Mengenal Jenis, Bahan, dan Cara Merawat Whiteboard

2018-01-04T08:00:07+00:00Januari 4th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Papan tulis putih alias whiteboard telah populer sebagai salah satu barang wajib di perkantoran, kampus, studio, dan sekolah sejak tahun 1990-an, hampir 40 tahun setelah ditemukan oleh fotografer dan veteran Perang Korea, Martin Heit. Whiteboard dengan cepat menggeser popularitas papan tulis hitam (blackboard) karena mudah dihapus dan ditulisi, serta cocok untuk orang-orang yang menderita alergi debu atau serbuk kapur.

Membeli papan tulis putih terlihat seperti hal sepele, tetapi ada baiknya mengetahui jenis-jenis serta cara merawat whiteboard, terutama jika Anda ingin barang ini cepat awet.

6 Jenis Bahan Umum Pembuat Whiteboard

Merawat Whiteboard - Amazon.com

Merawat Whiteboard – Amazon.com

Salah satu ciri khas papan tulis putih adalah permukaan yang mengilap dan licin (glossy), sehingga mudah ditulisi. Akan tetapi, tidak semua papan tulis putih dibuat dari bahan yang sama. Masing-masing bahan memiliki karakteristik khusus yang menentukan bagaimana Anda menggunakan papan tulis tersebut.

Ada enam jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat permukaan papan tulis putih, yaitu:

  • Melamin
    Melamin adalah salah satu bahan terpopuler dalam pembuatan papan tulis putih. Permukaan melamin memiliki pori-pori besar, dan kualitasnya bisa bervariasi tergantung dari jumlah resin yang dicampurkan ke dalam bahan dasar. Papan tulis melamin murah banyak tersedia dengan harga murah, namun yang berkualitas bisa cukup mahal.
  • Aluminum atau baja
    Aluminum atau baja yang dilapisi memberi ketahanan yang sedikit lebih besar dibandingkan melamin. Permukaannya jauh lebih mulus dan porinya rapat, serta memiliki beberapa zat pelapis. Papan tulis putih dari baja juga bisa ditempeli magnet, sehingga bisa digunakan untuk tugas-tugas khusus di sekolah atau kantor. Papan tulis ini cocok untuk penggunaan yang sering di lokasi dengan lalu-lintas tinggi.
  • Hardcoat laminate
    Hardcoat laminate sebenarnya hampir mirip dengan melamin, namun permukaannya memiliki pori lebih kecil dari papan melamin biasa. Papan tulis putih berbahan hardcoat laminate juga bisanya lebih jarang ditemukan dari melamin. Akan tetapi, permukaan papan ini memiliki daya tahan sedikit lebih lama ketimbang melamin biasa.
  • Keramik
    Papan tulis putih berbahan keramik atau porselen termasuk salah satu yang paling keras, terutama karena lapisan keramik ini sering dipasang di permukaan baja untuk membuat papan tulis putih. Papan tulis dari bahan ini bisa ditempeli magnet, dan terkenal sangat keras serta memiliki kualitas anti gores. Papan ini memiliki permukaan mulus yang enak dipakai menulis.
  • Kaca antigores
    Kaca antigores juga sering dijadikan bahan untuk membuat papan tulis putih. Papan semacam ini biasanya tidak memiliki bingkai, dan termasuk keras namun mudah dibersihkan. Papan ini memiliki beragam variasi, bahkan ada yang berwarna-warni atau malah tembus pandang, sehingga penggunaannya bisa bermacam-macam.
  • Lapisan Polypropylene
    Lapisan Polypropylene merupakan salah satu inovasi baru dalam pembuatan papan tulis putih. Papan yang terbuat dari bahan ini tahan goresan dan enak ditulisi dengan spidol macam apa. Bahannya juga mudah didaur ulang.

Setelah mengetahui bahan-bahan umum pembuatan papan tulis putih, Anda bisa mulai mempertimbangkan jenis whiteboard untuk dibeli sesuai kebutuhan.

