JakartaJT lantai vinil. Apakah Anda sedang berencana untuk mengubah tampilan rumah? Selain mengganti furnitur atau cat dinding, lantai juga perlu mendapat perhatian khusus. Penambahan elemen dekorasi seperti karpet memang bisa membuat ruangan tampil berbeda.

Namun, jika Anda ingin memberikan perubahan total, pemakaian JT lantai vinyl patut dipertimbangkan. Langkah ini cocok bagi Anda yang sudah bosan dengan lantai keramik, tetapi belum mempunyai anggaran lebih untuk memasang lantai parket.

Lalu, apa saja kelebihan JT Vinyl dibandingkan dengan merek sejenis? Sebelum Anda mengetahui jawabannya, mari simak lebih dulu apa itu vinil klik.

Apa itu Lantai Vinil Klik?

lantai vinil
lantai vinil Installing Laminate Flooring – Tampilan Fisik vinyl click

Merupakan tipe luxury vinyl tiles (LVT), lembaran lantai akan saling mengunci saat disambungkan pada suatu permukaan. Fitur yang tersematkan pada produk ini membawa semua keunggulan LVT reguler.

Mulai dari ketahanan, kehangatan, hingga kedap air. Ini masih ditambah dengan pemasangan yang lebih cepat dan mudah ketimbang produk vinil sejenis.

Sebutan vinil klik sendiri berasal dari aplikasi mekanisme penguncian pada tepi papan yang membuat lantai bisa ‘diklik’ bersamaan. Anda cukup meletakkan papan tersebut pada lantai tanpa perlu perekatan.

Perlu Anda ketahui bahwa LVT adalah jenis lantai yang tangguh jika dibandingkan dengan produk sejenis. Tidak hanya sekadar tangguh, lantai ini juga mempunyai tampilan menawan dengan beragam motif menarik sesuai kebutuhan konsumen.

Terbuat dari polivinil klorida atau PVC, LVT memiliki tiga lapisan yang memberinya kekuatan ekstra. Lapisan pertama adalah anti gores dan tahan air, diikuti dengan lapisan fotografis yang meniru guratan pola atau motif tertentu, seperti kayu, keramik, atau batu.

Pada bagian paling bawah terdapat lapisan penyokong yang sangat kuat dan menjaga papan tetap stabil, sehingga tidak mudah bergeser saat ditempel di lantai. (Klik disini untuk pemesanan lantai vinyl klick)

LVT berbeda dengan vinillain yang berbentuk gulungan. Produk ini dijual sebagai ubin terpisah. Anda tidak usah repot-repot membawa gulungan besar. Benar-benar mirip lembaran lantai parket, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Bagi Anda yang tertarik dengan proyek do it yourself saat merenovasi rumah, lantai vinil tipe ini bisa jadi pilihan. Adapun salah satu merek yang paling direkomendasikan adalah JT Vinyl. (Klik disini untuk pemesanan lantai vinyl klick)

Kelebihan JT Vinyl Klick

lantai vinil
kelebihan lantai vinil JT Vinyl Click

Tentu Anda pun penasaran, apa sebetulnya keunggulan merek ini daripada merek lainnya. Namun, satu hal yang harus ditekankan di sini adalah penggunaan vinil pada bangunan hanya satu opsi dari sekian banyak pilihan untuk mempercantik lantai.

Jadi, cocok atau tidaknya pelapis lantai ini pada hunian milik Anda, sangat tergantung pada rancangan bangunan dan tentu saja anggaran yang dialokasikan. Sekarang, mari simak kelebihan LVT merek JT Vinyl yang didistribusikan oleh isibangunan.com, klik disini info motif dan harga terbaru lantai vinyl click.  

Harga

Bukan rahasia lagi jika harga yang dikenakan pada vinil bisa separuh dari harga lantai parket. Artinya, Anda bakal berhemat besar-besaran saat memutuskan menggunakan pelapis lantai ini untuk mengubah tampilan rumah.

Tidak hanya datang dengan harga ramah di kantong, tetapi juga membuat rumah Anda lebih bergaya. Apalagi, vinil mempunyai beragam corak, warna, dan ukuran. Dengan harga jauh lebih murah, rumah Anda bisa mempunyai lantai kayu nan elegan. (Klik disini untuk pemesanan lantai vinyl klick)

Pemasangan mudah dan cepat

lantai vinil
vinyl click – lantai vinil klik pemasangan mudah dan cepat – pixabay

Mekanisme pengunci pada empat sisi vinilmemungkinkan Anda memasangnya lebih cepat. Anda bisa mengatur setiap lembaran dengan mudah dalam satu baris. Selesai mengerjakan satu baris, Anda bisa segera melanjutkan ke baris berikutnya.

