Tren Desain Vinyl Lantai Terbaru untuk Rumah Modern

2018-08-01T04:21:56+00:00Maret 4th, 2018|Categories: Lantai Vinyl, Vinyl|Tags: , , |

Vinyl kerap identik dengan lantai murah dan kuno, tetapi tren rumah modern berhasil menjadikan vinyl lantai sebagai elemen desain favorit. Vinyl mudah ditemukan, cenderung lebih murah dibanding bahan lain, dan memiliki tren desain yang terus berkembang. Vinyl bahkan mampu menciptakan berbagai tampilan yang tidak bisa ditemukan pada lantai kayu atau ubin batu.

“Vinyl kerap identik dengan lantai murah dan kuno, tetapi tren rumah modern berhasil menjadikan vinyl lantai sebagai elemen desain favorit”

Jika Anda ingin menciptakan hunian masa kini dengan lantai vinyl, pastikan mencoba berbagai tren desain modern berikut ini.

Tren Warna Vinyl Lantai Baru

Tren warna vinyl masa kini terbagi ke dalam tiga kelompok: gelap, terang, serta kombinasi keduanya. Ketiga kelompok warna ini mudah dipadukan dengan beragam desain rumah dan apartemen. Contoh tren warna yang bisa Anda coba adalah:

  • Warna kopi

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Lantai warna kopi kini menjadi salah satu tren desain populer untuk rumah masa kini. Jika Anda memilih interior serba putih dan minimalis, seperti desain ala Skandinavia, lantai warna kopi akan menyeimbangkannya. Lantai tidak perlu hitam pekat, tetapi cukup gelap sehingga pola apa pun yang ada di atasnya tidak akan menyolok.

  • Warna cappuccino

Warna mirip permukaan cappuccino adalah tren modern dari variasi warna cokelat untuk lantai. Warna ini tidak segelap kopi, tetapi juga tidak terlalu terang. Elemen netral tetapi hangat dari warna ini cocok untuk menciptakan desain modern, mulai dari retro warna-warni, minimalis dengan warna menyejukkan, hingga eklektik dengan banyak dekorasi.

  • Warna abu-abu muda

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Ingin lantai berwarna terang dan relatif netral, tetapi bosan dengan warna putih? Cobalah vinyl abu-abu muda. Warna ini relatif mudah dipadukan dengan beragam desain, tidak terlalu ramai, tetapi juga tidak datar seperti warna putih biasa.

  • Whitewashed white

Tren lantai whitewashed white berbahan vinyl kini kembali muncul setelah lama tergeser oleh desain yang lebih ramai. Whitewashed white menampilkan warna putih yang berkesan pudar, seperti kain tua. Warna seperti ini memberi kesan anggun dan sederhana, tetapi tidak membosankan.

  • Warna kuning “pirang”

Lantai “blonde” berada di antara spektrum gelap dan terang, sehingga cocok untuk Anda yang mencari lantai berwarna cerah tetapi masih terlihat netral. Lantai ini cocok dipadukan dengan desain apa saja, mulai dari yang minimalis hingga berwarna-warni dan memiliki banyak tekstur.

Anda tidak perlu menggunakan satu jenis lantai saja untuk semua ruangan di rumah. Cobalah menggunakan permukaan lantai berbeda di ruangan yang berlainan, untuk menyesuaikan dengan desain unik masing-masing.

Tren Tipe Vinyl

Selain warna, tren vinyl masa kini juga mencakup tipe dan materialnya. Harga rumah yang semakin mahal membuat banyak orang menginginkan lantai yang kuat, awet, dan tidak perlu diganti untuk waktu yang cukup lama.

Beberapa tipe vinyl yang banyak dicari saat ini antara lain:

  • LVP

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Singkatan dari Luxury Vinyl Planks, LVP terdiri dari berbagai lempengan vinyl panjang. Semua lempengan ini bisa disusun dalam pola tertentu, sehingga menciptakan keindahan samar yang tidak akan terlihat sesak di rumah Anda. LVP juga dibuat dengan teknologi yang memungkinkannya terlihat cemerlang dan mulus, sehingga berkesan seperti ubin mewah.

  • LVT

Singkatan dari Luxury Vinyl Tales, tipe ini mirip dengan LVP, tetapi dengan bentuk ubin alih-alih lempengan panjang. Sama seperti LVP, LVT digemari karena tampilannya yang mirip lantai mewah, serta bentuknya yang memungkinkan Anda untuk menciptakan kreasi desain lantai, sesuai selera. LVT juga memiliki permukaan yang cukup mudah dibersihkan.

