Tips Cerdas Memilih Whiteboard Murah Sesuai Keinginan

Seiring dengan menghilangnya papan tulis kapur, whiteboard sudah menjadi perlengkapan wajib bagi ruang perkantoran maupun kelas-kelas di sekolah. Oleh sebab itu, kebutuhan whiteboard murah semakin meningkat.

Harga papan tulis whiteboard saat ini sudah beragam, seiring dengan semakin beragamnya jenis papan tulis yang diproduksi. Selain jenis, harga tersebut juga dipengaruhi oleh bahan yang digunakan dan fitur yang menyertainya.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli sebuah whiteboard dengan harga murah. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan produk sesuai keinginan. Nah, simak tips cerdas memilih whiteboard murah dengan kualitas terbaik berikut ini.

Kenali jenis bahannya

Whiteboard - amazon.com

Whiteboard – amazon.com

 

Jangan salah, whiteboard tidak hanya diproduksi dengan menggunakan satu jenis bahan saja. Terdapat 4 jenis bahan yang sering digunakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Melamine

Whiteboard jenis ini merupakan yang paling sering digunakan pada instansi-instansi pendidikan seperti sekolah dan kampus. Adapun material utamanya adalah papan yang terbuat dari kayu lapis (plywood) dan permukaannya dilapisi dengan resin melamine.

       2. Paper laminate board

Board jenis ini dibuat dari kertas berjenis duplex atau evory yang berwarna putih. Kertas ini kemudian dilapisi plastik laminasi. Karena berbahan dasar kertas. Whiteboard jenis ini mudah dicetak dengan desain yang menarik dan sering digunakan sebagai papan perencanaan kerja.

3. Papan magnetis

Pada dasarnya, papan jenis ini merupakan jenis melamine dengan fitur magnetis yang dilapisi logam di bagian dalamnya sehingga benda bermagnet akan mudah menempel.

4. Porselen atau enamel on steel

Papan jenis ini lebih istimewa dibanding jenis lainnya karena dilapisi baja dan permukaannya terbuat dari keramik. Hasilnya, papan ini mudah sekali dihapus. Spidol jenis permanen pun dapat terhapus jika ditulis di atas papan ini.

Pilih bentuk whiteboard yang sesuai

Whiteboard - everywhiteboards.com

Whiteboard – everywhiteboards.com

 

Selain bahan, bentuk juga ikut berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan. Pemilihan bentuk ini tentu dipengaruhi fungsi dan di mana Anda akan memasangnya. Berikut ini bentuk-bentuk whiteboard yang beredar di pasaran:

  1. Whiteboard kertas
Whiteboard - bukalapak.com

Whiteboard – bukalapak.com

Papan ini menggunakan bahan kertas duplex atau evory seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jenis ini memiliki harga paling murah dengan kisaran harga tergantung ukuran.

      2. Whiteboard gantung

Whiteboard - 1.bp.blogspot.com

Whiteboard – 1.bp.blogspot.com

Whiteboard jenis ini paling sering digunakan dan dipasang dengan cara digantung di dinding. Harganya juga bervariasi tergantung ukuran dan fitur tambahan seperti fitur magnetis.

Papan ini cocok digunakan di dalam ruangan dengan luas yang terbatas. Menggantungnya di dinding tentu akan menghemat ruang karena tidak memerlukan tempat dengan ukuran khusus.

      3. Whiteboard dengan kaki

Whiteboard - cloudinary.com

Whiteboard – cloudinary.com

Papan tulis jenis ini lebih beragam dibanding jenis lainnya. Beberapa variasinya antara lain:

  • Papan berkaki dengan satu sisi
  • Papan berkaki dengan satu sisi dan dilengkapi dengan fitur magnetis
  • Whiteboard berkaki dengan dua sisi
  • Whiteboard berkaki dengan dua sisi dan dilengkapi dengan fitur magnetis
  • Whiteboard berkaki dengan dua sisi yang dilapisi kaca

Whiteboard dengan kaki dapat ditambahkan roda pada tiap kaki-kakinya sehingga memudahkan untuk dipindahkan. Selain itu, jenis papan dengan dua sisi memiliki engsel sehingga dapat diputar dan digerakkan secara fleksibel. Semakin lengkap fiturnya, maka akan semakin mahal harganya.

Pada dasarnya, harga whiteboard mengikuti fitur yang menyertainya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menentukan terlebih dahulu kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkan. Setelahnya Anda bisa mulai mencari whiteboard murah sesuai kebutuhan Anda.

2018-01-20T08:00:12+00:00 Januari 20th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , , , , |

Leave A Comment