Selain itu, beberapa orang dapat mengerjakan pemasangan lantai pada waktu bersamaan di lantai yang sama. Masing-masing papan dapat disambungkan di semua sisi, sehingga Anda bisa memulai instalasi dari arah mana saja.

Seperti disebutkan di atas, LVT pas bagi Anda yang senang mengerjakan DIY project. Setelah membaca petunjuk dan cara pemasangan, pasti Anda bisa langsung eksekusi dengan mudah. Tidak perlu tukang atau ahli khusus untuk memasang vinil ini.

Anggap saja seperti bermain puzzle, tetapi dengan ukuran lebih besar dan tugas yang lebih menantang. Jika muncul sedikit keraguan, cek saja tutorial pemasangan JT Vinyl atau vinil klik sejenis di Youtube.

Gaya beragam

Memilih vinil sebagai pelapis lantai berarti Anda tidak akan menjumpai batasan soal gaya. Pilihan motif jelas tak terbatas. Bahkan, Anda bisa berkreasi sendiri menciptakan pola dari papan bercorak yang sudah ada.

Tidak hanya motif menyerupai kayu, Anda juga bebas mencoba motif lain yang sesuai keinginan. Misalnya, batu-batuan atau keramik berpola tertentu. klik disini info motif dan harga terbaru lantai vinyl click.

Setelah memilih motif, waktunya beranjak ke ukuran. Lagi, Anda bebas memadukan berbagai ukuran untuk membentuk lantai yang unik dan berbeda. Memilih tetap konvensional dengan papan berukuran normal juga sah-sah saja.

Vinyl Bisa dipasang di mana saja

lantai vinil
lantai vinil terbaik – Bisa pasang dimana saja termasuk Lantai Ruang Tidur

Berbeda dengan lantai parket, vinilaman dipasang di mana saja. Permukaan yang kering seperti di ruang keluarga atau kamar tidur tentu cocok. Begitu pula dengan area yang sering lembab, misalnya dapur dan kamar mandi.

Anda tidak usah khawatir lantai ini akan berubah warna atau membusuk jika terkena cipratan atau tumpahan cairan tertentu. Plus, karena tidak menggunakan paku, membuat pemakaian vinil fleksibel, termasuk dipasang di ruang bawah tanah.

Tahan lama

Secara spesifik, LVT memang dirancang untuk mengakomodir kegiatan sibuk di rumah Anda. Lantai ini tahan terhadap goresan, gesekan akibat pergeseran furnitur, cakar berlumpur hewan kesayangan Anda, hingga lompatan kuat si kecil.

Vinil jelas menjadi pilihan sempurna untuk sebuah hunian yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Pelapis lantai ini mampu menyerap guncangan, serta tidak akan retak. Beda dengan keramik yang setelah bertahun-tahun bisa memuai dan retak.

Lapisan anti gores memberi vinil ketahanan tinggi. Selain fleksibel dan mudah dibentuk sesuai kontur permukaan lantai, material kuat dari tiga lapisan dalam vinil membuatnya tahan lama sampai 15-20 tahun. klik disini info motif dan harga terbaru lantai vinyl click.

Nyaman saat dipijak

lantai vinil
lantai vinil klick nyaman saat dipijak

Seperti telah dipaparkan di atas, vinil menyerap tekanan dari benda atau pijakan di permukaan. Seperti spon, kaki Anda hanya akan merasakan kelembutan saat berjalan di atas lantai yang dilapisi vinil. Semakin tebal lapisannya, semakin nyaman dipijak.

Plus, permukaan lantai juga jauh lebih halus ketimbang lantai parket, tetapi tidak selicin keramik. Oleh karena itu, LVT kerap menjadi andalan untuk menghadirkan lantai nyaman di ruang bermain anak, ruang keluarga, dan tentu saja kamar tidur. (Klik disini untuk pemesanan lantai vinyl klick)

Berfungsi sebagai isolasi

LVT seperti JT Vinyl juga berfungsi sebagai isolasi karena tetap berada pada suhu kamar. Pada musim hujan dengan cuaca dingin, lantai tempat Anda berpijak akan terasa hangat dan nyaman. Anda tak perlu berjinjit karena kedinginan saat berjalan.