  • Rigid Core
Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Rigid Core adalah tipe vinyl yang didesain untuk menahan beban serta lalu-lintas kaki yang intens. Bagian permukaan lembaran vinyl ini keras, tetapi bagian bawahnya memiliki semacam pelapis kedap suara, cocok untuk menutupi permukaan lantai yang tidak rata. Vinyl jenis ini bisa dipasang langsung pada permukaan lantai keras, seperti semen. Rigid Core cocok untuk mengatasi masalah permukaan lantai yang tidak rata.

  • Waterproof Vinyl

Vinyl memiliki karakter anti air karena terbuat dari sejenis plastik, tetapi ada jenis vinyl yang memiliki karakteristik waterproof lebih besar. Vinyl jenis ini mampu menahan efek buruk dari percikan cairan jenis apa saja, mulai dari minuman, kuah makanan panas, minyak, cat, produk pembersih rumah tangga, hingga air seni hewan. Cocok untuk penggunaan di dapur, ruang makan, atau kamar mandi.

Teknologi pembuatan lantai masa kini berhasil menciptakan bahan vinyl yang tidak hanya indah, tetapi juga kuat. Vinyl berkualitas adalah salah satu investasi terbaik untuk membuat rumah lebih nyaman. Lantai bermutu yang dipasang dengan baik juga akan meningkatkan nilai properti rumah Anda.

Tren Tekstur Lantai Vinyl

Lantai vinyl biasanya identik dengan permukaan halus dan mengilap. Model ini masih populer, tetapi sekarang ada tren baru yang menyorot keindahan dari tekstur kasar. Tren desain lainnya melibatkan tema “distressed”, yaitu tampilan seolah permukaan benda yang didesain tersebut terlihat tidak sempurna atau berkesan “rusak” (walau permukaan aslinya tetap mulus).

Beberapa tren tekstur “kasar” untuk lantai ini antara lain:

  • Wire-brushed
Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Wire-brushed adalah tekstur samar yang menunjukkan garis-garis halus tidak teratur, dengan pola acak yang unik tetapi tidak menyolok, dan menimbulkan kesan seperti kayu tua yang lama terkena sinar matahari. Cocok untuk penyuka keindahan lembut yang ingin menambah kesan unik di ruangan. Wire-brushed juga ideal untuk menciptakan desain retro atau klasik.

  • Distressed

Pola distressed menunjukkan tampilan mirip permukaan kayu atau batu yang rusak. Pola ini sekarang sedang populer di kalangan desainer grafis, dan banyak lembaran atau ubin vinyl yang menggunakan pola serupa. Anda mungkin akan melihat keunikan seperti tampilan permukaan yang berlubang atau tergores, sehingga menimbulkan kesan antik. Pola ini juga cocok untuk desain rumah eklektik dan kontemporer.

  • Handscraped
Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Pola handscraped juga menunjukkan tampilan “rusak”, tetapi lebih mirip bekas cakaran karena desainnya yang cenderung halus dan memanjang. Handscraped terlihat lebih halus daripada distressed, tetapi memiliki variasi di setiap garis-garisnya, sehingga terlihat seperti ubin buatan tangan. Kesan mewah ini membuatnya cocok untuk dijadikan lantai galeri, kantor, atau rumah mewah.

Berbagai pola ini bisa dipadukan dengan ubin atau lembaran vinyl polos. Anda bisa menuangkan inspirasi dengan menciptakan tampilan unik sesuai selera, misalnya menciptakan beberapa pola di atas vinyl besar bercorak, dengan menggunakan ubin vinyl yang mulus dan lebih kecil.

Tren “Penyamaran” Vinyl

Berbagai produk lantai vinyl memiliki tampilan yang membuatnya mirip dengan bahan lain, seperti kayu dan batu. Tren vinyl masa kini menampilkan berbagai bentuk “penyamaran” untuk menciptakan desain rumah yang unik, tanpa membayar terlalu banyak untuk material mewah asli.

Berikut beberapa tren tipe vinyl yang penampilannya meniru material lain:

  • Marmer

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Teknologi pembuatan lantai vinyl telah berhasil menciptakan tampilan yang sangat mirip dengan marmer. Tampilan ini memberi kesan mewah, tetapi jauh lebih murah dari marmer sungguhan.