Pertanyaan Penting Sebelum Membeli Whiteboard

Merawat Whiteboard - B&H

Merawat Whiteboard – B&H

Ingin membeli papan tulis putih yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Agar tidak menyesal, pastikan menanyakan beberapa hal penting ini kepada diri sendiri:

  • Seberapa sering Anda menggunakannya?
    Ketika menggunakan papan tulis putih, Anda terus-menerus mengaplikasikan goresan tinta spidol ke atas permukaannya, serta menghapusnya. Frekuensi penggunaan papan tulis putih akan membantu Anda menentukan jenisnya, terutama jika Anda ingin papan tetap cerah dan enak ditulisi serta dibersihkan.
  • Di mana Anda akan menggunakannya?
    Papan tulis untuk di rumah atau ruang kelas berbeda dengan papan yang digunakan di kantor-kantor dan pabrik. Jenis dan bahan papan yang berbeda juga menentukan kualitasnya. Pastikan Anda memiliki anggaran lebih banyak untuk membeli papan tulis yang cocok untuk medan “keras” seperti pabrik dan kantor besar.
  • Berapa ukurannya?
    Papan tulis putih tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil dan cukup untuk digantung di pintu, hingga yang berukuran sangat besar sehingga bisa dijadikan papan skor untuk lapangan olahraga. Semakin luas papan, semakin besar juga modal yang Anda perlukan untuk perawatan. Pastikan menyesuaikan ukuran papan dengan kebutuhan.
  • Bagaimana Anda akan menggunakannya?
    Papan tulis putih adalah benda yang fleksibel, dan ada berbagai cara menggunakannya. Anda mungkin membutuhkannya untuk digantung di ruang kelas, ditempelkan di dinding, diletakkan di kamar anak atau kelas playground, dijadikan papan buletin, dibingkai, atau diletakkan di permukaan khusus seperti di lemari dan meja. Pilihlah papan yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika sudah mengetahui tujuan penggunaan whiteboard, jangan lupa memilih jenis papan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membandingkan antara tipe dan frekuensi penggunaan dengan bahan papan tulis tersebut.

Panduan Mudah untuk Memilih Whiteboard

Merawat Whiteboard - Staples.co.uk

Merawat Whiteboard – Staples.co.uk

Pastikan memilih papan tulis yang tepat sesuai ebutuhan Anda agar papan tersebut awet. Anda bisa membandingkan antara karakteristik penggunaan dengan bahan papan tulis putih. Berikut beberapa panduan untuk memilih papan yang tepat:

  • Melamin untuk penggunaan ringan

Papan tulis putih berbahan melamin cocok untuk penggunaan ringan atau yang tidak terlalu sering. Papan jenis ini berpori besar, mudah terkelupas, dan mungkin akan meninggalkan bebas tinta spidol setelah dipakai beberapa tahun, sehingga kurang cocok untuk pemakaian yang terlalu sering. Ini juga alasan mengapa papan melamin termasuk murah.

Papan tulis putih berbahan melamin cocok untuk ruang kerja pribadi, kamar anak, atau penggunaan lain yang tidak terlalu sering. Jika ingin pemakaian yang agak lebih sering, atau ingin menempel papan tulis di pintu, lemari, dan meja (pemakaian horizontal), pilih jenis hardcoat laminate.

  • Keramik untuk pemakaian sedang hingga sering

Papan tulis putih berbahan keramik saat ini merupakan “primadona” di kalangan pengguna yang harus sering menulis dengan spidol di permukaannya. Papan jenis ini memang mahal, tetapi lebih awet dan tidak mudah meninggalkan noda dibandingkan papan melamin. Permukaannya juga cenderung tahan gores, sehingga cocok untuk dipasang di tempat-tempat dengan lalu lintas tinggi.

Papan keramik cocok untuk digunakan di kantor-kantor, terutama di ruang rapat atau presentasi. Papan ini juga cocok untuk ruang kelas di sekolah.

  • Kaca untuk penggunaan di lingkungan kreatif

Papan tulis kaca sering digunakan di lingkungan pendidikan atau zona kreatif karena keunikannya. Papan tulis semacam ini sering dipasang di kampus, studio desain, atau ruang rapat di berbagai perusahaan. Papan ini cocok untuk presentasi, perencanaan proyek kreatif, atau kerja grup.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis spidol atau tinta, dan dengan mudah menghapusnya. Papan tulis kaca juga bisa ditaruh di depan tembok atau permukaan berwarna terang (atau gelap), tergantung penggunaannya.

