Anda sedang berencana mengubah tampilan rumah? Selain mengganti furnitur dan cat dinding, memperbarui lantai juga dapat dilakukan. Cara termudah adalah dengan mengetahui merk vinyl yang bagus untuk hunian Anda.

Namun, memilih lantai vinyl pun tidak bisa asal-asalan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada jenis, ukuran, ketebalan, hingga motif tertentu.

Anda juga masih perlu mencari penjual lantai vinyl. Tidak semua toko bahan bangunan menawarkan pilihan material berkualitas terbaik. Salah pilih toko saja bisa mengganggu dan menghambat proses renovasi rumah.

Merk Vinyl yang Bagus

Merk Vinyl yang Bagus
Merk Vinyl yang Bagus

Lalu, apa solusi atas permasalahan tersebut? Lebih dulu Anda perlu tahu bagaimana mencari merk lantai vinyluntuk tampilan baru rumah. Ada 6 faktor yang perlu diperhatikan untuk memperoleh lantai vinyl berkualitas.

Fitur apa yang diinginkan

Masing-masing merk lantai vinyl mempunyai fitur berbeda. Ada yang menawarkan tingkat proteksi tinggi, padding tambahan, dan macam-macam pelapis, seperti anti-bakteri, anti-chemical, anti-slip, dan anti-static.

Umumnya, semua lantai vinyl sudah tahan air dan goresan, tetapi tingkat ketahanan berbeda pada tiap merk. Semakin tebal lapisan dalam tiap lembaran, semakin kuat pula vinyl tersebut, sehingga mampu menahan beban lebih besar.  

Ketebalan lantai vinyl

Merk Vinyl yang Bagus
Merk Vinyl yang Bagus – cek ketebalan

Fungsi ruangan menentukan seberapa padat lalu lalang orang yang melewati tempat tersebut. Frekuensi penggunaan ruang akan berpengaruh pada ketebalan lantai vinyl yang Anda butuhkan.  (Cek disini untuk spesifikasi jt vinyl click)

Untuk area kecil yang sesekali digunakan, pilih vinyl dengan tebal 2 mm. Lalu, untuk ruang yang lebih besar dan sibuk, seperti ruang keluarga dan dapur, ketebalan 3-4 mm sangat disarankan. Ketebalan ini menawarkan keseimbangan antara ketahanan dan harga yang bersahabat. Plus, lebih empuk dan nyaman saat dipijak.

Material top-coat

Merk Vinyl yang Bagus
Merk Vinyl yang Bagus

Cek pula apa jenis material yang dipakai produsen sebagai pelapis teratas atau top-coat lantai vinyl tersebut. Beda merk, beda pula top-coat yang dipakai. Hal tersebut akan berpengaruh pada ketahanan dan perawatan lantai setelah dipasang.

Untuk memudahkan, kenali top-coat yang ditawarkan produsen melalui label seperti diamond-hardened atau titanium top coating. Perlu diingat bahwa perbedaan material ini akan berdampak pula pada harga lantai vinyl tersebut.

Garansi

Sebagian besar produsen lantai vinyl mengklaim produknya mampu bertahan selama 15-20 tahun. Jelas sebuah penghematan besar dalam urusan perawatan rumah. Anda tidak perlu bolak-balik memperbaiki lantai hanya karena ada bagian rusak atau lapisan menipis.

Namun, pastikan klaim tersebut juga datang dengan garansi. Adanya jaminan ini tentu mempermudah Anda untuk melaporkan pada produsen apabila terjadi cacat produk atau kerusakan setelah pemasangan. Paling tidak, untuk 10 tahun pertama, urusan perbaikan lantai sudah aman terjamin.

Harga

Merk Vinyl yang Bagus
Merk Vinyl yang Bagus

Survei lebih dulu ke beberapa penjual untuk mengetahui berapa pasaran harga lantai vinyl. Merk lantai vinyl berkualitas umumnya dijual pada kisaran harga Rp100.000-Rp160.000 per meter atau sekitar Rp350.000-Rp500.000 per boks. (klik disini untuk cek harga terbaru)

Jika Anda menemukan harga jauh lebih murah, berhati-hatilah. Belum tentu nilai tersebut sepadan dengan kualitas yang dimiliki. Jangan-jangan masa pemakaiannya hanya sekejap mata. (Klik disini untuk pemesanan)

Bandingkan beberapa jenis vinyl

Agar pembelian Anda tidak terbuang percuma, membandingkan beberapa jenis vinyl itu wajib hukumnya. Mulai dari bentuk, apakah perlu membeli lembaran, ubin, atau gulungan. Lalu, ukuran dan ketebalan vinyl, fitur yang diinginkan, motif, serta harga.

Kemudian, buat perbandingan satu sama lain, apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini membantu Anda menemukan mana merk vinyl paling tepat sesuai kebutuhan bangunan.

Berdasarkan 6 tips tersebut, merk vinyl yang bagus dan direkomendasikan adalah JT Vinyl. Anda dapat membelinya secara online di isibangunan.com, yang menyediakan berbagai bahan bangunan untuk rumah dan kantor dengan harga terjangkau.

Silakan hubungi nomor 0811-111-279 untuk mengetahui ketersediaan motif, ukuran, dan konsultasi terkait pemasangan lantai vinyl di rumah. Kini, belanja bahan bangunan lebih mudah berkat isibangunan.com.

Please rate this