  • Kayu

Kayu tetap menjadi salah satu tren desain “penyamaran” vinyl. Tampilan yang populer saat ini adalah kayu gelap dan putih pudar (whitewashed wood). Keduanya memiliki penampilan kontras, sehingga cocok untuk berbagai desain rumah.

  • Travertin

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Travertin adalah sejenis batu kapur yang memiliki pola berserat. Aslinya, batu kapur ini terbentuk dari penumpukan mineral di dekat sumber air panas alami. Vinyl yang meniru travertin biasanya berwarna cokelat muda, cokelat tua, atau putih. Cocok untuk penyuka desain antik ala kastil kuno.

  • Batu sabak (slate)

Batu sabak memiliki warna kelabu gelap hingga sedikit pudar, dengan permukaan berpola dan bertekstur halus. Vinyl dengan corak ini cocok untuk penyuka tampilan tajam tetapi elegan dan bahkan sedikit maskulin.

  • Metal

Walau namanya “metal” (logam), vinyl dengan tampilan ini sebenarnya lebih mirip kayu keras berwarna kelabu, dengan sedikit kesan berkilau.

  • Beton

Tampilan mirip beton cocok untuk menciptakan tren desain industrial yang sedang populer saat ini. Vinyl berpola mirip beton atau semen gelap menimbulkan desain yang sedikit maskulin, tetapi elegan.

Teknologi pembuatan vinyl saat ini telah berhasil menciptakan tampilan yang mirip dengan material aslinya. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai warna dan gaya untuk menciptakan desain rumah unik.

Tren Pola Pemasangan Vinyl

Ubin atau lembaran vinyl bisa dipasang dengan pola tertentu, dan tren desain pemasangan ini juga semakin berkembang. Beberapa tren pola pemasangan yang sedang populer saat ini antara lain:

  • Herringbone

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Herrinbone adalah pola pemasangan populer untuk lembaran vinyl berbentuk persegi panjang. Pola ini dibuat dengan menempelkan separuh bagian lembaran vinyl secara tegak lurus dengan lembaran lainnya. Hasil akhirnya adalah pola zigzag yang sepintas mirip huruf “W”. Pola ini cocok untuk menciptakan desain yang tidak terlalu menyolok tetapi unik.

  • Heksagonal

Ubin vinyl biasanya berbentuk batangan, persegi panjang, atau persegi. Tetapi, ubin heksagonal kini mulai merambah tren desain rumah modern. Pemasangan ubin bentuk ini memang agak lebih rumit daripada bentuk persegi atau persegi panjang, tetapi hasil akhirnya unik dan berbeda dengan lantai biasa.

  • Diagonal

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Pemasangan vinyl biasanya dilakukan secara sejajar, baik horizontal maupun vertikal. Dapatkan tampilan berbeda dengan memasang vinyl secara diagonal. Dengan cara pemasangan ini, Anda bisa mendapat tampilan lantai yang unik, walau produknya terlihat biasa saja.

  • Ubin vinyl besar

Lembaran ubin vinyl biasanya dibuat mengikuti ukuran standar ubin batu biasa. Tetapi, Anda bisa menciptakan tampilan anggun yang lebih unik dengan ubin besar. Lembaran besar ini kini tersedia di berbagai toko, dan cocok untuk menghiasi ruang terbuka atau yang berukuran besar.

  • Lempengan vinyl besar

Pola lempengan besar hampir sama dengan ubin besar; ini hanyalah versi lebih besar dari lempengan vinyl berbentuk persegi panjang. Pola lantai yang menggunakan lempengan besar membuat ruangan terlihat lebih leluasa, sehingga tidak terasa sesak secara visual.

  • Pola campuran

Ingin lantai yang sederhana tetapi memiliki keunikan? Coba gabungkan vinyl dengan ukuran berbeda dalam desainnya. Misalnya, Anda bisa memilih ubin vinyl yang warna dan polanya sama, tetapi dengan ukuran berbeda. Padukan ubin-buin berbeda ini di titik-titik tertentu untuk menciptakan “drama” di dalam ruangan.

Tren pemasangan ini diperkirakan akan terus populer hingga beberapa tahun ke depan. Jangan ragu untuk mencoba salah satu tampilan modern ini di rumah Anda.