  • Papan metal untuk penggunaan di luar ruangan

Papan berbahan metal seperti baja atau aluminum kerap digunakan untuk penggunaan di luar ruangan, misalnya sebagai papan skor di pertandingan olah raga. Hal ini karena papan jenis ini cenderung tangguh, bisa mempertahankan tampilan tinta, dan mudah dibersihkan walau Anda menggunakan spidol permanen.

Papan tulis putih semacam ini juga sering digunakan untuk menampilkan informasi dalam waktu lama, misalnya sebagai papan pengumuman di tempat-tempat umum. Papan tulis putih metal mudah untuk dibersihkan, bahkan untuk tinta spidol yang dibiarkan lama di ruang ber-AC, misalnya.

  • Memilih bingkai papan yang tepat

Anda bisa saja memasang papan tulis tanpa bingkai, namun pemberian bingkai akan menambah nilai manfaatnya. Misalnya, untuk penggunaan di sekolah, Anda bisa menggunakan bingkai dengan area kecil di sisi bawah untuk menaruh spidol dan penghapus.

Bahan bingkai juga berpengaruh terhadap penampilan papan. Misalnya, aluminum dan titanium cocok untuk sebagian besar lingkungan sekolah atau perkantoran. Akan tetapi, jika Anda ingin memberi kesan lebih serius, profesional, sekaligus elegan, Anda bisa memilih bingkai dari bahan kayu berwarna gelap.

Papan berbahan kaca biasanya tidak dipasangi bingkai. Beberapa pabrik pembuat papan tulis putih dari kaca kerap membuat ujung-ujung tumpul atau melingkar, untuk menghindari insiden ketika papan ini dipasang tanpa bingkai.

Tips Menjaga Whiteboard tetap Awet dan Bersih

Merawat Whiteboard - Archiproducts.com

Merawat Whiteboard – Archiproducts.com

Papan tulis putih yang sudah sering digunakan kerap meninggalkan bekas tinta. Anda bisa mencegahnya dengan selalu menjaga kondisi papan tulis, bahkan jika papan tersebut dari jenis yang murah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Selalu tes spidol baru sebelum menulis

Papan tulis putih murah seperti yang berbahan melamin rentan terhadap ghosting, yaitu noda gelap samar dari tinta yang sulit dihapus. Spidol permanen bisa meninggalkan bekas ini, bahkan setelah dihapus dengan susah payah. Cegah hal ini dengan mencoba spidol baru sebelum menuliskannya.

Goreskan ujung spidol di bagian ujung papan sambil sedikit ditekan (seperti jika Anda menulis). Jika bisa dihapus dengan mudah, berarti spidol tersebut “ramah” untuk papan. Ide ini juga bagus untuk mencegah noda jika Anda keliru membeli spidol permanen.

  • Gunakan penghapus lembut

Papan tulis putih dengan pori-pori besar atau goresan di sana-sini akan menyerap tinta lebih banyak. Papan seperti ini akan lebih susah dihapus sampai bebas noda. Gunakan penghapus dengan permukaan lembut untuk mencegah “lubang-lubang” akibat goresan, dan buang penghapus lama yang permukaannya sudah kasar.

Pita perekat dan lem yang terlalu kuat juga berpotensi menciptakan pori-pori tambahan yang bisa menyerap tinta. Pastikan Anda tidak terlalu sering menempelkan perekat atau lem, terutama jika papan tersebut dari jenis yang murah.

  • Bersihkan papan seminggu sekali

Jika papan tulis putih Anda termasuk sering digunakan, bersihkan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali. Gunakan cairan khusus pembersih whiteboard serta kain dengan permukaan lembut untuk membersihkan seluruh permukaan papan tulis. Gunakan sedikit cairan alkohol untuk noda yang keras kepala, tetapi pastikan melapnya sampai kering dengan kain.

  • Hindari pemakaian sabun atau busa pembersih

Sabun, busa pembersih/pencuci piring, dan cairan sejenis kurang cocok untuk papan tulis putih. Cairan ini bisa mengikis permukaan papan yang licin, dan membuatnya cepat rusak serta semakin mudah menyerap tinta. Jika ingin menggunakan alkohol untuk noda membandel, pastikan sedikit saja, dan jangan biarkan cairan tersebut mengering sendiri tanpa dilap.