Bahkan, Anda bisa memasang sistem pemanasan di bagian bawah lantai. Namun, lebih baik cek dulu spesifikasi vinil yang hendak digunakan agar Anda bisa memperoleh manfaat maksimal setelah pemasangan.

Berfungsi sebagai peredam suara

Lapisan dalam vinil ternyata membuatnya juga berfungsi sebagai peredam suara. Dengan fungsi ini, Anda tak perlu ragu untuk memasang di lantai dua rumah dan ruang bermain anak.

Suara bising saat anak bermain atau dentuman musik favorit si anak remaja Anda tidak akan terdengar sampai di lantai bawah. Anda pun dapat menikmati acara televisi favorit tanpa gangguan berarti.

Fungsi ini juga menambah opsi lain saat hendak membuat ruang kedap suara di rumah, misalnya studio musik. Tinggal memasang papan vinil pada keempat dinding ruangan, dan Anda pun bisa bekerja dengan nyaman. klik disini info motif dan harga terbaru lantai vinyl click.

Perawatan mudah dan minim biaya

lantai vinil
lantai vinil Perawatan mudah menggunakan merk JT Lantai Vinyl

Perawatan LVT tergolong mudah dan tidak menguras banyak biaya. Anda hanya membutuhkan peralatan bersih-bersih standar, yakni sapu, alat pel, dan produk pembersih biasa. Tidak perlu membeli produk khusus.

Anda dapat melapisi lantai dengan cairan poles seperti pelitur secara berkala, biasanya tiga bulan sekali. Ini membuat vinil akan lebih awet, tahan lama, dan berfungsi maksimal seperti saat baru dipasang.

Relatif mudah diperbaiki

Karena LVT berbentuk papan per lembar, maka ketika ada bagian yang rusak, Anda tidak perlu membongkar seluruh lantai. Cukup ganti bagian lantai yang rusak dengan papan baru.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membeli vinil dalam jumlah berlebih dari perkiraan kebutuhan. Ini sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan saat pemasangan atau cadangan apabila ada lantai yang rusak.

Jenis-jenis Lantai Vinil

lantai vinil
jenis-jenis lantai vinil

Setelah mengenal kelebihan JT lantai vinil, sekarang Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis yang tersedia di pasaran. Setiap jenis datang dengan corak, ukuran, dan harga berbeda.

Secara umum, terdapat 4 jenis vinil yang digolongkan sesuai peruntukannya.

Anti-slip

LVT tipe anti-slip membuat permukaan lantai tidak licin. Anda bisa mengaplikasikan jenis ini pada lantai berkontur miring, undakan, atau anak tangga. Cocok jika ada anggota keluarga yang menggunakan kursi roda untuk beraktivitas di rumah.

Anti-chemical

Penggunaan vinil dengan anti-chemical efektif pada ruang yang sering terpapar bahan kimia. Umumnya, ruangan laboratorium atau pabrik sering memakai vinil jenis ini. Adanya lapisan tersebut membuat lantai tidak lekas rusak sekalipun terkena zat yang keras.

Anti-bacterial

Anda membutuhkan lantai yang aman untuk ruang bermain anak? Pilih jenis vinil anti-bacterial saja. Lapisannya membuat lantai tahan terhadap aneka mikroorganisme, tak terkecuali jamur dan bakteri.

Memang, jenis lantaiini kerap diaplikasikan di bangunan yang membutuhkan tingkat steril tinggi, seperti laboratorium dan rumah sakit. Namun, Anda juga bisa memakainya untuk kamar bayi atau ruang bermain si kecil.

Anti-static

Sering dikenal sebagai lantai heavy duty. Kualitas yang sangat kuat membuat vinil jenis ini mampu bertahan dari gesekan sekeras apapun. Cocok dipakai di ruangan paling sibuk dan banyak perabotan di rumah, seperti ruang keluarga.

Selain itu, jenis ini juga cukup populer dipakai di gedung perkantoran. Hal tersebut bisa dipahami karena kemampuan pelapis lantai ini menahan beban lebih efektif daripada vinil biasa.

Sementara itu, jika digolongkan sesuai ukuran, terdapat dua jenis ukuran yang umum ada di pasaran.

  1. Ukuran 2 mm x 15 cm x 91,5 cm
  2. Ukuran 3 mm x 15 cm x 91,5 cm

Perbedaan ukuran dan ketebalan juga berpengaruh pada harga per meter atau per boks. Kisaran harga lantai vinil berada antara Rp100.000 sampai Rp160.000 per meter. Ini belum termasuk biaya jasa pemasangan, yang bergantung pada jarak rumah Anda dari toko penjual.

