Mengenal Seorang Safety Officer: Tugas Dan Seragamnnya Di Lapangan

2018-01-18T08:00:37+00:00 Januari 18th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , , , , |

Kesehatan dan keselamatan kerja diatur dalam sebuah standar yang disebut sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Dalam sebuah perusahaan, umumnya terdapat satu bagian yang memastikan standar tersebut diimplementasikan, yaitu bagian kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan. Pada bagian ini terdapat personel yang disebut sebagai occupational health and safety officer atau biasa disebut sebagai safety officer.

Definisi

Safety officer - fitforwork.org

Safety officer – fitforwork.org

 

Safety officer adalah sebuah profesi yang dikerjakan oleh seorang profesional dengan latar pendidikan tertentu. Secara sederhana, tujuan utamanya adalah memastikan bahwa para pekerja berada dalam lingkungan kerja yang aman dan sehat. Selain itu, tujuan utama lainnya adalah mengidentifikasi dan meminimalkan risiko bahaya (hazard) yang mungkin timbul di dalam lingkungan pekerjaan.

Seorang safety officer memiliki tanggung jawab melakukan perencanaan serta melaksanakan program terkait kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja. Hal ini juga termasuk program kompensasi bagi pekerja. Selain itu, seorang safety officer juga bisa menjadi konsultan dengan memberikan solusi berbasis keahlian terhadap masalah keselamatan dan kesehatan kerja.

Seorang safety officer dapat bekerja dari dalam ruangan maupun di lapangan. Saat berada di lapangan, adalah hal yang lazim bila seragam safety officer berbeda dengan personel lain. Hal ini bertujuan agar ia dapat dengan mudah dikenali.

Tugas seorang safety officer

Safety officer - jkmichaelspm.com

Safety officer – jkmichaelspm.com

 

Detail tugas, tanggung jawab, dan deskripsi pekerjaan seorang safety officer dapat berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Meskipun demikian, inti pekerjaannya adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kesehatan dan keselamatan kerja. Secara lebih terperinci, tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi dan memetakan potensi bahaya yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Hal ini termasuk membuat tingkatan dampak dari bahaya (impact) dan kemungkinan terjadinya bahaya tersebut (probability)
  2. Menyusun rencana program keselamatan dan kesehatan kerja yang meliputi upaya preventif dan upaya korektif. Upaya preventif bertujuan untuk mengurangi terjadinya bahaya atau kecelakaan di lingkungan kerja. Upaya korektif bertujuan untuk menanggulangi kecelakaan yang terjadi di lingkungan kerja.
  3. Membuat dan memelihara dokumen terkait kesehatan dan keselamatan kerja. Dokumentasi yang baik termasuk faktor penting dalam mencegah dan menanggulangi bahaya. Hal ini termasuk merancang prosedur baku dan memelihara borang atau catatan terkait kesehatan dan keselamatan kerja.
  4. Mengevaluasi insiden kecelakaan yang mungkin terjadi, serta menganalisis akar masalah termasuk tindakan preventif dan korektif yang diambil. Safety officer bertugas untuk memantau efektivitas program yang berjalan serta merencanakan perubahan atau perbaikan program secara berkesinambungan. Hal ini termasuk mengelola laporan yang diperlukan untuk manajemen perusahaan.
  5. Seorang safety officer merupakan penghubung antara regulasi pemerintah dan kebijakan perusahaan. Dia harus memastikan bahwa persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat dipenuhi oleh perusahaan.

Persyaratan menjadi seorang safety officer

Safety officer - accidentattorneys.org

Safety officer – accidentattorneys.org

 

Seorang safety officer harus memiliki latar pendidikan yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Pendidikan yang berkaitan dengan ini umumnya setara dengan sarjana di bidang teknik industri atau kesehatan masyarakat. Akan lebih baik bila ia memiliki sertifikat yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

Seragam safety officer di lapangan

Safety officer - bukalapak.com

Safety officer – bukalapak.com

 

Safety officer juga turut melakukan inspeksi terhadap kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja secara langsung. Sebenarnya, tidak ada regulasi maupun standar yang mewajibkan kekhususan seragam safety officer. Akan tetapi, biasanya ada rompi dan helm khusus yang dikenakan. Warna merah merupakan warna yang sering digunakan untuk helm safety officer.

Leave A Comment