  • Bersihkan penghapus secara teratur

Penghapus papan tulis yang sudah terlalu kotor bisa membuat papan cepat rusak. Gunakan handuk basah untuk membersihkan tinta dari permukaannya, tetapi jangan membuat penghapus tersebut basah kuyup.

Jika penghapus papan tulis Anda masih belum terlalu kotor, Anda bisa mengurangi serpihan atau debu yang menempel di permukaannya. Gunakan kain bersih atau bahkan ujung pengisap debu berukuran kecil untuk menyedot debu dan partikel yang dapat mengikis permukaan papan.

  • Jangan biarkan tinta mengering lama

Aturan perawatan papan tulis putih adalah tidak membiarkan tinta spidol mengering selama 24 jam atau lebih, karena akan lebih mudah meninggalkan bekas. Jika Anda menggunakan papan yang sudah lama untuk menulis, pastikan selalu menghapus tinta spidol setelah menggunakannya. Hapus semua tinta sampai tidak ada jejaknya sedikitpun.

Menjaga kondisi permukaan papan tulis putih adalah kunci untuk membuatnya tetap awet dan enak ditulisi. Semua cara ini akan membuat papan Anda lebih awet, walau sering digunakan.

Tips Membersihkan Whiteboard Kotor dan Bernoda

Merawat Whiteboard - Multicom.no

Merawat Whiteboard – Multicom.no

Bagaimana jika papan tulis putih Anda sudah terlalu bernoda sehingga susah menghapusnya? Berikut beberapa cara untuk membuat papan lama menjadi lebih cemerlang.

  • Tutupi goresan lama dengan tinta baru
    Jika ada goresan tinta yang sulit dihapus, coba tutupi goresan tersebut dengan tinta spidol baru (yang bisa dihapus). Diamkan beberapa saat, lalu coba hapus goresan tersebut. Larutan kimiawi dalam tinta baru bisa membantu mencairkan tinta yang sudah mengering, sehingga mudah dihapus. Metode ini cocok untuk membersihkan goresan yang susah hilang tetapi hanya sedikit.
  • Gunakan WD-40 untuk merawat permukaan papan
    Permukaan papan yang mulus dan licin akan memudahkan penulisan serta pembersihan tinta. Jika papan tulis putih Anda sudah termasuk lama, semprotkan cairan WD-40 tipis-tipis secara merata, lalu lap sampai bersih dengan kain lembut. Cairan sejenis minyak ini akan menjaga permukaan papan tetap licin dan mudah dihapus setelah menulis.
  • Gunakan pembersih alternatif untuk menghilangkan noda
    Jika ada noda membandel yang sulit dihilangkan, coba gunakan produk-produk rumah tangga yang “ringan” untuk menghilangkannya. Gel pembersih tangan, tisu basah untuk bayi, pasta gigi, dan larutan cuka putih (dicampur air) bisa membantu menghilangkan noda yang agak membandel.  Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk pembersihan yang agak kuat dengan produk rumahan. Campurkan bubuk baking soda dengan sedikit air sampai membentuk pasta yang agak kental. Oleskan pasta putih tersebut di atas noda tinta yang sulit terhapus, lalu lap dengan handuk atau kain lembut sampai terhapus. Baking soda memiliki sifat korosif ringan yang bisa membantu menghilangkan noda.
  • Mulai dengan pembersih paling ringan
    Cairan alkohol merupakan pembersih tinta yang cukup efektif, tetapi bisa mengikis permukaan papan jika diaplikasikan terus-menerus. Jika Anda ingin membersihkan noda membandel, coba mulai dari pembersih paling lembut (pembersih khusus papan tulis, tisu bayi, pasta gigi, larutan cuka putih, dan sebagainya) sebelum memilih cairan alkohol.

Akhirnya, ingat bahwa semua metode ini tidak akan menghentikan proses penuaan papan tulis, terutama jika termasuk murah sekaligus sering dipakai. Cairan WD-40 juga memiliki efek negatif, yaitu membuat tinta sedikit melebar. Jika papan tulis sudah tidak berfungsi secara maksimal, sisihkan anggaran untuk membeli yang baru.

Papan tulis putih adalah benda serba guna yang cocok untuk kegiatan di berbagai lingkungan. Pastikan memilih whiteboard yang tepat sesuai dengan frekuensi penggunaan serta lingkungan, dan ketahui metode perawatan yang tepat untuk membuatnya tetap awet.

Komentar

Leave A Comment