Tips Memadukan Lantai Vinyl dengan Tren Desain Modern

Berikut beberapa cara memadukan vinyl dengan unsur desain lain untuk menciptakan rumah masa kini:

  • Ciptakan “alam luar” di dalam rumah

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Tren desain masa kini mengajak pemilik rumah untuk membawa alam ke dalam rumah. Anda bisa memadukan lantai bercorak kayu dengan perabot kayu dan rotan, jendela-jendela besar sebagai sumber cahaya alami, serta pot tanaman yang ditaruh di lantai, dinding, atau digantung.

  • Padukan warna-warna berani

Bosan dengan rumah minimalis? Warna berani kini menjadi tren desain modern bagi pemilik rumah yang ingin huniannya terlihat unik. Padukan elemen warna seperti merah, jingga, biru, ungu, atau hijau dengan vinyl bertekstur unik, seperti motif distressed atau wire-brushed. Agar seimbang, Anda bisa membiarkan dinding berwarna putih polos.

  • Bermain dengan pola
Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Pola unik adalah cara lain untuk menciptakan hunian unik tanpa terlalu banyak dekorasi. Menggabungkan pola pada lantai vinyl dan langit-langit akan menciptakan keseimbangan unik, terutama jika Anda ingin membiarkan dinding rumah tetap polos. Ubin vinyl unik seperti yang berbentuk heksagonal atau memiliki ukuran berbeda bisa menjadi pilihan.

Cara lain untuk menciptakan dekorasi berpola adalah memadukan ubin vinyl dengan warna berbeda. Walau ukuran dan jenisnya sama, penggunaan warna berbeda akan menciptakan tampilan unik, tanpa memenuhi rumah dengan dekorasi.

  • Ciptakan gaya “retro-modern”

Desain bergaya retro dengan unsur modern masih mendominasi tren desain rumah masa kini. Lantai vinyl memberi banyak pilihan untuk padu-padan desain. Padukan dinding bata terbuka (exposed bricks) dengan vinyl kayu, atau bata putih dengan ubin vinyl bercorak. Tambahkan perabot putih dengan bantal dan tirai bercorak, serta lampu ganting dengan kanopi bundar.

  • Coba gaya industrial

Lantai vinyl abu-abu atau hitam cocok untuk menciptakan gaya industrial di rumah. Padukan lantai yang menyerupai semen dengan dinding bata merah, serta perabot yang memiliki kerangka logam. Tambahkan perabot kayu dengan tampilan pudar (whitewashed) untuk memberi kesan mirip bangunan lama.

  • Pasangkan dengan kertas dinding berpola

Sama seperti lantai vinyl, kertas dinding (wallpaper) kini kembali menjadi bagian dari tren desain modern, lengkap dengan corak, warna, dan desain yang semakin beragam. Anda bisa menyesuaikan warna, corak, dan metode pemasangan lantai dengan pola kertas dinding. Ciptakan atmosfer yang nyaman, ceria, atau elegan sesuai selera dengan memadukan dua hal ini.

Apapun pilihan desain favorit Anda, pastikan membeli vinyl berkualitas dari Isibangunan.com. Dapatkan produk lantai berkualitas dengan berbagai warna dan pola, lengkap dengan jasa pemasangan. Rumah pun terlihat cantik dan modern, apapun jenis desain yang Anda pilih.

Baca Juga :

Kesimpulan: Mana Vinyl Lantai Terbaik?

Vinyl Lantai

Vinyl Lantai

Vinyl masih menjadi salah satu primadona desain lantai di rumah modern, dengan pilihan warna, tekstur, pola, dan bentuk yang semakin beragam. Berbagai pilihan tersebut kini bisa dengan mudah diperoleh, dan Anda bisa mendesain rumah sesuai dengan tren masa kini. Pola “rusak” serta bentuk dan ukuran yang tidak biasa menjadi elemen yang akan membuat Anda terlihat unik.

Agar mendapat hasil memuaskan, pastikan Anda tahu cara memadukan lantai ini dengan aspek desain lain di dalam rumah. Pastikan memilih vinyl lantai yang serasi dengan desain rumah, bukan karena produk tersebut mahal dan bergengsi. Karena, seperti kata arsitek Finlandia Eliel Saarinen: “Dalam desain, Anda harus selalu memperhatikan konteks besarnya, mulai dari perabot di ruangan, hingga seluruh desain rumah, dan bahkan lingkungan sekitarnya”.

Klik Di sini untuk Info atau Pemesanan.

Komentar

Leave A Comment