankan kalau warna dari permukaan lapisan vinyl akan memudar. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memberi pelindung berupa kerai.

Perbaikan lantai vinil yang rusak

Lantai vinil memang memiliki tingkat ketahanan tinggi. Namun, bukan berarti pelapis lantai yang satu ini tidak bisa mengalami kerusakan. Lantai vinyl memiliki kemungkinan rusak ketika ada benda tajam yang jatuh, misalnya benda seperti pisau yang kemudian memunculkan goresan pada permukaan vinyl. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Potensi kerusakan lainnya yang bisa terjadi pada lantai vinyl adalah ketika Anda memindahkan barang berukuran besar seperti lemari. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan ketika memindah perabotan rumah yang berukuran besar, Anda bisa melapisi bagian bawah dengan kain atau memindahkannya dengan cara diangkat.

Ketika terjadi kerusakan, misalnya berupa goresan yang cukup parah, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggantinya. Kabar baiknya, proses penggantian pada lapisan vinil yang rusak dapat dilakukan dengan begitu mudah.

Anda tinggal melepas area vinyl tersebut dan menggantinya dengan vinyl yang baru. Bahkan, kalau kerusakan terjadi dalam masa garansi (kalau memang ada), Anda bisa memperoleh penggantian secara gratis.

Itulah pertimbangan yang bisa Anda perhatikan ketika ingin menggunakan pelapis vinil untuk beragam jenis ruangan. Dengan pertimbangan ini, Anda pun tak perlu khawatir ketika ingin memasang vinyl untuk ruangan tamu, kamar tidur, ataupun kamar mandi.

Kalau ingin menggunakan vinyl sebagai sarana untuk mempercantik interior rumah, Anda bisa menemukan solusinya lewat IsiBangunan.com.

Ada beragam pilihan model pelapis lantai vinyl yang bisa Anda jumpai di IsiBangunan.com. Kualitas dari pelapis vinyl yang dapat Anda peroleh juga tidak perlu dipertanyakan.

Selain itu, harga vinyl dari IsiBangunan.com juga tidak mahal. Tersedia opsi vinil dengan harga berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per meter persegi.

Untuk pemesanan lantai vinyl yang berkualitas klik disini atau Anda bisa secara langsung menghubungi nomor telepon 021-4213434. Kalau ingin melakukan pembelian dalam partai besar, tak perlu khawatir. Kami siap memberikan potongan harga yang menarik untuk Anda. Tertarik?

Please rate this