Meskipun lantai merupakan salah satu peran pada bangunan yang jarang sekali diperhatikan, tapi biar bagaimanapun peran lantai sangatlah penting. Jenis lantai yang bagus dapat membuat penampilan rumah menjadi lebih indah untuk dipandang. Tidak ada salahnya merombak dan mendekorasi berbagai macam produk untuk lantai.

 

Namun, tahukah Anda bahwa lantai tidak hanya semen yang dilapisi keramik. Ada juga berbagai jenis pelapis untuk lantai yang bagus dan juga unik sebagai bahan dekorasi rumah Anda. Tentunya Anda juga bisa memberikan berbagai kesan yang mendalam setelah pengaplikasian lantai-lantai tersebut.

 

Mau tahu apa saja jenis-jenis lantai tersebut? Baca artikel ini hingga selesai.

 

  1. Lantai Tegel

Lantai jenis ini sudah terkenal cukup lama di Indonesia. Lantai tegel populer pada tahun 70-an. Memiliki motif yang seperti doodle kembang-kembang, lantai tegel sangat menjadi ciri khas pada masanya. Selain itu, tegel juga menjadi pilihan yang menarik untuk dekorasi rumah. Penampilan tegel didominasi dengan warna natural dan warna tanah.

 

Namun, seiring perkembangan zaman, motif dan warnanya pun kini semakin beragam.

 

Anda bisa mencobanya sebagai pelapis lantai rumah Anda. Penggunaan tegel sendiri memiliki perawatan yang cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan keramik. Lantai tegel juga memiliki berbagai macam variasi harga, tergantung dari warna yang Anda pilih.

 

  1. Lantai Marmer

Lantai marmer merupakan salah satu jenis pelapis lantai yang banyak sekali kita jumpai di sini. Penggunaan lantai marmer masih didominasi oleh kalangan menengah. Bisa dikatakan, antara harga dan kualitas dapat dijamin dengan lantai marmer ini.

 

Marmer terbentuk dari bahan alamiah, lantai marmer menampilkan tekstur serta corak berbeda yang tidak dimiliki oleh lantai jenis lainnya. Penggunaan lantai marmer dapat memberikan kesan yang elegan dan berkelas.

 

Selain itu juga, marmer memiliki banyak sekali keunggulan. Mulai dari banyaknya variasi dan motif, dapat digunakan di seluruh ruangan, dan mudah dalam perawatannya.  Dibalik keunggulan marmer, pasti memiliki kekurangan, antara lain marmer memiliki permukaan yang licin, pemasangannya sulit, dan harganya yang bisa merusak dompet Anda.

 

Namun jika Anda ingin mencobanya, tidak ada salahnya. Karena jika rumah Anda indah, Anda pasti akan merasakan kenyamanan yang lebih dari rumah Anda.

 

  1. Lantai Granit

Lantai granit merupakan jenis lantai yang terbuat dari bebatuan granit yang merupakan batu alami yang terbuat dari magma yang sudah dingin di bawah tekanan ekstrim selama bertahun-tahun. Lantai granit juga adalah salah satu jenis lantai dengan harga yang sangat tinggi. Lantai granit sudah terkenal sejak beratus-ratus tahun lalu dan merupakan bahan material tertua. Penggunaan lantai granit ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki uang lebih dalam mendekorasi rumah dan juga untuk memberikan kecantikan pada penampilan rumah Anda.

 

Lantai granit juga memiliki banyak kelebihan dan hanya ada beberapa saja kekurangan dari jenis lantai ini.

 

Jadi, apakah Anda minat untuk menggunakan lantai granit pada rumah Anda?

 

  1. Lantai Keramik

Lantai keramik merupakan lantai yang tahan air dan noda serta memiliki aneka desain. Namun, tidak semua area rumah cocok dipasang lantai keramik. Lantai keramik sendiri juga memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan. Sebagai alternatif penggunaan pelapis lantai yang bagus, Anda dapat memasang lantai keramik dengan menyesuaikan kebutuhan Anda.

 

  1. Lantai Batu

Memiliki bahan dasar batu yang keras, tentunya lantai jenis ini sangat kuat sekali untuk dijadikan sebagai pelapis lantai rumah. Dengan karakteristik permukaan yang kasar, lantai ini sangat cocok sekali untuk diaplikasikan di bagian teras dan kamar mandi karena tidak licin. Perawatam dari lantai batu sangatlah minim. Lantai batu banyak digunakan di kaar mandi untuk meminimalisir tergelincirnya kaki Anda. Didesain secara khusus untuk penggunaan kamar mandi, lantai ini juga mampu menyerap air dengan cepat.

 

Anda juga dapat memasangnya di area tembok kamar mandi Anda untuk memberikan penampilan yang menarik. Pemasangan lantai berjenis kayu ini juga cocok bagi Anda yang memiliki jiwa-jiwa natural yang mendambakan rumah dengan kesan alam.

 

  1. Lantai Kayu

Dari namanya saja, Anda sudah dapat menduga bahwa lantai ini terbuat dari kayu yang didesain khusus untuk pelapis lantai dan sudah melalui berbagai proses penguatan. Lantai kayu ini bagus sekali untuk Anda yang memiliki rumah-rumah tradisional yang kuno. Namun, tidak ada salahnya Anda yang memiliki rumah modern memasang lantai jenis ini.

 

Lantai kayu ini dapat memberikan kesan sejarah yang kuat. Selain itu, lantai ini juga memiliki banyak keunggulan dengan perawatannya yang sederhana.

 

Bagi Anda yang menginginkan rumah dengan kesan otentik, Anda dapat mengaplikasikan lantai jenis kayu ini pada rumah Anda. Lantai kayu ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi dan menguras dompet Anda.

 

  1. Lantai Vinyl

Lantai vinyl merupakan jenis pelapis lantai yang terbuat dari bahan vinyl. Kebanyakan, lantai ini dijual perlembar dengan harga yang bervariasi. Selain itu, lantai vinyl adalah sejenis lantai yang harganya paling terjangkau dibandingkan jenis lainnya. Sebab itulah, banyak orang-orang menggunakan lantai ini sebagai pelapis lantai rumah.

 

Nah, sudah tahu 7 jenis lantai di atas? Jadi tunggu apa lagi, segera bangun rumah idaman Anda dengan berbagai macam tips yang sudah kmi sediakan.

 

Kami juga menjual berbagai material dekorasi untuk Anda. Dapatkan segera dengan berbagai penawaran menarik dari kami. Hanya di isibangunan.com Anda dapat membeli material bangunan dengan harga yang terjangkau.

Please rate this