Lantai vinyl dapat mengubah tampilan ruangan menjadi lebih indah tanpa menghabiskan banyak biaya. Vinyl flooring installation cukup sederhana dan mudah dilakukan oleh pemula yang belum berpengalaman dalam mendesain interior rumah.

Vinyl flooring installation
Vinyl flooring installation – vinyl click – commons.wikimedia.org

Berikut tips untuk Vinyl Flooring Installation agar rapi dan tahan lama.

1. Membuat Sketsa Ruangan

Sebelum melakukan pemasangan, buatlah sketsa ruangan yang akan dipasang dan secara akurat. Setelah membuatnya, berikan sketsa gambaran ruang ke toko atau distributor yang menjual vinyl. Mereka akan membantu menghitung kebutuhan vinyl dan menambahkan beberapa inci ke dalam masing-masing dimensi ruang untuk menyesuaikan pola ruangan.

vinyl flooring installation
Pastikan Kondisi Lantai Rata dan Halus – vinyl flooring installation

2. Pastikan Kondisi Lantai Rata dan Halus

Untuk lantai beton, pastikan permukaannya bersih, kering, dan halus. Apabila terdapat retakan atau lubang, sebaiknya perbaiki dulu. Jika ingin memasang vinyl baru di atas vinyl yang sudah lama, pastikan kondisinya masih rata, tidak ada sobek atau menggelembung.

Lantai di bagian bawah yang tidak rata akan menyebabkan permukaan vinyl di atasnya lama kelamaan mengikuti bentuk tersebut. Untuk menyiasati lantai yang tidak rata, Anda dapat menggunakan pelapis berupa busa lembaran atau tripleks yang memiliki underlayment grade di antara lantai dan vinyl. (Klik disini info harga terbaru lantai vinyl dan pemasangan)

vinyl flooring installation
Potong Vinyl Sesuai dengan Luas Lantai – vinyl flooring installation

3. Potong Vinyl Sesuai dengan Luas Lantai

Cara menyesuaikan vinyl dengan lantai dapat dilakukan dengan mengukur luas ruangan dan memotong vinyl dengan lebihan lebar sebanyak 3 inci. Kemudian potong kelebihannya setelah diterapkan di tempat. Cara ini tepat untuk pemasangan di bagian sudut.

Anda juga dapat membuat sketsa denah lantai kemudian pindah ke vinyl menggunakan spidol dan potong dengan ukuran tepat sebelum menerapkan di tempat. Metode ini sesuai untuk vinyl yang tebal dan kondisi ruangan yang berbentuk lebih rumit karena adanya sudut atau ceruk.

Jika Anda ingin memotong vinyl untuk menyesuaikan dengan luas lantai, biarkan hingga vinyl dapat menyesuaikan dengan ruangan setidaknya selama 24 jam dengan suhu 15 derajat Celcius.

click vinyl plank flooring
Cara Pemasangan yang Tepat

4. Cara Pemasangan yang Tepat

Memasang lantai dengan perekat dapat dilakukan dengan mengaplikasikan lem di seluruh permukaan. Gunakan perekat yang sesuai dengan jenis lantai Anda. Setelah mengaplikasikan perekat, gunakan sekop berlekuk dan oleskan perekat pada lantai dasar. Letakkan vinyl dengan hati-hati dan tekan dengan kuat.

Setelah memasang vinyl, jangan cuci lantai selama tiga hari karena kelembapan dapat menurunkan kualitas perekat. Jangan biarkan lantai dilewati selama 24 jam setelah pemasangan.

Waktu tersebut dibutuhkan untuk membuat lem mengering dan mengikat. Setelah 24 jam, kembalikan perabot ke tempatnya dengan hati-hati agar tidak merusak lantai.

Pemasangan vinyl sebaiknya mengikuti sumber cahaya utama, kecuali untuk ruangan sempit seperti koridor.

vinyl flooring installation
memasang vinyl tergantung ukuran dan kegunaan ruangan – 1.bp.blogspot.com

Ada 3 cara untuk memasang vinyl tergantung ukuran dan kegunaan ruangan.

  • Untuk ruangan berukuran kurang dari 12 meter persegi, lakukan pemasangan longgar dengan meletakkan vinyl di atas lantai dasar. Potong sesuai ukuran lantai dan letakkan begitu saja.
  • Untuk ruangan dengan luas antara 12 – 25 meter persegi, gunakan pemasangan semi longgar menggunakan perekat dua sisi untuk mengamankan posisi vinyl.
  • Untuk ruangan dengan luas melebihi 25 meter persegi, pemasangan permanen adalah cara terbaik. Gunakan perekat semprot yang terbuat dari bahan dasar air yang ramah lingkungan dan mudah digunakan.

5. Gunakan Aksesori untuk Finishing

Untuk mendapatkan hasil akhir yang rapi, tambahkan kelokan di sekeliling ruangan dengan aksesori tambahan. Fungsi aksesori yaitu melindungi tepi lembaran vinyl dan dinding bagian bawah sehingga mudah membersihkannya.

Selain itu, penggunaan aksesori pada sentuhan akhir akan menjadikan ruangan tampak lebih elegan. (Klik disini info terbaru harga lantai vinyl click)

Demikianlah tips melakukan vinyl flooring installation agar ruang dalam rumah Anda terlihat rapi dan indah dipandang.

Please rate this