Memilih lantai parket atau vinyl dengan kualitas yang bagus untuk rumah Anda tentunya memerlukan pemikiran yang matang. Anda tidak bisa begitu saja memilih jenis lantai untuk digunakan.

 

Karena peran pelapis lantai pada pijakan tentunya memiliki peran yang harus diutamakan.

Selain pelapis lantai yaitu keramik, ada banyak sekali jenis-jenis lainnya yang bisa Anda temukan sebagai alternatif yang bisa Anda jadikan pilihan dengan harga yang berbeda tentunya dari harga keramik.

Nah, kali ini kami akan memperkenalkan kepada Anda mengenai dua jenis lantai dari beberapa jenis lantai yang banyak di sini. Keduanya tentunya memiliki nilai masing-masing yang bisa Anda pilih menyesuaikan keinginan Anda.

 

Berikut ini kami akan memperkenalkan lebih dekat lantai parket

 

  • Lantai Parket

Lantai parket adalah jenis lantai kayu yang dibuat dari potongan-potongan kayu kecil yang sudah dipress sehingga menjadi sebuah bentuk persegi panjang yang siap untuk dipasangkan sebagai pelapis lantai.

 

Bahan parket berupa kayu solid yang terbuat dari 100% kayu asli seperti kayu jati. Dengan memanfaatkan parket, Anda tidak perlu repot-repot memilih lantai kayu yang harganya tentu lebih mahal dari lantai parket. Lantai parket ini dibuat sebagai lantai alternatif pilihan jika Anda menganggap lantai kayu merupakan lantai yang mahal.

 

Penggunaan lantai parket ini tidak berbeda jauh dari sebuh bentuk. Hanya saja, ada beberapa kemungkinan yang Anda temukan dan berbeda dari lantai kayu.

 

Dalam pemasangannya pun lantai parket olahan tentunya lebih mudah jika dibandingkan dengan lantai kayu solid. Untuk mengaplikasikan lantai parket ini Anda tidak memerlukan tenaga pemasang yang profesional, cukup dengan meletakkannya, atau dengan mengklik dan dilem saja.

 

Lantai parket juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menginginkan rumah minim perawatan dan selalu bersih.

 

Selain itu, lantai parket juga tahan lama dan memiliki durabilitas yang cukup bagus untuk kebutuhan rumah sehari-hari. Lantai parket bisa menjadi pertimbangan terbaik untuk kalian yang memiliki masalah alergi. Berbeda dengan jenis lantai lain misalnya lantai kayu yang lebih bisa menangkap  alergen, misalnya seperti serbuk bunga, debu, hingga hama hewan peliharaan, lantai parket memiliki finishing kilat yang mudah dibersihkan setiap saat.

 

Lantai parket juga memiliki cara pemasangan yang berbeda, pada bagian permukaan lantai konkrit tentunya harus memiliki permukaan yang rata agar pemasangat lantai parket ini bisa berjalan dengan baik.

 

  • Lantai Vinyl

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari bahan PVC atau Polivynil Chloride yang memiliki tekstur halus dan lembut. Dengan demikian, lantai sintetis ini sangat digemari sekali oleh banyak orang. Selain bahannya yang bertekstur halus dan lembut, lantai vinyl juga dijual dengan harga yang terjangkau sekali. Dan dengan harga yang terjangkau lantai vinyl juga mampu tahan lama dan memiliki motif yang beranekaragam.

 

Selain itu, lantai vinyl juga memiliki beberapa jenis berbeda yang penggunaannya masih bisa dikatakan sama. Berikut adalah jenis-jenis lantai vinyl.

 

  1. Kayu Vinyl Plank

 

Dengan bentuk persegi panjang vinyl in memiliki lebar antara 10-20 cm dan panjang sekitar 90-100 cm dan ini merupakan ciri dari vinyl plank. Pasti sudah penasaran kenapa vinyl ini di sebut dengan kayu? Yaps, sudah jelas karena motifnya yang menyerupai kayu dan juga vinyl ini menghadirkan kesan yang sangat natural dengan tambahan perabot rumah yang terbuat dari kayu lainnya.

 

  1. Vinyl Tile

 

Lantai vinyl tile adalah jenis vinyl yang menyerupaki bentuk keramik pada umumnya. Bentuk vinyl tile ini persegi denga berbagai macam ukuran yang berbeda-beda. Walaupun bentuknya yang menyerupai keramik, jangan berpikir bahwa vinyl tile ini memiliki proses pemasangan yang menyerupai keramik. Pemasangan vinyl ini tidak menggunakan nat seperti keramik. Vinyl ini dipasang dengan sangat rapat sehingga sambungan antara vinyl yang satu dengan vinyl yang lainnya tidak akan tampak.

 

  1. Vinyl Roll

 

Ya, dari namanya saja kita sudah bisa menebak jenis lantai vinyl yang satu ini. Berbeda dengan jenis karpet biasa, karpet vinyl roll ini terbuat dari PVC. Hanya saja, bentuk vinyl ini menyerupai karpet sehingga disebut dengan karpet vinyl. Vinyl roll mempunyai lebar 2 meter dan panjangnya kurang lebih 25 meter sehingga sangat cocok untupasang di ruang rumah anda.

Karpet vinyl ini tidak berbulu seperti karpet pada umumnya, hanya saja memiliki corak atau motif yang bisa membuat anda tergoda olehnya. Untuk melakukan pemasangan vinyl ini pun tidak memerlukan budget yang mental jauh ke langit, sebab harga vinyl lantai ini sangatlah murah.

 

Produk vinyl sangat awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, untuk membersihkannya pun bisa terbilang cukup mudah karena menggunakan peralatan yang ada di rumah saja.

 

Itu adalah perbandingan mendasar mengenai dua jenis lantai yakni lantai parket dan lantai vinyl. Anda bisa membelinya untuk menyesuaikan kebutuhan Anda pada bagian lantai rumah Anda. Tentukan lantai jenis apa dari kedua jenis lantai tersebut yang bagus untuk rumah Anda, sehingga rumah Anda menjadi tampak indah dan menarik serta nyaman untuk keluarga Anda.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this