Untuk JT Vinyl, dalam satu boks berisi 24 buah lembaran. Anda bisa memilih beragam corak kayu dengan warna menarik, mulai warna terang hingga warna gelap.

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis LVT beserta ukuran, harga, dan corak yang tersedia. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan desain ruangan yang diinginkan.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan tim isibangunan.com terkait ketersediaan motif atau berapa jumlah boks vinil yang perlu Anda beli.

Cara Memasang Lantai Vinil

lantai vinil
Cara Memasang Lantai Vinil – commons.wikimedia.org

Tahap selanjutnya adalah bagaimana cara memasang vinil. Pada umumnya, metode pemasangan sama seperti jenis vinil lainnya. Mekanisme klik mempermudah proses instalasi, tetapi pemakaian lem tetap dianjurkan agar tiap lembaran menempel lebih kuat.

Yuk, simak langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan saat hendak memasang vinil.

Mengukur luas ruangan dan membeli vinl

Luas ruangan akan menentukan berapa banyak jumlah boks vinil yang harus Anda beli. Oleh karena itu, ukur secara akurat dan teliti. Setelah mengetahui ukuran ruangan, baru perhitungkan jumlah boks yang harus dibeli. (Klik disini untuk pemesanan lantai vinyl klick)

Pastikan Anda membeli lebih banyak 10-20% boks dari jumlah yang dibutuhkan. Kelebihan lembaran ini berfungsi sebagai cadangan jika ada kesalahan saat pemasangan, bagian yang rusak, atau antisipasi salah perhitungan.

Pindahkan perabotan dan bersihkan lantai

Tentu saja sebelum mulai memasang vinil, Anda harus memindahkan perabotan yang ada di ruangan tersebut. Lantai harus bebas dari benda apapun.

Lalu, bersihkan lantai dengan saksama. Lantai harus kering dan rata. Ini penting agar tiap lembaran vinil menempel dengan baik pada permukaan lantai.

Uji coba dulu

Letakkan lembaran vinil di lantai untuk uji coba. Tandai dengan krayon atau kapur. Anda bisa membentuk pola pemasangan dari 3 atau 4 boks vinil. Namun, jangan dilem atau dikunci dulu, karena saat ini Anda sedang merancang dan menata lembaran vinil.

Mulai dari dinding terpanjang dan atur per baris. Usahakan baris terakhir menghasilkan sisa lebar ½ – 1 papan. Setelah selesai, coba lihat sekali lagi pengaturan tersebut, apakah sudah sesuai dengan rancangan yang diinginkan atau belum.

Pasang per baris

Gunakan lem berkualitas dari pabrikan vinil atau toko penjual tempat Anda membeli produk ini. Kemudian, awali dengan membagi ruangan menjadi beberapa bagian. Mulai dari tengah dan tandai dengan kapur untuk membentuk kisi-kisi.

Garis ini berfungsi sebagai panduan visual Anda saat memasang. Jadi, akan terlihat jelas mana titik awal dan titik akhir pengerjaan tiap lembaran vinil.

Oleskan lem mulai dari bagian tengah dan ratakan ke sisi luar lembaran. Tempelkan lembaran pada permukaan, tekan hingga empat sisinya saling mengunci dengan lembaran lain dan tidak bergeser. Anda bisa memakai roller untuk meratakan.

Kerjakan per baris demi baris, agar hasilnya lebih rapi. Setelah selesai, coba lihat dari kejauhan dan berkeliling ruangan. Pastikan tiap lembaran vinil sudah terkunci rapi satu sama lain.

Tempat Tepat Membeli Lantai Vinil

lantai vinil
tempat membeli lantai vinil – isi bangunan

Anda sudah mengetahui apa itu lantai vinil klik, kelebihan JT Vinyl sebagai merek yang paling direkomendasikan, jenis-jenis yang ada di pasaran, serta cara memasangnya. Nah, Anda bisa membeli produk tersebut di isibangunan.com.

Pemesanan dan pembelian dapat Anda lakukan secara online, dengan mengunjungi situs resmi isibangunan.com. Tidak perlu ragu akan produk yang ditawarkan, sebab kami hanya menjual bahan bangunan bermutu tinggi dengan kualitas nomor 1 di Indonesia.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi nomor 0812-85-37-277 untuk mencari tahu lantai vinil apa saja yang tersedia, mulai dari jenis, merek, motif, harga, hingga pemasangan. Dengan senang hati, kami siap membantu untuk mewujudkan tampilan baru di rumah Anda.

Please rate this